sign up SIGN UP

Lagi Stres dan Banyak Masalah? Yuk, Kenalan dengan Terapi Buku yang Baik untuk Kesehatan Mental!

Niky Yunniarty Dermawan | Beautynesia
Selasa, 09 Aug 2022 19:00 WIB
Lagi Stres dan Banyak Masalah? Yuk, Kenalan dengan Terapi Buku yang Baik untuk Kesehatan Mental!
caption

Beauties, ketika tengah menghadapi kondisi yang tidak baik-baik saja, seperti stres, cemas, atau sedih, terkadang kamu mungkin kesulitan untuk memahami apa yang sebenarnya terjadi dalam pikiran dan tubuh.

Jika saat ini kamu sedang mengalaminya, mungkin ini saatnya kamu mencoba biblioterapi atau terapi buku, yaitu terapi psikologi dengan menggunakan buku atau bacaan sebagai medianya. Terapi buku ini dapat membantu kamu untuk memperbaiki hidup dengan memberikan informasi, dukungan, dan bimbingan dalam bentuk membaca buku dan cerita.

Dirangkum dari Very Well Mind, yuk kenalan lebih jauh dengan biblioterapi alias terapi buku!

Jenis Biblioterapi

Jenis Biblioterapi/freepik.com/freepik
Jenis Biblioterapi/freepik.com/freepik

Ada beberapa jenis biblioterapi atau terapi buku, yaitu:

  • Biblioterapi kreatif, bisanya bisa dilakukan dengan suasana berkelompok, dengan cerita, puisi, dan fiksi yang dibacakan dan didiskusikan dalam kelompok tersebut.
  • Biblioterapi perkembangan, di mana biasanya digunakan dalam pendidikan serta pengajaran orangtua di rumah, guna menjelaskan masalah masa kanak-kanak dan remaja seperti pubertas.
  • Biblioterapi preskriptif, biasanya menggunakan buku-buku bertema self-help dalam pengobatan klinis, untuk membantu memodifikasi perasaan, pola pikir, dan tindakan.
  • Biblioterapi terapeutik, digunakan dalam kombinasi dengan jenis terapi lain untuk mengelola masalah psikologis.

Teknik Biblioterapi

Teknik Biblioterapi/freepik.com/pvproductions
Teknik Biblioterapi/freepik.com/pvproductions

Seorang profesor di Program Master Online Konseling dan Layanan Kemanusiaan Universitas Wake Forest, Sam Gladding, PhD, menggambarkan bahwa teknik biblioterapi adalah interaksi tiga arah yang melibatkan penggunaan buku, konselor, dan klien. Di mana, konselor dan klien akan mempertimbangkan masalah atau area stres dalam kehidupan klien, dan kemudian konselor ‘meresepkan’ sebuah buku atau cerita untuk di baca oleh kliennya.

Menurut Sam Gladding, PhD, sangat penting bahwa cerita dan buku yang dianjurkan berhubungan langsung dengan kesulitan yang di alami oleh klien. Sehingga mereka bisa mengidentifikasi cerita, dan nantinya mencari solusi bersama dengan konselor sesuai situasi yang dialaminya.

Biblioterapi sendiri dapat bermanfaat untuk mengatasi masalah-masalah seperti berikut ini:

  • Kecemasan.
  • Depresi.
  • Gangguan makan.
  • Kekhawatiran eksistensial, seperti ketidakbermaknaan, kebebasan, isolasi, dan kematian.
  • Permasalahan hubungan.

Dampak Positif Biblioterapi

Saat seorang terapis menerapkan biblioterapi kepada klien, maka terapis membantu klien untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam mengenai masalah-masalah yang dialami. Manfaat lain dari menerapkan biblioterapi adalah:

Mendapatkan Wawasan

Mendapatkan Wawasan/freepik.com/kroshka__nastya
Mendapatkan Wawasan/freepik.com/kroshka__nastya

Saat kamu melakukan terapi buku, kamu akan lebih mengenal apa yang menjadi tantangan pribadi, kemudian mampu mengembangkan strategi untuk mengatasi masalah yang selama ini dihadapi.

Mendapat Manfaat di Luar Sesi Perawatan atau Konseling

Mendapat Manfaat di Luar Konseling/freepik.com/freepik
Mendapat Manfaat di Luar Konseling/freepik.com/freepik

Saat kamu menyetujui untuk membaca satu buku di antara sesi konseling, tentunya hal ini akan membantu kamu memperdalam makna dari sesi konseling dengan terapis. Di mana nantinya kamu bisa mempelajari cara mengatasi tantangan hidup dan mengambil pelajaran dari kisah-kisah dalam buku yang diberikan.

Mendapatkan Perspektif Baru

Mendapatkan Perspektif Baru/freepik.com/lookstudio
Mendapatkan Perspektif Baru/freepik.com/lookstudio

Hal yang menarik dalam menggunakan biblioterapi sebagai terapi pendukung untuk mengatasi permasalahan yang ada adalah kamu akan melihat bagaimana cara orang lain (tokoh dalam buku atau cerita) untuk menangani masalah-masalahnya. Kamu bisa mengidentifikasi bagaimana karakter, tingkat emosional, dan cara mereka berjuang mengatasi permasalahan yang dihadapi.

Beauties, meskipun biblioterapi ini bisa dimanfaatkan oleh banyak orang dari segala usia, akan tetapi biblioterapi tidak dianjurkan untuk orang yang tidak dapat membedakan mana kenyataan dan fantasi, rentang perhatian yang terbatas, dan tidak suka membaca.

Itu dia bahasan mengenai apa itu biblioterapi, teknik, dan manfaat yang bisa Beauties dapatkan. Semoga bermanfaat!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id