sign up SIGN UP

5 Cara Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Salah Satunya Nggak Pamer Status di Medsos!

aqillah diaz | Beautynesia
Kamis, 28 Apr 2022 10:00 WIB
5 Cara Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Salah Satunya Nggak Pamer Status di Medsos!
caption

Mudik lebaran 2022 sudah di depan mata, bahkan kini banyak orang yang sangat excited karena sejak lebaran lalu tidak bisa pulang kampung akibat Covid-19. Kini banyak para pemudik yang telah pulang ke kampung halamannya lebih awal.

Tak jarang juga, banyak masyarakat yang meninggalkan rumah dalam keadaan kosong saat mudik. Apalagi rumah yang ditinggalkan dalam kondisi kosong dalam jangka waktu yang lama sangat berisiko rentan menjadi sasaran para maling jika tidak ada persiapan dengan baik. 

Hal ini tentu menjadi kekhawatiran tersendiri mengingat bahaya pencurian atau perampokan yang marak terjadi, serta kejadian lain yang berbahaya. Oleh karena itu kamu perlu memperhatikan beberapa hal sebelum berangkat ke kampung halaman. Dilansir dari Wolipop, berikut penjelasannya, Beauties!

1. Tidak Perlu Sesumbar Rencana Mudik di Media Sosial

Tidak Perlu Sesumbar Rencana Mudik di Sosial Media / foto : pexels.com/cottonbro
Tidak Perlu Sesumbar Rencana Mudik di Sosial Media / foto : pexels.com/cottonbro

Jika kamu merupakan salah satu orang yang tidak bisa terlepas dari media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan lainnya sebaiknya ketika kamu akan berangkat mudik tahan keinginanmu untuk memposting rencana mudik tersebut. Hal itu dikarenakan banyak orang yang mengakses sosial media dan bisa jadi kamu menjadi salah satu korban incarannya. Who knows? 

Tak perlu mengumumkan ke publik jika kamu akan pergi mudik apalagi menjelaskan secara rinci di sosial media. Kamu harus lebih berhati-hati dan bijak dalam menggunakan sosial media. Jangan terlalu oversharing, ya!

2. Mencabut Barang Elektronik dari Stop Kontak dan Cabut Aliran Gas

Mencabut Barang Elektronik dari Stop Kontak dan Cabut Aliran Gas / foto : pexels.com/NikitaNikitin
Mencabut Barang Elektronik dari Stop Kontak dan Cabut Aliran Gas / foto : pexels.com/NikitaNikitin

Untuk meminimalisir terjadinya hubungan pendek arus listrik yang dapat memicu kebakaran, hal yang tidak boleh dilupakan sebelum berangkat mudik adalah mencabut barang elektronik dari stop kontak.

Matikan seluruh barang elektronik, seperti televisi, AC, kipas angin, dan lain-lain. Kemudian cek kembali dan pastikan semua barang elektronik tidak tersambung ke stop kontak. 

Selain kamu harus memperhatikan barang elektronik, kamu juga perlu mencabut gas karena dapat berpotensi menimbulkan kebakaran jika terjadi kebocoran gas atau lainnya.

3. Matikan Lampu Rumah

Matikan Lampu Rumah / foto : pexels.com/RaggaMuffin
Matikan Lampu Rumah / foto : pexels.com/RaggaMuffin

Banyak orang yang menyarankan untuk mematikan lampu ketika mudik dengan alasan agar rumah terlihat ada orangnya. Tetapi, cara ini dapat membuat tagihan listrik akan membengkak, apalagi jika ditinggal mudik lebih dari seminggu. Tak hanya itu, lampu yang dinyalakan terus-menerus juga tidak mendukung gerakan ramah lingkungan. 

Akan lebih baik kamu memasang lampu otomatis, sehingga lampu bisa menyala di malam hari dan mati di pagi hingga siang hari. Tak ada salahnya mengeluarkan biaya lebih mahal demi keamanan rumah, bukan?

4. Kunci Pintu dan Jendela Rumah

Kunci Pintu dan Jendela Rumah / foto : pexels.com/PhotoMIXCompany
Kunci Pintu dan Jendela Rumah / foto : pexels.com/PhotoMIXCompany

Mengunci pintu dan jendela rumah adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh para pemudik. Pastikan rumah terkunci dan jendela sudah tertutup dengan rapat ketika akan meninggalkan rumah. Ini adalah hal dasar dan sepele yang harus dilakukan agar rumah tetap aman ketika ditinggal ke kampung halaman. Ada baiknya kamu juga menambah gembok agar lebih aman. 

Jangan menyimpan kunci di tempat biasa yang banyak diketahui orang, seperti di pot bunga, di rak sepatu atau lainnya. Sebaiknya kamu membawa kunci rumah tersebut. 

5. Menitipkan Rumah Kepada Orang yang Dipercaya

Menitipkan Rumah Kepada Orang yang Dipercaya / foto : pexels.com/RodnaeProduction
Menitipkan Rumah Kepada Orang yang Dipercaya / foto : pexels.com/RodnaeProduction

Cara paling aman berikutnya ketika kamu akan meninggalkan rumah saat mudik adalah menitipkan rumah kepada orang yang dipercaya, seperti keluarga, tetangga, kerabat, atau lainnya. Minta tolong mereka untuk mengecek keadaan rumah setiap hari, menyiram tanaman, memberi makan hewan peliharaan jika ada, dan lainnya. Jangan lupa untuk menginformasikan berapa lama kamu akan meninggalkan rumah .

Jadi, itulah beberapa kiat aman meninggalkan rumah ketika mudik lebaran. Beberapa hal di atas tidak hanya bisa kamu aplikasikan saat mudik saja, lho. Tetapi kamu juga bisa aplikasikan saat kamu pergi berlibur. Dengan begitu, mudik akan menjadi lebih tenang, aman, dan nyaman. Semoga tips di atas membantu ya, Beauties!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id