sign up SIGN UP

4 Jenis Kepribadian Introvert, Kamu Termasuk yang Mana?

Lifia Mawaddah Putri | Beautynesia
Jumat, 12 Nov 2021 19:30 WIB
4 Jenis Kepribadian Introvert, Kamu Termasuk yang Mana?
caption
Jakarta -

Kebanyakan orang mungkin hanya mengetahui bahwa tipe kepribadian seseorang ada yang introvert, ekstrovert, maupun ambivert. Introvert merupakan tipe orang yang cenderung menarik diri, pendiam, tenang, dan suka menyendiri. Selain itu, seorang introvert juga cenderung bekerja sendiri dan nggak tergesa-gesa.

Namun ternyata, introvert sendiri terbagi lagi menjadi beberapa tipe lho, Beauties. Nah, apakah kamu termasuk tipe orang yang introvert? Jika iya, yuk coba cek kira-kira kamu termasuk dalam tipe introvert yang mana? 

Thinking Introvert

Para Thinking Introvert adalah mereka yang bisa bersosialisasi meskipun lebih sering ketahuan melamun sendirian.
Kepribadian Thinking Introvert/Foto: freepik/wayhomestudio

Para Thinking Introvert adalah mereka yang bisa bersosialisasi meskipun lebih sering ketahuan melamun sendirian. Hal ini dikarenakan, thinking introvert sering memikirkan hal-hal yang imajinatif. Seseorang dengan tipe introvert ini juga cenderung menyendiri saat berada di keramaian.

Mereka juga memiliki pemikiran yang sangat dalam sehingga orang-orang kreatif banyak yang terlahir dengan tipe introvert ini.

Anxious Introvert

Apakah kamu termasuk introvert yang malas untuk mengobrol atau berinteraksi dengan orang lain? Jika iya, bisa jadi kamu termasuk dalam anxious introvert.
Kepribadian Anxious Introvert/Foto: freepik/lookstudio

Apakah kamu termasuk introvert yang malas untuk mengobrol atau berinteraksi dengan orang lain? Jika iya, bisa jadi kamu termasuk dalam Anxious Introvert. Introvert yang satu ini benar-benar menghindari interaksi.

Mereka akan berusaha semaksimal mungkin untuk menghindari keramaian apalagi percakapan dengan orang baru. Bahkan, Anxious Introvert juga bisa menghindari interaksi dengan orang-orang terdekatnya, lho! Jadi, tipe yang satu ini benar-benar introvert yang "penyendiri".

Restrained Introvert

Restrained introvert adalah jenis yang kurang suka dengan perubahan baik itu dari luar maupun dari dalam dirinya sendiri.
Kepribadian Restrained Introvert/Foto: freepik/mari_draiser

Restrained Introvert adalah jenis yang kurang suka dengan perubahan baik itu dari luar maupun dari dalam dirinya sendiri. Sehingga, orang dengan tipe ini cenderung monoton. Sebab, ia sudah merasa nyaman melakukan suatu rutinitas.

Mereka akan melakukannya berkali-kali atau bahkan sepanjang hidupnya tanpa ada niat ingin melakukan yang lebih. Bisa dibilang, tipe introvert yang satu ini "terjebak dalam zona nyaman".

Social Introvert

Tipe introvert yang satu ini mungkin satu-satunya introvert yang paling terbuka diantara tipe lainnya.
Kepribadian Social Introvert/Foto: freepik/pressfoto

Tipe introvert yang satu ini mungkin satu-satunya introvert yang paling terbuka diantara tipe lainnya. Bahkan, Social Introvert sering disalah artikan sebagai ambivert. Mereka merasa nggak masalah dengan interaksi sosial.

Namun, mereka nggak bisa bertahan terlalu lama. Sebab, itu bisa membuat mereka terlalu kelelahan dan emosinya jadi nggak stabil.

Kalau kamu, termasuk tipe introvert yang mana, Beauties?

-----------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

 


Our Sister Site

mommyasia.id