sign up SIGN UP

4 Drama Korea di Netflix dengan Sosok Karakter Perempuan sebagai 'Pahlawan' yang Inspiratif!

Cynthia Claudia | Rabu, 10 Nov 2021 14:30 WIB
4 Drama Korea di Netflix dengan Sosok Karakter Perempuan sebagai 'Pahlawan' yang Inspiratif!
caption
Jakarta -

Pada Rabu, (10/11) ini, kita merayakan hari Pahlawan. Menurut Kemensos, tujuan dirayakannya hari Pahlawan adalah untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang untuk Indonesia.

Hari Pahlawan juga memiliki makna yang unik bagi anak muda bangsa Indonesia, yaitu dengan tetap menunjukkan semangat perjuangan di bidang yang mereka gemari. Berbicara tentang makna pahlawan, tidak sedikit drama yang mengangkatnya sebagai tema utama, termasuk drama Korea.

Berikut adalah kurasi 4 drama Korea Netflix pilihan Beautynesia dengan tema pahlawan perempuan/women empowerment yang berjuang di bidang yang digelutinya, dilansir dari Wi-tech.org: 

What’s Wrong With Secretary Kim? (2018) 

Drama Korea
Drama Korea What's Wrong with Secretary Kim?/ Foto: Pinterest

Kim Mi So yang diperankan oleh Park Min Young merupakan perempuan yang bekerja sebagai sekretaris pribadi di sebuah perusahaan ternama. Posisi sekretaris pada umumnya dikaitkan dengan perempuan karena pekerjaannya membutuhkan kerapian dan ketelitian. 

Sosok Kim Min So pun merupakan pekerja jenius yang handal melakukan pekerjaan apa pun yang diberikan kepadanya. Terlebih, ia merupakan sosok yang cerdas dan cekatan meskipun tak mengecam pendidikan di tingkat universitas karena kondisi finansialnya keluarganya yang tak bisa membantunya.

Drama Korea ini menekankan sebuah pesan bahwa sosok perempuan pun bisa sukses dengan kerja keras dan kemauan untuk belajar. Selain itu, kontribusi Kim Mi So sebagai sosok sekretaris di perusahaan juga turut memengaruhi pekerjaan yang dilakukan pegawai lain, bahkan atasannya sendiri.

Maka dari itu, kita juga tidak boleh memandang rendah pekerjaan yang identik dengan perempuan, salah satunya sekretaris. 

Search: WWW (2019)

Drama Korea
Drama Korea Search: WWW/ Foto: Mydramalist

Drama Korea Search: WWW menceritakan tentang tiga perempuan pekerja keras yang bersaing sebagai pemimpin di 2 perusahaan web portal terkemuka di Korea. Meskipun drama ini memiliki alur cerita yang menonjolkan women empowerment, namun kurang mendapat perhatian lebih dari penonton. 

Pesan dibalik drama ini terkait women empowerment adalah para perempuan mampu meraih kesuksesan, sama seperti para pria jika mereka tidak didiskriminasi di dunia kerja. 

Crash Landing on You (2020)

drama korea
Drama Korea Crash Landing on You/ foto: tvN Drama

Drama Korea dengan tema women empowerment selanjutnya adalah Crash Landing on You. Karakter utama perempuannya adalah Yoon Se Ri yang dibintangi oleh Son Ye Jin. 

Yoon Se Ri digambarkan sebagai pemimpin perusahaan bernama Seri's Choice yang sukses menjual berbagai produk kebutuhan sehari-hari, khususnya kebutuhan perempuan seperti skincare. Ketika ia mencoba prototype pakaian parasutnya yang hendak dipasarkan, cuacanya yang tidak bersahabat pun membawanya mendarat di Korea Utara.

Sosok dirinya sebagai pemimpin perempuan berusia 30 tahun memberikan pesan bahwa perempuan juga bisa sukses meniti karier mereka, meskipun saat itu ia tidak dapat dukungan dari orang tuanya.

Ia pun sempat menolak ketika harus mengikuti perjodohan, melalui ketegasannya, karakter Yoon Se Ri juga menunjukkan bahwa kebahagiaan perempuan juga tidak didasari oleh pernikahan saja. 

Hospital Playlist (2020) 

Drama Korea
Drama Korea Hospital Playlist/Foto: soompi.com

Drama Korea bertema medis populer yaitu Hospital Playlist, menceritakan kehidupan lima dokter spesialis yang bersahabat sejak masa perkuliahan dan bekerja di rumah sakit yang sama, yaitu Yulje Medical Center. 

Berbagai karakter perempuan yang diceritakan dalam Hospital Playlist pun turut menginspirasi. Mereka masing-masing merupakan karakter perempuan yang pantang menyerah menggapai mimpinya. Mulai dari yang bekerja sebagai tenaga kesehatan di rumah sakit, tentara, lalu ibu rumah tangga yang mementingkan kesehatan keluarganya.

Selamat Hari Pahlawan untuk semua yang sudah bekerja keras dan bisa menjadi 'Pahlawan' bagi dirinya sendiri!

-------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id