sign up SIGN UP

4 Kiat Jitu Membangun Kebiasaan Membaca, Yuk Dicoba!

Budi Rahmah Panjaitan | Beautynesia
Rabu, 21 Sep 2022 04:30 WIB
4 Kiat Jitu Membangun Kebiasaan Membaca, Yuk Dicoba!
caption

Membaca merupakan salah satu kebiasaan baik yang memberikan banyak manfaat. Salah satunya dapat menambah wawasan sehingga membantu untuk mengembangkan diri. Namun sayangnya, kebiasaan membaca ini masih sulit diterapkan.

Hal ini tercermin dari rendahnya minat baca di Indonesia. Dilansir dari laman Perpusatakaan Badan Standarisasi Nasional, menurut UNESCO, Indonesia menempati urutan 60 dari 61 negara dengan tingkat literasi rendah. Sangat disayangkan sekali ya, Beauties.

Eits, masih ada kesempatan untuk berbenah. Kamu bisa memulainya dari sekarang dengan membangun kebiasaan membaca. Dikutip dari laman Independent Book Review, berikut adalah beberapa kiat untuk membangun kebiasaan membaca.

Ambil Waktu Jeda dari Ponsel

Ilustrasi membaca ebook/ Foto: Freepik.com/tirachardz
Ilustrasi membaca ebook/ Foto: Freepik.com/tirachardz

Bukan sebuah rahasia lagi jika penggunaan ponsel di zaman sekarang ini sangatlah tinggi. Baik dari segi durasi maupun penggunanya. Sulit memang rasanya untuk benar-benar terbebas dari ponsel. Tapi, cobalah untuk sebisa mungkin terbebas dari ponsel sejenak saat kamu sedang membaca. Jika perlu, pergilah ke ruangan atau tempat berbeda dengan meninggalkan ponsel selama beberapa saat, hingga kamu bisa menyelesaikan target membaca.

Satu bab misalnya. Hal ini bisa membantu kamu lebih fokus. Menyingkirkan kemungkinan adanya notifikasi yang berisiko mendistraksi kamu. Semakin sering kamu melakukan hal ini, lihatlah bahwa kamu akan semakin terbiasa.  

Membaca Buku Berbagai Format

Ilustrasi audio book/ Foto: Freepik.com/lookstudio
Ilustrasi audio book/ Foto: Freepik.com/lookstudio

Perkembangan teknologi saat ini membawa banyak perubahan sekaligus kemudahan. Ya, salah satunya bisa dilihat dari munculnya berbagai format buku non fisik seperti ebook dan audio book. Kedua format ini memungkinkan kamu untuk membawa buku kemanapun kamu pergi. Cukup membawa perangkat elektronik saja, kamu sudah bisa menyimpan puluhan bahkan ratusan ebook maupun audio book.

Untuk membangun kebiasaan membaca, cobalah merasakan proses membaca di berbagai format buku. Baik itu buku fisik, ebook maupun audio book. Sesi mana yang membuatmu nyaman, maka rutinkanlah menggunakan cara tersebut.

Baca Buku yang Menginsipirasimu

Ilustrasi membaca buku/ Foto: Freepik.com/jcomp
Ilustrasi membaca buku/ Foto: Freepik.com/jcomp

Satu hal penting yang tidak boleh dilupakan dalam upaya membangun kebiasaan membaca adalah motivasi. Dari mana datangnya motivasi itu? Salah satunya dari buku yang benar-benar menginspirasimu.

Misalnya saja, ada tokoh ternama yang kamu kagumi kemudian beliau menerbitkan bukunya. Jelas ini menjadi kesempatan dan awal baik bagimu untuk segera memulai kebiasaan membaca. Beli atau akses bukunya, kemudian cobalah membaca sembari membayangkan sosok inspiratif darinya.

Sabar dengan Diri Sendiri

Ilustrasi mengakses buku/ Foto: Freepik.com/jcomp
Ilustrasi mengakses buku/ Foto: Freepik.com/jcomp

Kiat satu ini jelas tidak boleh dilupakan. Bukankah musuh terbesar dalam membangun kebiasaan itu adalah diri sendiri? Ya, ada benarnya juga. Saat membaca, kamu butuh kesabaran untuk berpindah dari satu kata ke kata lainnya. 

Tapi ingatlah, jangan terburu-buru, tetap yakinkan diri kamu bahwa perlu untuk membaca kata demi kata. Jangan biarkan dirimu terhenti di satu paragraf hanya karena tidak memahami maknanya. Lanjutkanlah dan biarkan pengalaman membaca yang akan menjawabnya.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id