sign up SIGN UP

4 Cara Memilih Hewan Kurban yang Layak dan Sehat untuk Hari Raya Iduladha, Perhatikan Ini Beauties!

Ade Irma Suryani | Beautynesia
Selasa, 28 Jun 2022 20:00 WIB
4 Cara Memilih Hewan Kurban yang Layak dan Sehat untuk Hari Raya Iduladha, Perhatikan Ini Beauties!
caption

Hari Raya Iduladha salah satunya juga dikenal sebagai Hari Raya Kurban. Ya, pada momentum tersebut umat Muslim yang memiliki kemampuan akan berkurban, dipersilakan untuk berkurban.

Nah, bagi kamu yang memiliki rencana berkurban di tahun ini tentu perlu mengetahui bagaimana cara memilih hewan kurban yang sehat dan juga sesuai dengan syariat yang telah ditetapkan. Untuk itu, langsung simak informasi di bawah ini yuk!

1. Usia Hewan Kurban

Usia Hewan kurban harus memenuhi kriteria.
Usia Hewan Kurban/ Foto: pexels.com/Gabriela Cheloni 

Penting untuk mengetahui usia hewan yang akan dikurbankan. Hal ini dikarenakan tiap hewan kurban memiliki syarat usia yang berbeda-beda. Bagi kamu yang ingin berkurban kambing atau domba, maka kriteria usia yang disyaratkan minimal berumur 1 tahun. Sedangkan sapi atau kerbau yang masuk kriteria kurban adalah yang berumur 2 tahun.

Untuk lebih memudahkan, kamu juga dapat mengetahui usia hewan kurban melalui catatan kelahiran ternak yang dimiliki pemilik. Selain itu, usia hewan kurban juga dapat diketahui dengan mengecek giginya.

Jika dua gigi susu kambing dan domba yang di depan telah tanggal, berarti menandakan usia sekitar 12-18 bulan. Sedangkan untuk sapi dan kerbau menandakan usia sekitar 22 bulan.

2. Tidak Cacat

Hewan kurban yang dipilih tidak boleh cacat.
Tidak Cacat/ Foto: pexels.com/BeThe Observer 

Syarat hewan kurban berikutnya juga tidak boleh mengalami cacat. Pastikan kondisi hewan kurban yang kamu pilih sempurna. Artinya tidak mengalami cacat seperti buta sebelah atau yang jelas kebutaannya, tidak pincang, dan tidak menunjukkan tanda-tanda sakit.

Hewan ternak yang dipilih harus yang sehat dengan ditandai cuping hidung basah, tapi bukan karena flu. Selain itu bulunya juga harus bersih dan mengkilap. Pernapasan dan detak jantungnya pun juga perlu diperiksa. 

Namun sebaiknya kamu juga menanyakan tentang Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) sebagai acuan kesehatan hewan tersebut.

3. Tidak Kurus

Pilih hewan kurban yang tidak kurus.
Tidak Kurus/ Foto: pexels.com/Jimmy Chan 

Selanjutnya, hewan kurban yang dipilih harus memiliki nafsu makan yang baik, yang artinya tidak kurus. Karena hewan yang memiliki nafsu makan yang baik tentu akan terlihat gemuk dan tidak seperti hewan yang berpenyakit.

Selain itu pastikan juga hewan kurban tersebut lincah, memiliki mata bersinar, dan bulu yang tidak kusam.

4. Pilih Tempat Pembelian yang Baik

Pilih tempat pembelian hewan kurban di lingkungan yang baik.
Pilih Tempat Pembelian yang Baik/ Foto: pexels.com/Vinicius Pontes 

Cara memilih hewan kurban berikutnya ialah dengan memilih di lingkungan yang bersih dan jauh dari polusi udara. Pasalnya, hal ini juga dapat berpengaruh pada tingkat stres hewan, sehingga tentu juga akan akan berpengaruh pada kesehatan tubuhnya. 

Hindari membeli hewan kurban yang diternak di tempang pembuangan sampah. Karena berpotensi mengandung bahan berbahaya bagi tubuh orang yang mengonsumsinya. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id