STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Studi: Orang Cerdas Ternyata Lebih Mudah Terdistraksi saat Kerja, Benarkah?

Nadya Quamila | Beautynesia
Senin, 17 Jan 2022 14:00 WIB
Studi: Orang Cerdas Ternyata Lebih Mudah Terdistraksi saat Kerja, Benarkah?

Saat sedang bekerja, apakah kamu termasuk tipe yang mudah terdistraksi, Beauties? Mendengar notifikasi di ponsel, kamu tidak tahan untuk segera membukanya. Melihat berita terbaru, kamu buru-buru mengeceknya di internet. Atau tiba-tiba ada ide cemerlang terlintas di kepala, kamu pun lupa untuk mengerjakan pekerjaan yang lain.

Jika kamu termasuk tipe yang mudah terdistraksi saat bekerja, jangan langsung panik. Sebuah studi mengungkapkan bahwa orang cerdas ternyata lebih mudah terdistraksi saat bekerja.

Wah, kok bisa, ya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Orang Cerdas Lebih Mudah Terdistraksi

Bekerja Cuma Asal-asalan SajaIlustrasi bekerja/Foto: Unplash.com/magnet.me

Menurut sebuah studi, orang cerdas lebih mudah terdistraksi saat bekerja. Studi tersebut dilakukan oleh Steelcase, sebuah perusahaan solusi tempat kerja.

Hasilnya, pekerja yang paling cerdas sering kali adalah mereka yang memiliki kesulitan untuk fokus atau mudah terdistraksi saat bekerja. Mereka cenderung mengalami kesulitan dalam memprioritaskan ide dan merasa bingung ketika mereka memiliki beberapa hal untuk ditangani sekaligus.

Selain itu, ide-ide cerdas yang sering bermunculan di otak cemerlang mereka juga bisa menjadi penyebab sulitnya berkonsentrasi. Dari banyaknya ide tersebut, mereka akhirnya kebingungan untuk memilih ide mana yang akan digunakan dalam bekerja.

"Mereka memiliki perasaan pesimis dan ketidakmampuan untuk menangani beban kerjanya secara keseluruhan," ujar seorang psikiater Ned Hallowell dikutip dari Daily Mail.

Teknologi Mengganggu Fokus Pekerja

Melihat Gawai Saat Bekerja./Foto: unsplash.com/Maxim IlyahovMelihat Gawai Saat Bekerja./Foto: unsplash.com/Maxim Ilyahov

Studi tersebut juga mengungkapkan bahwa munculnya teknologi telah mempersulit pekerja untuk tetap fokus dan berkonsentrasi. Hampir setengah dari lebih dari 10 ribu pekerja yang disurvei di 17 negara mengatakan mereka berjuang untuk berkonsentrasi di kantor.

Smartphone alias ponsel pintar menjadi salah satu penyebab pekerja sulit berkonsentrasi dan mudah terdistraksi. Kebanyakan pekerja memeriksa smartphone mereka sekitar 200 kali sehari atau setiap tiga menit sekali.

Para pekerja cerdas juga dilaporkan membuka sekitar delapan program di komputer mereka di saat bersamaan demi menyelesaikan pekerjaan mereka. Dan setelah terdistraksi, biasanya dibutuhkan waktu sekitar 23 menit bagi pekerja untuk bisa fokus kembali bekerja.

Tips Mengatasi Distraksi saat Bekerja

Mengatasi rasa takut dengan tidak malu bekerja keras mampu menumbuhkan kebiasaan berjuang dan kemampuan membuat keputusan.Ilustrasi pekerja/Foto: Freepik/ViDIstudio/ Foto: Diyah Wulandini

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk atasi distraksi saat bekerja:

  1. Jika kamu gampang terdistraksi saat bekerja, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya:
  2. Matikan notifikasi dari ponsel yang tidak penting, seperti media sosial
  3. Kerjakan pekerjaan yang paling penting dahulu
  4. Bagi tugas menjadi beberapa bagian
  5. Buatlah to-do-list agar mudah melacak pekerjaan dalam satu hari
  6. Rehat sejenak di sela-sela pekerjaan

Selamat mencoba, Beauties!

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE