sign up SIGN UP

5 Cara Ampuh Meningkatkan Kepercayaan Diri Saat Wawancara Kerja, Penting Biar Jawabnya Tetap Bisa Tenang dan Bagus!

Shinta Nikmah | Beautynesia
Jumat, 03 Dec 2021 12:00 WIB
5 Cara Ampuh Meningkatkan Kepercayaan Diri Saat Wawancara Kerja, Penting Biar Jawabnya Tetap Bisa Tenang dan Bagus!
caption

Beberapa dari kamu mungkin merasa gugup dan kehilangan kepercayaan diri saat melakukan wawancara kerja. Entah karena kurang persiapan atau pertanyaan dari pewawancara yang cukup sulit dan menjebak.

Untuk itu, kamu perlu melatih diri agar lebih percaya diri dengan kiat-kiat berikut ini. Cek selengkapnya di bawah ini, yuk!

Bekali Diri dengan Informasi

Mencari informasi
Mencari informasi/ Foto: freepik.com/rawpixel.com

Sebelum melakukan wawancara, ada baiknya kamu melakukan riset mengenai profil perusahaan dan posisi yang ingin kamu lamar. Alasannya, karena pewawancara sering menanyakan hal tersebut. Akan sedikit memalukan bila kamu tidak tahu sama sekali mengenai profil perusahaan dan posisi yang kamu lamar.

Kamu bisa mengakses website resmi perusahaan untuk mengetahui profil perusahaan tersebut. Berbekal informasi yang sudah kamu kumpulkan, otomatis kamu lebih percaya diri dan lebih siap menghadapi pewawancara.

Latih Jawabanmu

Latih jawabanmu
Latih jawabanmu/ Foto: freepik.com/wayhomestudio

Kamu tentu sudah mendapatkan banyak informasi mengenai tips and trick menjawab pertanyaan yang mungkin dilontarkan pewawancara. Nah, tinggal kamu praktikkan untuk melatih jawaban tersebut. Kamu bisa mencoba untuk berbicara di depan kaca dan menjawab pertanyaan yang seolah-olah dilontarkan oleh pewawancara.

Ingat Beauties, 'practice makes perfect.' Semakin sering berlatih, kamu akan semakin percaya diri ketika berhadapan langsung dengan pewawancara nantinya.

Terapkan Power Pose

Terapkan power pose
Terapkan power pose/ Foto: freepik.com/pressahotkey

Berlatih pose saat akan melakukan wawancara kerja juga penting, lho Beauties. Melansir dari Recruiters, power pose menjadi cara yang baik untuk meningkatkan kepercayaan diri. Lebih lanjut, ide power posing berasal dari pembicaraan TED dari profesor Harvard Business School Amy Cuddy pada tahun 2012, yang mengatakan bahwa power posing dapat mengubah kadar testosteron dan kortison di otak, sehingga menanamkan lebih banyak kepercayaan diri.

Kamu bisa berlatih power pose dengan berdiri tegak, dengan tangan di pinggul, dan dagu dimiringkan dengan tegas selama dua menit.

Kenakan Setelan Terbaik

Kenakan setelah terbaik
Kenakan setelan terbaik/ Foto: freepik.com/svetlanasokolova

Menggunakan pakaian yang sesuai dan rapi bisa menumbuhkan percaya diri dan menambah poin di mata pewawancara, lho Beauties. Melansir dari Style Rail, berpakaian dengan baik dapat meningkatkan kesan baik dari orang lain terhadapmu. Bahkan hanya dengan menggunakan pakaian tertentu bisa membuatmu terlihat cerdas. 

Untuk itu jangan lupa untuk mempersiapkan setelah terbaik sebelum kamu berangkat wawancara ya, Beauties.

Gunakan Teknik Pernapasan

Menarik nafas dalam
Menarik nafas dalam/ Foto: freepik.com/wayhomestudio

Menghadapi pertanyaan sulit dan menjebak dari pewawancara, bisa memicu perasaan gugup dan susah mengendalikan diri. Perasaan gugup yang muncul bisa membuat pasukan oksigen ke otak berkurang sehingga kamu bisa kehilangan fokus dan konsentrasi.

Saat terjebak dalam suasana tersebut, kamu perlu menggunakan teknik pernapasan yang tepat untuk mengendalikan diri. Kamu bisa menarik nafas dalam-dalam, lalu hembuskan perlahan. Dengan demikian, pasokan oksigen ke otak bisa kembali normal dan kamu bisa kembali percaya diri melanjutkan wawancara.

Nah Beauties, apakah kamu sudah siap wawancara? Jangan lupa terapkan kiat di atas ya!

[Gambas:Youtube]

-------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id