Apakah kamu sering mendengar cerita inspiratif dari para pemimpin perusahaan? Atau seseorang yang sukses berbagi pengalaman pribadinya?
Cerita-cerita ini ternyata berperan penting dalam perkembangan karyawan di perusahaan. Ini bisa mempengaruhi cara berpikir seseorang. Kemudian, latihan bercerita “mengapa” adalah bagian paling bermakna dari pertemuan dalam perusahaan. Penyampaian cerita perusahaan yang efektif sangat penting untuk dipahami dan dilakukan dengan baik.
Merangkum dari Forbes, berikut ciri umum yang dimiliki oleh pemimpin yang sukses dalam berkomunikasi di perusahaan.
1. Menjadikan Pribadinya sebagai Contoh
Saat seseorang memimpin, mereka sering berusaha sekuat tenaga untuk tampil tenang dan percaya diri. Namun, untuk memimpin dengan empati, penting untuk menunjukkan bahwa kita juga manusia.
Ini mencakup pentingnya pemimpin bersikap nyata, berbagi kisah pribadi tentang tantangan yang telah mereka atasi, apa yang telah dipelajari, dan mengapa pembelajaran tersebut penting.
Pemimpin yang tidak takut melakukan hal ini akan menjadi lebih mudah diterima dan memotivasi. Cerita ini juga tidak harus selalu sesuatu yang dialami sendiri oleh seorang pemimpin. Kadang-kadang, mereka bisa membagikan sesuatu yang pernah diamati dan meninggalkan kesan mendalam.