sign up SIGN UP

5 Cara Cerdas Mengatur Keuangan Agar Tak Kering di Akhir Bulan, Sudah Diterapkan Beauties?

Meliana Gusti | Beautynesia
Selasa, 07 Jun 2022 22:30 WIB
5 Cara Cerdas Mengatur Keuangan Agar Tak Kering di Akhir Bulan, Sudah Diterapkan Beauties?
caption

Siapa yang selalu kehabisan uang di akhir bulan? Itu artinya, kamu harus mengatur keuanganmu nih, Beauties. Kebanyakan orang sering gelap mata saat memiliki banyak uang. Terutama para perempuan yang kalau belanja apapun ingin dibeli, tanpa memikirkan risikonya terlebih dahulu.

Contohnya saja saat melihat ada diskon, pasti para perempuan mudah tergoda. Padahal kamu masih bisa mendapatkan diskon kapan saja, dan membelinya kapanpun. Seharusnya kamu memprioritaskan kebutuhan pokok terlebih dahulu.

Makin dewasa kamu harus pintar mengatur keuangan, karena kebutuhan akan semakin bertambah juga. Nah biar nggak bingung lagi uang kamu habisnya ke mana, yuk simak cara mengatur keuangan berikut ini, Beauties!

1. Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran

Ilustrasi mencatat pengeluaran dan pemasukan uang.
Ilustrasi mencatat pengeluaran dan pemasukan uang/ foto: pexels/ pexels karolina grabowska

Hal terpenting pertama adalah mencatat semua pemasukan dan pengeluaran uang kamu, Beauties. Setiap hari kamu harus mencatat uang yang masuk dan uang keluar, sekalipun hanya untuk bayar parkir.

Jika tidak ingin repot mencatat di kertas atau note handphone, gunakan aplikasi kas yang bisa melayani hitungan uang bulanan kamu.Dengan begitu gaji yang diterima diawal bulan, bisa diperkirakan penggunaannya. Tapi harus konsisten ya, Beauties!

2. Membuat Anggaran Keuangan

Ilustrasi membuat anggaran keuangan.
Ilustrasi membuat anggaran keuangan/ foto: pexels/ karolina grabowska-

Buatlah anggaran biaya bulanan kamu, agar tujuan finansial jelas. List kebutuhan bulanan, seperti biaya sabun listrik, paket data, dan lain-lain.

Tentukan nominal barang atau tagihan, sehingga mudah dikalkulasikan. Sisihkan kebutuhan tersebut setelah terima gaji ya, agar kebutuhan wajibmu terpenuhi. Ingat buat anggaran yang realistis ya, Beauties!

3. Sediakan Uang Darurat

Ilustrasi menyisihkan uang darurat.
Ilustrasi menyisihkan uang darurat/ foto: pexels/ anete lusina.

Setelah membuat anggaran, sisihkan sedikit uang sebagai dana darurat. Kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Misalkan kamu tiba-tiba sakit, jadi bisa menggunakan dana darurat saja.

Dengan begini kamu tidak akan pusing membeli obat karena keuanganmu sudah diatur dengan baik. Bikin hati tenang deh!

4. Membedakan Kebutuhan dengan Keinginan

Ilustrasi perempuan belanja berlebihan.
Ilustrasi perempuan belanja berlebihan/ foto: pexels/ andrea piacquadio.

Hal yang sering kali menguras kantong adalah tidak bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Sering kali orang bersembunyi di balik kata self reward, sehingga rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit.

Setelah itu pasti kekurangan uang deh di akhir bulan. Prioritaskan terlebih dahulu kebutuhan pokok ya, seperti tagihan, bahan pokok, dan kebutuhan untuk bekerja.

5. Hindari Berhutang

Ilustrasi berhutang bikin pusing dan kantong kering.
Ilustrasi berhutang bikin pusing dan kantong kering/ foto: pexels/ antoni shkraba production.

Nah hal yang satu ini nggak kalah pentingnya, jika kita berhutang pasti uang gaji setiap bulannya terasa tidak cukup. Misalkan saja gajimu Rp3 juta per bulan, dan memiliki cicilan hutang Rp1 juta, kemudian yang Rp2 jutanya sudah dialokasikan untuk kebutuhan pokok. Tentu otomatis tidak ada dana darurat dan tabungan, pasti di akhir bulan uang kamu sudah kering.

Yuk pintar mengelolah keuangan, Beauties. Ikuti beberapa cara di atas, agar keuangan kamu diatur dengan baik. Selain itu, jangan lupa menabung untuk masa depan atau hari tua ya. Semangat bekerja Beauties!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id