5 Cara Menjaga Kewarasan Setelah Sibuk Bekerja
Kesibukan bekerja kadangkala membuat kita menjadi kurang waktu untuk mengurus kebutuhan diri sendiri, bernapas sejenak dan melepaskan pikiran tentang tugas-tugas kantor, dan menyita waktu luang untuk menyelesaikan pekerjaan yang belum tuntas. Tuntutan profesionalitas ini membuat kewarasan kita berkurang.
Namun, di balik setiap masalah pasti ada solusi. Berikut adalah beberapa cara menjaga kewarasan di tengah kesibukan bekerja yang bisa kamu lakukan. Simak!
1. Jangan Mengeluh
Jangan mengeluh/Foto: Pexels/Alex Green
Dikutip dari Gypsy With a Day Job, mengeluh membuatmu memusatkan pikiran pada sisi buruk pekerjaanmu yang membuatmu kesal, dan kamu menjadi terus mengungkitnya berulang kali.
Daripada memenuhi harimu dengan perasaan negatif, lebih baik kamu syukuri rasa lelah dan kesibukanmu bekerja dan bayangkan betapa lebih baik lelah karena bekerja daripada lelah mencari kerja.
2. Jangan Take It Personal
Jangan take it personal/Foto: Pexels/Polina Zimmerman
Usahakan untuk tidak menganggap pribadi segala sesuatu yang terjadi. Misalnya, mengapa selalu kamu yang diminta atasanmu mengerjakan sesuatu. Karena bisa jadi ada alasan di balik itu. Bisa jadi, karena pekerjaanmu selalu bagus dan memuaskan, maka dia mempercayakannya padamu.
Atau, ketika sikap rekan kerjamu sedang tidak ramah padamu. Anggaplah mungkin mereka punya masalah snediri. Misalnya, anaknya sedang sakit, sedang ada masalah rumah tangga, atau tidak enak badan.
3. Sederhanakan Rutinitasmu
Sederhanakan rutinitasmu/Foto: Pexels/Liza Summer
Dilansir dari The Muse, menyederhanakan rutinitas tidak hanya akan meningkatkan kemampuanmu untuk tetap fokus pada pekerjaan. Namun, juga dapat menambah waktu luangmu untuk melakukan hal selain pekerjaan.
4. Manfaatkan Me Time dengan Baik
Manfaatkan me time sebaik-baiknya/Foto: Pexels/Gabby K
Ketika jam kerja bertambah, waktu luang sering kali benar-benar tergeser dari prioritasmu. Namun, itu tidak berarti kamu harus merelakan dirimu tidak punya waktu untuk diri sendiri. Gunakan waktu luangmu sebaik-baiknya untuk menyenangkan hatimu dan mengembalikan energimu.
Maka dari itu, penting untuk mencari tahu apa yang membuatmu bersemangat melakukannya. Entah itu mendengarkan podcast, menelepon teman, menonton film, membaca buku, atau melakukan hobi lainnya.
5. Temukan Tempat Berbagi di Tempat Kerja
Temukan tempat berbagi di tempat kerja/Foto: Pexels/Tirachard Kumtanom
Saat kamu merasa terlalu banyak bekerja atau kewalahan, teman kantormu pasti tahu persis apa yang kamu rasakan dan dapat berbagi momen tawa atau pengalih perhatian dari stres karena pekerjaan.
Perlu diingat, mengeluh dan melampiaskan kekesalan terus-menerus dapat menjadi racun, jadi itu seharusnya bukan tujuan utama pertemuan dan obrolanmu dengan rekan kerja. Mengobrollah dengan rekan kerja untuk membuatmu tetap segar dan suasana hatimu semakin positif.
Dari cara-cara di atas, kamu tertarik untuk mencoba lakukan yang mana?
***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!