STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

5 Alasan Kenapa Lingkungan Kerja Bisa Membuat Kamu Merasa Stres

Budi Rahmah Panjaitan | Beautynesia
Selasa, 18 Jan 2022 06:00 WIB
5 Alasan Kenapa Lingkungan Kerja Bisa Membuat Kamu Merasa Stres

Apa yang terbayang di benak kamu ketika membahas soal lingkungan kerja, Beauties? Bisa jadi dapat digambarkan sebagai sesuatu yang seru dan menyenangkan atau malah sebaliknya. Ya, tidak semua orang bisa merasa baik dengan lingkungan kerjanya.

Tidak jarang lingkungan kerja malah membuat stres. Hal tersebut dikarenakan adanya beberapa penyebab yang menjadi pemicunya. Dikutip dari Deppressionals, ada beberapa penyebab lingkungan kerja bisa membuat kamu stres. Simak selengkapnya di bawah ini.

Lingkungan Kerja yang Berantakan atau Tidak Teratur

Ilustrasi meja kerja berantakan/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi meja kerja berantakan/ Foto: Freepik.com

Perlu diketahui bahwa lingkungan di kerja bisa menyebabkan kamu merasa stres dan tidak teratur atau berantakan. Kamu tentu bisa membayangkan bagaimana rasanya menghabiskan waktu berjam-jam mencari selembar kertas penting yang hilang karena meja yang berantakan atau tidak teratur.

Apabila kamu mempunyai ruang kerja yang berantakan, bukan tidak mungkin kamu juga akan memiliki pikiran yang berantakan dan tidak kondusif untuk produktif.

Bullying di Tempat Kerja

Ilustrasi menghindari bullying/ Foto; Freepik.com
Ilustrasi menghindari bullying/ Foto; Freepik.com

Meskipun kedengarannya cukup menakutkan, tapi bukan tidak mungkin hal ini ada di tempat kerja. Bullying atau bahkan pelecehan seringkali dianggap berakhir setelah sekolah dasar. Namun sayangnya, bullying bisa mengikuti hingga dewasa bahkan hadir di lingkungan kerja. Pada akhirnya akan muncul semacam tekanan, intimidasi atau bahkan pelecehan yang menyebabkan stres di tempat kerja.

Ada banyak jenis bullying maupun pelecehan di lingkungan kerja. Misalnya saja orang-orang yang berbicara negatif tentang kamu di belakang kamu atau mereka yang mencoba merendahkan kamu ataupun sengaja menyakiti kamu di depan.

Kelebihan Beban di Tempat Kerja

Ilustrasi lelah bekerja/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi lelah bekerja/ Foto: Freepik.com

Stres juga dapat disebabkan oleh terlalu banyak pekerjaan dan tidak banyak yang dapat membantu kamu untuk menyelesaikannya dengan tenggat waktu yang sudah ditentukan. Untuk itu, perlu menemukan keseimbangan antara mempunyai pekerjaan yang cukup dan terlalu banyak di setiap pekerjaan karena selalu ada beban kerja yang khas.

Untuk mengetahui apakah kamu mengalami kelebihan beban kerja di tempat kerja, kamu bisa bertanya pada diri sendiri apakah pekerjaan yang sudah berhasil kamu selesaikan tepat waktu membuat kamu melupakan makan siang atau membuat kamu begadang. Jika ya, mungkin kamu sudah kelebihan beban kerja.

Lingkungan yang Buruk

Ilustrasi lingkungan kerja/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi lingkungan kerja/ Foto: Freepik.com

Apakah kamu sadar bahwa tempat kerja kamu dapat menjadi lingkungan kerja yang penuh tekanan dan mempengaruhi motivasi dan produktivitas, Beauties?

Ya, seberapa produktif kamu dalam sehari sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kebisingan, kualitas udara, tingkat pencahayaan dan bahkan suhu di dalam kantor. Oleh sebab itu penting untuk memastikan bahwa lingkungan kerja dapat mendukung suasana yang produktif untuk bekerja.

Masalah Komunikasi

Ilustrasi bersama rekan kerja/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi bersama rekan kerja/ Foto: Freepik.com

Komunikasi adalah faktor penting lain yang dapat menyebabkan stres di lingkungan kerja ketika kamu harus menyelesaikan pekerjaan. Kehidupan sehari-hari memang tidak bisa terlepas dari yang namanya komunikasi, terutama di tempat kerja.

Stres di tempat kerja dapat disebabkan oleh kurangnya komunikasi karena berbagai alasan. Situasinya akan lebih buruk apabila perubahan signifikan terjadi dan karyawan tidak menyadarinya. Contoh sederhananya mungkin rekan kerja yang tidak menanggapi email atau bahkan sulit untuk diajak bekerja sama.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE