sign up SIGN UP

Suka Liburan Tapi Ingin Tetap Hemat Biaya? Wajib Catat 6 Kiat Ini, Beauties!

Niky Yunniarty Dermawan | Beautynesia
Sabtu, 04 Jun 2022 13:00 WIB
Suka Liburan Tapi Ingin Tetap Hemat Biaya? Wajib Catat 6 Kiat Ini, Beauties!
caption

Beauties, kini liburan menjadi hal yang paling idam-idamkan bagi banyak orang. Kasus COVID-19 kini sudah melandai di banyak negara, dan rasa rindu mengunjungi tempat wisata sudah tak tertahankan setelah dua tahun lamanya dianjurkan berada di rumah saja.

Buat kamu yang ingin merencanakan liburan, sangat penting untuk mempertimbangkan budget atau anggaran untuk liburan, nih, Beauties.

Liburan tapi Ingin Tetap Hemat Biaya/freepik.com/rawpixel
Liburan tapi Ingin Tetap Hemat Biaya/freepik.com/rawpixel

Meski kasus COVID-19 sudah melandai, namun semuanya kini masih terasa serba tidak pasti, termasuk soal pendapatan dan pengeluaran. Lantas, bagaimana cara menyiasati agar keuangan tidak boros namun tetap bisa berlibur?

Perencana Keuangan dari Tatadana Consulting Tejasari Assad mengatakan bahwa liburan di tengah tekanan ekonomi akibat dari pandemi sah-sah saja dilakukan asal Beauties bisa memperhitungkan segala pengeluaran dengan tepat.

Nah, berikut ini kiat-kiat liburan tapi tetap hemat biaya, dirangkum dari CNN Indonesia. Yuk, simak!

Hitung Budget

Beauties, Hitunglah Budget/freepik.com/ijeab
Beauties, Hitunglah Budget/freepik.com/ijeab

Teja menyarankan agar pikirkan dulu dan hitunglah kemampuan dana atau penghasilan yang bisa Beauties gunakan untuk liburan. Alokasikan penghasilan per bulan, dikurangi kebutuhan harian, pembayaran tagihan, dana tabungan atau dana darurat. Jika ada sisa, baru bisa digunakan untuk berlibur.

Ingat ya Beauties, jangan sampai terbalik, malah liburan dulu baru kebutuhan rutin, karena nantinya akan membuat pusing. Teja juga mengingatkan agar tidak dihabiskan seluruh dana alokasi liburan tersebut. Karena bila masih memungkinkan bisa hemat, maka akan lebih baik. Sisa budget liburan bisa Beauties tabung kembali.

Pilih Destinasi dengan Cermat

Beauties, Pilihlah Destinasi/freepik.com/jcomp
Beauties, Pilihlah Destinasi/freepik.com/jcomp

Kiat selanjutnya agar liburan tetap hemat adalah pintar-pintar memilih destinasi. Jika budget sudah tersedia, Beauties bisa mulai memilih destinasi yang sesuai. Misalnya, jika Beauties ingin pergi berlibur ke pantai tapi budget tidak terlalu besar. Beauties bisa memilih pantai yang dekat dengan domisili saja, agar jarak tempuhnya dekat. Jangan sampai Beauties memaksakan ingin pergi berlibur ke pantai yang jauh, karena tentunya nanti ada budget lebih untuk biaya transportasinya.

Mulailah Hitung Pengeluaran

Setelah budget sudah ada dan destinasi wisata telah ditentukan, kini saatnya Beauties menghitung pengeluaran. Buatlah pengeluaran seminimalis mungkin, dari biaya transportasi, akomodasi, makan, dan biaya lainnya yang mungkin diperlukan. Dengan menghitungnya secara detail dan minimalis, Beauties jadi tidak akan terlalu banyak menghabiskan uang.

Manfaatkan Promo

Beauties, Ayo Manfaatkan Promo/freepik.com/ArthurHidden
Beauties, Ayo Manfaatkan Promo/freepik.com/ArthurHidden

Jika ingin lebih hemat lagi selama liburan, Beauties harus lebih jeli memanfaatkan promo atau diskon-diskon yang dikeluarkan oleh tempat wisata dan agen perjalanan online. Misalnya saja, ada promo di sekian persen di salah satu hotel, atau promo tiket masuk ke tempat wisata dengan menggunakan kartu kredit, tidak ada salahnya Beauties memanfaatkan hal tersebut.

Tetap Cermat Menggunakan Saluran Pembayaran

Memanfaatkan promo memang baik, tapi Teja juga tetap mewanti-wanti jika menggunakan kartu kredit untuk liburan adalah hal yang bersifat konsumtif. Oleh karena itu, Beauties harus tetap bijak menggunakan kartu kredit, sesuaikan dengan kemampuan pembayaran. Jangan sampai habis liburan malah terbit utang!

Jangan Mengusik Dana Darurat atau Investasi

Jangan sampai Mengusik Dana Darurat atau Invetasi/freepik.com/jcomp
Jangan Mengusik Dana Darurat/freepik.com/jcomp

Perekonomian yang naik turun sekarang ini jangan sampai membuat Beauties mengusik dana darurat, tabungan atau investasi untuk sekadar liburan. Sebab, tiga pos tersebut memiliki fungsi yang berbeda dalam keuangan.

Menurut Teja, dana darurat, tabungan atau investasi jangan sampai diusik karena akan menjadi bantalan saat ada kesulitan keuangan. Karena kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi di waktu mendatang.

Nah Beauties, itu beberapa kiat agar bisa liburan dengan dana yang tetap hemat. Semoga bermanfaat!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id