5 Cara Membangun Personal Branding di Media Sosial
Personal branding ialah cara seseorang mempromosikan dirinya sendiri dengan keunikan mereka.Â
Perihal personal branding, kamu mungkin sudah sering melihat banyak orang berlomba-lomba melakukan personal branding melalui media sosial, kan? Tak sekadar memamerkan kekayaan yang dimiliki saja, terkadang sebagian orang juga turut memperlihatkan kesuksesan, kebahagiaan, dan lainnya.Â
Nyatanya, 'mempromosikan'Â diri dengan cara personal branding melalui media sosial menjadi jalan sukses untuk menarik perhatian khalayak. Hal ini bisa memberikan kepuasan bahkan keuntungan pribadi, lho.
Dirangkum dari Bryant University, seorang pengajar bernama Jerrica Rowlett, Ph.D memberikan tips agar personal branding dapat berjalan dengan sukses di media sosial.Â
Kenali Audiens di Media Sosial
Ilustrasi/Foto: Pexels/Tracy Le Blanc
Beauties, kamu perlu mengetahui siapa target audiens kamu sebetulnya. Misalnya, ketika kamu ingin dikenal orang sebagai food vlogger maka target yang kamu tuju adalah orang-orang yang gemar makan.Â
Selanjutnya, kamu dapat menentukan platform mana yang tepat untuk mengembangkan potensi tersebut. Rowlett menyebut bahwa audiovisual menjadi cara terampuh dalam menyampaikan pesan kepada publik.
Imbangi antara Saling Berhubungan dan Keunikan
Foto: Freepik.com
Konten yang viral, ramai likes dan juga viewers itu dikarenakan konten yang disajikan sangat berhubungan erat dengan kehidupan mereka. Selain relateable, personal branding dirimu harus memberikan bumbu keunikan yakni ciri khas diri yang membedakan antara kamu dan orang lain, Beauties.Â
Kamu tidak perlu menjadi orang lain, kok. Tetap menjadi diri sendiri, ya, Beauties!
Sajikan Konten yang Berkualitas
Ilustrasi/Foto : freepik
Keunikan di dirimu saja rasanya kurang cukup, nih, Beauties. Kamu harus membiasakan diri untuk menyajikan konten visual yang berkualitas tinggi.
Tampilkan Karakter Diri dengan Satu Niche Konten
Ilustrasi/Foto: freepik
Beauties, kamu perlu memilih satu niche konten atau pembahasan konten yang merepresentasikan diri kamu. Strategi ini nantinya bisa mengarahkan orang lain yang sedang membutuhkan jasa pembuat konten dengan menghubungi kamu.Â
Pikirkan Kuantitas Konten
Ilustrasi/Foto: freepik / DC studio
Hal paling sulit dalam mengembangkan citra diri melalui media sosial adalah konsistensi. Makanya nggak heran kalau banyak influencer yang gagal karena malas atau jarang update kesehariannya.Â
Kuantitas yang diunggah seseorang tergantung pada platform yang digunakan. Dilansir dari Bryant University, biasanya pengguna TikTok dapat mengunggah postingan tujuh kali dalam sehari dengan waktu yang berbeda. Sementara pengguna Instagram dapat menghasilkan satu sampai dua postingan dalam sehari.Â
Dikutip dari Gulf Business, kekuatan personal branding di media sosial sangat berpeluang besar tanpa batas bagi siapa pun. Yuk, mulai bangun personal branding diri kamu dengan ciri khas dan keunikan karaktermu. Selamat mencoba!
***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!
Â