sign up SIGN UP

5 Cara Menunda Kehamilan Secara Alami dan Aman

Putri Arya | Beautynesia
Selasa, 11 Aug 2020 12:30 WIB
5 Cara Menunda Kehamilan Secara Alami dan Aman
caption

Menunda kehamilan adalah pilihan masing-masing pasangan. Banyak faktor yang menyebabkan pasangan suami istri memilih untuk menunda kehamilan. 

Jika kamu adalah salah satunya, maka rencanakan dengan tepat sebelum terlanjur hamil setelah melakukan hubungan intim dengan pasanganmu. Berikut 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk menunda kehamilan:

Menggunakan Alat Kontrasepsi

cara menunda kehamilan dengan menggunakan alat kontrasepsi
cara menunda kehamilan/freepik.com/

Ini merupakan cara umum yang biasanya dilakukan untuk mencegah kehamilan atau mengatur jarak kehamilan. Terdapat beragam jenis alat kontrasepsi saat ini, seperti pil KB, IUD, spiral, KB suntik serta kondom. Tentukan mana yang cocok kamu gunakan untuk menunda kehamilan. Sesuaikan juga dengan tingkat kebutuhan dan kenyamananmu ya.

Menggunakan Kalender Menstruasi

cara menunda kehamilan dengan kalender menstruasi
cara menunda kehamilan/freepik.com/

Cara menunda kehamilan selanjutnya adalah dengan memakai kalender menstruasi atau disebut juga KB Kalender. Cara ini terbilang ampuh jika kamu tepat memperhitungkan awal dan akhir masa menstruasi.

Hindari melakukan hubungan seksual di masa ovulasi karena memiliki tingkat kemungkinan hamil yang sangat tinggi. Masa awal ovulasi dikenal juga sebagai masa subur karena di masa ini rahimmu bersiap melepaskan sel telur.

Jika siklus menstruasimu antara 28 sampai 30 hari, maka masa subur akan terjadi di hari ke-11 hingga ke-18 setelah haid terakhir.

Ejakulasi di Luar Vagina

cara menunda kehamilan dengan ejakulasi di luar vagina
cara menunda kehamilan/pixabay.com/

Jika kamu dan pasangan sepakat untuk menunda kehamilan, maka cara alami ini ampuh membantu. Buat kesepakatan dengan pasanganmu untuk tak ejakulasi atau mengeluarkan sperma di dalam vagina untuk meminimalisir terjadinya kehamilan. Sebaiknya siapkan tisu basah atau kain lap agar tak mengotori kamar.

Jongkok Setelah Berhubungan

https://wolipop.detik.com/https://wolipop.detik.com// 

Cara lainnya untuk menunda kehamilan adalah dengan berjongkok setelah selesai berhubungan intim. Cara ini untuk mencegah masuknya sperma lebih dalam ke indung telur, tempat terjadinya pembuahan. Setelah pasanganmu ejakulasi, segera berjongkok agar cairan sperma keluar dari vagina.

Kenali Jenis Lendir Serviks

Raba dinding vagina menggunakan ujung jari, lalu perhatikan lendir serviks yang menempel di jari. Jika lendir serviks bening dan encer, berarti kamu belum memasuki masa ovulasi. Tapi jika lendir serviks sangat kental dan tak terputus saat ditarik, maka kamu sedang berada pada masa ovulasi.

Cara menunda kehamilan yang satu ini membutuhkan ketelitian dan kecermatan. Kamu harus bisa mengecek sendiri kondisi lendir serviks pada vagina sebelum berhubungan seks dengan pasangan.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id