sign up SIGN UP

5 Agar Pengeluaran Ramadan Tidak Bengkak!

Anindya Milagsita | Minggu, 25 Apr 2021 02:30 WIB
5 Agar Pengeluaran Ramadan Tidak Bengkak!
caption

Selama bulan ramadan ada banyak pengeluaran tak terduga yang bisa terjadi, Ladies. Buat mengatasinya kamu bisa melakukan financial planning yang matang. Cara ini bisa membantu kamu untuk mengelola keuangan dengan baik lho.

Nah, apa saja hal yang perlu diperhatikan untuk menerapkan financial planning selama ramadan agar pengeluaran tidak membengkak? Yuk simak tipsnya berikut ini!

Tetap Buat Financial Planning

Tetap menyusun financial planning ke dalam pos pos pengeluaran.
Tips Kelola Keuangan Selama Ramadan/sumber: freepik.com

Sama seperti bulan-bulan biasanya, kamu tetap disarankan untuk membuat financial planning saat Ramadan. Kamu bisa membuat daftar keuangan selama sebulan yang dibagi ke dalam pos-pos pengeluaran. Mengelola keuangan yang terbagi lewat pos-pos pengeluaran membantu kamu terhindar dari kebiasaan membeli barang-barang yang tak diperlukan lho.

Bukan hanya itu, kamu juga bisa menentukan skala prioritas mulai dari kebutuhan primer, sekunder, sampai tersier selama ramadan. Mengatur keuangan dengan mengikuti financial planning yang telah dibuat bisa menghindarkan kamu dari sifat boros, Ladies. 

Belanja Kebutuhan di Awal

Membelanjakan kebutuhan sebelum Ramadan.
Tips Kelola Keuangan Selama Ramadan/sumber: freepik.com

Selama ramadan ada banyak barang pokok yang melonjak naik harganya. Buat menyiasatinya kamu bisa berbelanja kebutuhan untuk ramadan di awal. Selain terhindar dari kenaikan harga yang terus melambung, tips mengatur keuangan yang satu ini juga membuat kamu bebas dari perilaku impulsif.

Kebutuhan yang telah terpenuhi di awal bisa dipastikan sesuai budget. Selain itu, saat kebutuhan selama bulan Ramadan terpenuhi kamu juga dapat meminimalisir pengeluaran yang tidak penting, Ladies.

Sisihkan Zakat Fitrah Dahulu

Menyisihkan untuk berzakat.
Tips Kelola Keuangan Selama Ramadan/sumber: freepik.com

Sebagai seorang muslim, ada sebuah kewajiban di bulan ramadan yang harus ditunaikanKewajiban yang satu ini disebut sebagai zakat fitrah. Zakat fitrah biasanya harus dipenuhi sebelum Idul Fitri tiba atau lebih tepatnya selama ramadan berlangsung.

Nah, untuk memenuhi kewajiban berzakat, kamu bisa menyiapkan pengeluaran khusus yang masuk dalam pos pengeluaran bulan ini. Menyisihkan zakat di bulan Ramadan sebaiknya masuk di skala prioritas teratas, Ladies.

Siapkan Dana Idul Fitri

Menyiapkan dana tersendiri untuk Idul Fitri.
Tips Kelola Keuangan Selama Ramadan/sumber: freepik.com

Next, tips mengelola keuangan selama ramadan yang enggak boleh dilewatkan adalah dengan menyiapkan dana khusus untuk Idul Fitri. Seperti yang kamu tahu, pengeluaran saat Idul Fitri bisa lebih besar dibandingkan selama sebulan menjalankan ibadah puasa, Ladies.

Ini terjadi karena kamu harus memenuhi berbagai kebutuhan seperti membagikan uang fitrah pada sanak saudara dan membeli parsel maupun hamper khusus saat Idul Fitri. Nah, merencanakan sebelumnya penting dilakukan agar dapat memudahkan kamu dalam mengelola keuangan.

[Gambas:Instagram]

Kelola m-Banking dengan Bijak

Mengelola m-banking dengan bijak untuk bisa mengatur keuangan.
Tips Kelola Keuangan Selama Ramadan/sumber: freepik.com

Last but not least, mengelola keuangan selama ramadan akan cukup sulit dilakukan saat kamu tergiur dengan berbagai promo dan cashback yang ditawarkan toko baik secara online maupun offline. Buat menyiasatinya kamu harus menggunakan m-banking ataupun dompet digital dengan bijak.

Kamu bisa mempertimbangkan kembali barang yang akan kamu beli dengan melihat kembali financial planning yang telah dibuat di awal. Selain itu, kamu juga harus pertimbangkan skala prioritas barang tersebut. Apakah benar-benar dibutuhkan atau hanya keinginan? Selamat mencoba ya!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id