sign up SIGN UP

4 Fakta Unik Tanaman Alocasia, Salah Satunya Bisa Stres Kayak Manusia!

Dewi Maharani Astutik | Beautynesia
Rabu, 11 May 2022 13:45 WIB
4 Fakta Unik Tanaman Alocasia, Salah Satunya Bisa Stres Kayak Manusia!
caption
Jakarta -

Tanaman alocasia bisa dibilang merupakan salah satu tanaman yang paling sering dicari oleh pecinta tanaman hias. Salah satu alasannya adalah karena tanaman yang sekilas mirip keladi ini cukup mudah untuk dirawat.

Namun, meskipun terbilang mudah, membiakkan alocasia bukan berarti tanpa tantangan loh, Beauties! Makanya, sebelum memutuskan untuk latah membeli, ada baiknya kamu mempelajari fakta unik tentang alocasia yang dilansir dari Lush Little Jungle berikut.

Menggugurkan Daunnya Saat Stres

Ilustrasi daun alocasia yang gugur saat stres/Foto: Pexels/Tatiana Syrikova
Ilustrasi daun alocasia yang gugur saat stres/Foto: Pexels/Tatiana Syrikova

Ya, tidak hanya pemiliknya yang bisa merasa tertekan, tanaman hias seperti alocasia pun ternyata rentan stres saat berada di situasi yang kurang dikenal. Otomatis, jika kamu memindahkan tanaman ini dari tempat awal menuju ke tempat yang baru, alocasia akan langsung menunjukkan reaksi ini.

Namun, tidak perlu cemas, karena fase ini biasanya hanya berlangsung sementara. Ketika alocasia sudah berhasil beradaptasi, maka ia akan mulai menumbuhkan daun yang baru.

Disukai Tungau Laba-Laba

Permukaan daun alocasia biasanya menjadi habitat yang nyaman bagi makhluk bernama tungau laba-laba. Pertanda yang paling kentara dari kemunculan hama ini adalah lapisan debu yang tampak di permukaan daun.

Tungau laba-laba yang menjadi hama bagi alocasia/Foto: Pexels/Egor Kamelev
Tungau laba-laba yang menjadi hama bagi alocasia/Foto: Pexels/Egor Kamelev

Untuk membasmi tungau laba-laba, kamu perlu menyirami dan mengusap permukaan daun alocasia dengan lembut. Penggunaan pestisida juga bisa menjadi alternatif yang lebih efektif untuk mengusir hewan ini.

Suka Rebahan

Karakterikstik ‘manusiawi’ lainnya yang dimiliki oleh Si Alocasia ini adalah hobi banget rebahan. Jadi, alocasia cenderung tumbuh dengan arah melebar atau menyamping.

Namun, ini bukan pertanda bahwa tanaman alocasia milikmu mengalami pertumbuhan yang buruk karena pada dasarnya memang begitu pulalah penampakan alocasia saat tumbuh di alam liar.

Hanya saja, jika kamu penggemar berat slogan ‘tumbuh tuh ke atas, nggak ke samping’, kamu bisa mengikat batang daun dari alocasia ke sebuah kayu.

Penyintas

Alocasia bisa kembali hidup sekalipun pernah kehilangan seluruh daunnya/Foto: Pexels/Huy Phan
Alocasia bisa kembali hidup sekalipun pernah kehilangan seluruh daunnya/Foto: Pexels/Huy Phan

Jangan dulu menyerah jika tanaman alocasia yang baru saja kamu beli malah menggugurkan daunnya hingga nyaris gundul atau bahkan benar-benar gundul. Seperti yang telah disebutkan di poin pertama, ini hanyalah sebuah fase ‘pemberontakan’ sesaat.

Jika kamu bisa bersabar, maka kamu bisa menyaksikan bagaimana tanaman alocasiamu yang tadinya hampir mati, akhirnya menumbuhkan daunnya kembali.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id