sign up SIGN UP

5 Budaya di Indonesia yang Hampir Mirip Dengan Korea Selatan

Lifia Mawaddah Putri | Rabu, 03 Nov 2021 08:30 WIB
5 Budaya di Indonesia yang Hampir Mirip Dengan Korea Selatan
caption
Jakarta -

Industri hiburan maupun budaya dari Korea Selatan belakangan ini semakin banyak dicintai oleh masyarakat Indonesia. Terlebih lagi bagi mereka yang merupakan fangirl maupun fanboy. Akan tetapi, sebagai sesama negara yang terletak di Asia, Indonesia dan Korea Selatan rupanya memiliki beberapa tradisi atau budaya yang mirip lho, Beauties.

Berikut ini, Beautynesia telah merangkum 5 diantaranya. Yuk, intip di bawah ini!

Hormat Terhadap yang Lebih Tua

Sebagai negara yang berlandaskan Pancasila, Indonesia adalah negara yang agamis sekaligus menjunjung tinggi nilai moral.
Menghormati Orang Tua/Foto: Instagram.com/kimyoung_ok

Sebagai negara yang berlandaskan Pancasila, Indonesia adalah negara yang agamis sekaligus menjunjung tinggi nilai moral. Salah satu ajaran agama yang sudah menjadi budaya di Indonesia adalah menghormati orang tua. Nah ternyata, budaya ini tak hanya dianut oleh masyarakat Indonesia saja lho! Seperti yang sering kita saksikan di drama Korea, mereka juga sangat menghormati orang yang lebih tua.

Sinetron dan Serial Drama

Hometown Cha Cha ChaDrama Korea Hometown Cha Cha Cha/ Foto: hype.my

Kedua, budaya Indonesia lainnya yang memiliki kemiripan dengan Korea Selatan adalah sinetron. Kalau Korea punya serial drama, Indonesia memiliki sinetron. Meskipun hampir mirip, namun keduanya memiliki perbedaan.

Sinetron dikenal memiliki alur tanpa ujung sedangkan drama Korea memiliki alur cerita yang jelas dan biasanya hanya beberapa episode saja.

Mengenakan Pakaian Adat di Hari Pernikahan

Untuk melestarikan budaya, umumnya kebanyakan masyarakat Indonesia mengenakan pakaian adat saat melangsungkan pesta pernikahan.
Hanbok Korea/Foto: Instagram/heenbok_boutique

Untuk melestarikan budaya, umumnya kebanyakan masyarakat Indonesia mengenakan pakaian adat saat melangsungkan pesta pernikahan. Nah, di Korea Selatan, hal ini juga dilakukan. Sebagai masyarakat yang sangat menjunjung tinggi budaya, orang Korea mengenakan pakaian tradisional hanbok atau pakaian tradisional lainnya di hari pernikahan.

Mudik

Korea Selatan negara yang miliki IQ tinggiTempat wisata di Korea./ Foto: pexels.com

Rupanya tak hanya orang Indonesia saja yang memiliki tradisi mudik. Orang asal Korea Selatan pun juga melakukan hal ini. Untuk orang Indonesia, biasanya mudik dilakukan saat perayaan hari besar seperti Hari Raya Idul Fitri.

Untuk orang Korea, mudik dilakukan saat perayaan Chuseok, yaitu festival panen utama dan hari libur nasional selama tiga hari pada pertengahan Oktober.

Gemar Makan Nasi dan Mie Instan

Selain keempat tradisi yang sudah disebutkan di atas, ternyata tradisi makan antara Korea Selatan dan Indonesia juga memiliki persamaan lho, Beauties.
Makan Mie Instan/Foto: freepik/tirachardz

Selain keempat tradisi yang sudah disebutkan di atas, ternyata tradisi makan antara Korea Selatan dan Indonesia juga memiliki persamaan lho, Beauties. Seperti yang diketahui, nasi merupakan hidangan utama di Indonesia. Ternyata, di Korea Selatan nasi juga banyak menjadi bahan utama makanan. Misalnya saja seperti Bibimbap.

Tak hanya itu, ternyata orang Korea juga gemar mengonsumsi mie instan seperti kebanyakan orang di Indonesia. Mereka biasa melahap mie langsung dari pancinya meskipun masih panas. Kebiasaan ini pun sekarang banyak ditiru oleh para pecinta drama Korea.

-----------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id