sign up SIGN UP

LIFE

5 Tips Penting Financial Planning untuk Generasi Milenial

Anindya Milagsita | Kamis, 01 Apr 2021 17:00 WIB
5 Tips Penting Financial Planning untuk Generasi Milenial
caption

Ladies, sebagai generasi milenial sudahkah kamu menerapkan rencana keuangan? Financial planning atau rencana keuangan ini penting dilakukan dalam kehidupan sehari-hari lho. Terutama buat kamu yang telah memiliki penghasilan sendiri.

Selain membuat kamu terhindar dari sifat boros, financial planning juga bisa membantu kamu mencapai tujuan keuangan di masa kini ataupun nanti. Penasaran bagaimana tips mengatur keuangan yang sederhana untuk diterapkan? Yuk simak lewat artikel berikut!

Buat Pos Pengeluaran Bulanan

Membuat pos pengeluaran di awal.
Tips Finansial Planner/sumber: freepik.com/

Tips yang satu ini tentunya akan sangat membantu, tapi terkadang gampang-gampang sulit untuk direalisasikan, Ladies. Untuk itu diperlukannya niat dan komitmen yang tinggi untuk menerapkannya. Membuat pos pengeluaran tiap bulannya membantu kamu dalam mengatur rencana keuangan.

Dengan memiliki tujuan keuangan yang dibagi ke dalam pos-pos pengeluaran, kamu bisa terhindar dari pengeluaran yang tak perlu. Ada berbagai metode untuk membagi penghasilan ke dalam pos-pos tiap bulannya. Seperti salah satu metode 50-30-20 yang bisa kamu coba, di mana 50% untuk kebutuhan hidup utama, 30% dialokasikan bagi kebutuhan diri (refreshing,  kegiatan sosial, memberi kepada orangtua/saudara, dsb), dan 20% sisanya untuk ditabung/investasi.

Sisihkan Uang untuk Menabung dan Berinvestasi

Menyisihkan uang untuk menabung.
Tips Finansial Planning Generasi Milenial/sumber: freepik.com/

Bagi generasi milenial yang tengah ada di masa produktif dan memiliki pendapatan sendiri, tips financial planning yang satu ini penting untuk dilakukan. Meskipun punya segudang pengeluaran dan kebutuhan yang harus dipenuhi, kamu tetap disarankan agar menyisihkan pendapatan untuk ditabung bahkan diinvestasikan, Ladies.

Tips yang satu ini dilakukan sebagai salah satu persiapan di masa yang akan datang. Dengan menabung ataupun berinvestasi, kamu akan memiliki dana untuk memenuhi kebutuhan masa depan nantinya. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa membuat kamu lebih tenang dalam menyambut masa tua nantinya lho. 

Tentukan Goals Keuangan

Menentukan goals keuangan.
Tips Finansial Planning Generasi Milenial/sumber: freepik.com/

Tak hanya bertujuan buat mengelola keuangan selama satu bulan, financial planning juga bisa direncanakan untuk masa yang akan datang lho. Untuk itu diperlukannya goals keuangan agar kamu bisa menerapkan rencana keuangan dengan baik, Ladies.

Goals keuangan ini bisa dalam berbagai bentuk dan juga waktu yang berbeda. Apakah kamu ingin untuk jangka pendek saja atau sekaligus jangka panjang? Seperti rencana keuangan untuk menikah nantinya, memiliki rumah, bahkan persiapan pensiun di masa mendatang.

[Gambas:Instagram]

Sesuaikan dengan Kondisi Finansial

Menyesuaikan dengan kondisi keuangan.
Tips Finansial Planning Generasi Milenial/sumber: freepik.com/

Next, tips financial planning yang satu ini juga tak boleh dilewatkan, Ladies. Saat merencanakan keuangan, kamu disarankan untuk menyesuaikan dengan kondisi finansial. Berbagai metode financial planning yang ada tentu akan berbeda penerapannya bagi seseorang dengan yang lainnya.

Nah, sebelum menerapkannya penting untuk menyesuaikan kondisi finansial terlebih dulu. Kamu bisa menganalisa rencana keuangan sesuai jumlah pendapatan dan pengeluaran tiap bulannya. Dengan begitu financial planning yang akan kamu terapkan akan lebih maksimal.

Pakai Aplikasi Financial Planner

Memakai aplikasi financial planner.
Tips Finansial Planning Generasi Milenial/sumber: freepik.com/c

Last but not least, buat kamu yang masih kesulitan buat berkomitmen menerapkan rencana keuangan secara manual, saatnya untuk mencoba aplikasi financial planner yang siap membantu. Aplikasi ini bisa kamu temukan dengan mudah melalui play store bagi pengguna android dan app store untuk pengguna iOS.

Kamu bisa memilih aplikasi financial planner manakah yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan. Selain dimudahkan dalam mengatur keuangan, kamu juga bisa lebih berkomitmen dalam menerapkannya. Selamat mencoba ya!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id