4 Hal yang Bisa Membuat Kamu Jadi Komunikator Hebat, Terapkan!

Retno Anggraini | Beautynesia
Minggu, 28 Jul 2024 17:00 WIB
Ragam hal penting untuk jadi komunikator hebat/Foto: Freepik.com/frimufilms

Komunikasi adalah salah satu keterampilan yang wajib kamu pelajari. Keterampilan ini merupakan fondasi dalam segala jenis hubungan, seperti hubungan percintaan, pekerjaan, dan interaksi sosial. Dalam lingkungan pekerjaan, komunikasi merupakan keterampilan yang sangat penting, lho!

Bagaimana cara kamu membuat rekan kerja mendengarkan, memberikan tanggapan, dan mengikuti arahan kamu di tempat kerja sangat penting untuk kesuksesan karier. Dilansir dari Your Tango, berikut 4 hal yang bisa kamu terapkan untuk jadi komunikator hebat agar ucapan kamu tidak disalahpahami oleh orang lain.

1. Bersikap Spesifik


Ilustrasi/Foto: Freepik.com/pch.vector

Dulu, manusia mampu memusatkan perhatian pada satu subjek selama dua belas detik. Sekarang, manusia hanya punya delapan detik sebelum pikiran kamu beralih ke ide yang lain.

Salah satu kebiasaan untuk menjadi komunikator hebat adalah bersikap spesifik. Ketika kamu akan melakukan presentasi atau memimpin sebuah rapat, tentukan konsep yang ingin kamu sampaikan dan buat menjadi kalimat yang tidak terlalu panjang.

2. Story Telling


Ilustrasi/Foto: Freepik.com

Ceritakan kisah singkat tentang mengapa kamu melakukan sesuatu. Selanjutnya, kamu bisa menceritakan bagaimana dan apa yang kamu lakukan untuk mencapai hal tersebut. Pertanyaan mengapa ini sangat berguna untuk menuntun orang agar tetap bersama dan mendukung kamu sepenuhnya saat berkomunikasi.

(naq/naq)