sign up SIGN UP

4 Pekerjaan Ini Sering Dianggap Rendah di Indonesia, tapi Bergaji Puluhan Juta di Luar Negeri!

Rini Apriliani | Beautynesia
Selasa, 05 Apr 2022 15:00 WIB
4 Pekerjaan Ini Sering Dianggap Rendah di Indonesia, tapi Bergaji Puluhan Juta di Luar Negeri!
caption
Jakarta -

Tak dipungkiri, di Indonesia masih banyak pekerjaan dengan gaji rendah setiap bulannya. Rendahnya gaji ini sering kali tak dapat menutupi besarnya kebutuhan pokok harian. 

Berbondong-bondong orang pun memilih mengadu nasib ke luar negeri. Selain demi gaji tinggi, hal ini pun untuk mendapatkan kehidupan yang lebih layak di masa mendatang.

Ada berbagai pekerjaan yang masih sering dianggap rendah dan bergaji kecil di Indonesia. Namun, berbanding terbalik dengan di luar negeri yang menawarkan gaji tinggi untuk pekerjaan tersebut sampai puluhan juta rupiah per bulannya. 

Apa saja? berikut deretan pekerjaan yang sering dianggap rendah dan gaji kecil di Indonesia, tapi bisa bergaji tinggi di luar negeri. Simak yuk!

1. Tukang Sampah - Tukang Sapu Jalanan

Pekerjaan Tukang Sapu JalananTukang Sapu Jalanan/ Foto: Freepik.com/prostooleh

Di Indonesia pekerjaan sebagai tukang sampah atau tukang sapu jalanan kerap dipandang sebelah mata, belum lagi gaji yang kurang sepadan dengan kerja keras yang dilakukan. Padahal, pekerjaan sebagai tukang sampah ini sangat berjasa untuk kebersihan lingkungan. 

Dikutip dari Salary.com, di Amerika Serikat tukang sampah yang menyapu jalanan memiliki gaji yang tinggi. Per jamnya, mereka dibayar sebesar 18 USD atau sekitar Rp215 ribuan. 

Namun, kisaran gaji biasanya berkisar 16 USD sampai 22 USD. Hal ini tergantung dari banyak faktor, mulai dari pendidikan, sertifikasi, keterampilan tambahan, dan pengalaman. 

Bayangkan jika per harinya bisa bekerja 5 jam saja, pasti sudah mengantongi Rp1 jutaan untuk hari tersebut. 

2. Asisten Rumah Tangga

Pekerjaan RumahAsisten Rumah Tangga/ Foto: Freepik.com/prostooleh

Kehadiran asisten rumah tangga sangat membantu untuk mereka yang memiliki kesibukan yang begitu padat. Masih banyak di Indonesia ART yang dibayar rendah, sehingga banyak orang yang memilih untuk mengadu nasib dan menjadi ART di luar negeri. 

Dikutip dari ZipRecruiter, penghasilan asisten rumah tangga di Amerika Serikat adalah sebesar 2.845 USD atau Rp40.8 jutaan per bulan. Lebih singkat lagi, mereka dibayar 16,41 USD atau sekitar Rp235 ribuan per jamnya. 

Dikutip dari PayScale, di Arab Saudi yang merupakan tempat banyak para pekerja Indonesia mengadu nasib, mereka mendapatkan gaji per tahunnya, sekitar Rp180 jutaan, sekitar Rp15 jutaan per bulannya. 

3. Kurir Paket 

Kiat Menerima PaketKurir Paket/ Foto: Freepik.com/jcomp

Gaji kurir paket di Indonesia juga tidak terlalu tinggi. Namun, berbanding terbalik jika situasinya di luar negeri. 

Kurir paket di luar negeri mendapatkan gaji yang cukup menjanjikan. Dikutip dari USA Today, rata-rata mereka mendapatkan upah 13,64 USD atau sekitar Rp195 ribuan per jamnya.

Sehingga, rata per tahunnya mendapatkan Rp298 juta sampai Rp400 jutaan. Wah, menjanjikan sekali bukan, Beauties? Per jamnya saja sudah menjanjikan kok!

4. Pemadam Kebakaran

Pekerjaan Pemadam KebakaranPemadam Kebakaran/ Foto: Freepik.com

Pemadam kebakaran merupakan salah satu pekerjaan dengan risiko tinggi. Bagaimana mereka harus melawan api yang berkobar, dan nyawalah taruhannya. 

Karena hal ini, dikutip dari indeed, di Amerika Serikat pemadam kebakaran diberi gaji tinggi, yakni 47,392 USD atau sekitar Rp670 jutaan per tahunnya.

Per bulannya bisa membawa pulang gaji sekitar Rp55 jutaan ya, Beauties!

Beauties, itu dia deretan pekerjaan yang sering dianggap rendah sampai diberi gaji kecil di Indonesia tapi miliki gaji selangit di luar negeri. Bagaimana, tertarik untuk pindah negara setelah ini?

Namun, di balik gaji besar perlu diingat juga ada kebutuhan yang tak kalah besar ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id