sign up SIGN UP

4 Cara Hemat Survive untuk Perantau di Kota Orang

Izzul Millati Umami | Sabtu, 19 Jun 2021 16:30 WIB
4 Cara Hemat Survive untuk Perantau di Kota Orang
caption

Apakah kamu seorang pendatang baru di kota orang, belum punya pengalaman lebih, cenderung takut untuk menghadapi dunia yang baru? Well, sebenarnya yang kamu butuhkan hanya cara survive untuk menghadapi hidupmu di dunia barumu. Tentunya kamu perlu menghemat pengeluaranmu supaya selalu bisa bertahan dari hari ke hari dan bulan ke bulan. Ini dia 4 tips hemat supaya survive di kota orang. 

1. Pergunakan Uang Tabungan

uang tabungan
uang tabungan/sumber:pexels.com

Well, Ladies, kamu harus paham bagaimana caranya menggunakan uang tabungan dengan baik dan benar. Manfaatkan dengan sebaik-baiknya, Hindari membuang-buang uang tabungan untuk sesuatu yang tidak penting. Nah, untuk survive di kota orang, kamu setidaknya harus punya minimal dana 6 kali dari pengeluaran bulanan. Bila belum mempunyai dana sebesar tersebut, sebaiknya kamu ambil langkah aman dengan tidak berada di kota orang terlebih dahulu.

2. Segera Mencari Pekerjaan

bekerja
bekerja dan berusaha/sumber:pexels.com

Well, selain mempergunakan uang tabungan dengan bijak, segeralah keluar dari zona nyaman dengan mencari pekerjaan. Jangan berlena-lena dengan menghabiskan waktu untuk sesuatu yang kurang bermanfaat. Segeralah mencari pekerjaan untuk menutup pengeluaran yang terus-terusan ada. Ingat, uang akan segera habis kalau kamu tidak bisa memutar dan me-maintain dengan benar. 

3. Hindari Berhutang Bila Tidak Penting

hindari utang
hindari utang/sumber:pexels.com

Tidak semua hutang bernilai negatif. Ada juga jenis hutang positif yang bisa digunakan untuk sesuatu yang bagus seperti memutar usaha. Salah satu contoh utang positif adalah mempergunakan kartu kredit untuk modal bisnis. Namun, ada juga jenis utang buruk yaitu mempergunakannya untuk foya-foya alias membuang uang belaka. Sangat hindari utang buruk yang nggak bagus buat hidupmu. 

4. Bangun Relasi Sebanyak-banyaknya

membangun relasi
membangun relasi sebanyak-banyaknya/sumber:pexels.com

Selain dana dan pekerjaan, nyatanya relasi juga nggak kalah penting dimiliki kamu yang ingin survive. Makin banyak dan bagus relasi yang kamu punyai, akan menghantarkan kamu pada kemudahan menjalani hidup. Namun ingat, jangan terbawa circle yang buruk. Kendalikan diri, bangun relasi dan mindset positif. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id