sign up SIGN UP

5 Cara Sederhana Ini Bisa Bantu Anak Menemukan Hobi dan Potensi Diri, Sudah Coba Terapkan?

Sierra Ayuningtyas Muktisari | Beautynesia
Senin, 15 Aug 2022 13:15 WIB
5 Cara Sederhana Ini Bisa Bantu Anak Menemukan Hobi dan Potensi Diri, Sudah Coba Terapkan?
caption
Jakarta -

Beauties, apa hobi kamu? Hobi bisa membuat kita menikmati dan menghabiskan waktu santai dengan cara yang menyenangkan. Bukan hanya bagi orang dewasa, tapi anak-anak juga membutuhkan hobi, lho.

Jadinya, mereka bisa tumbuh lebih percaya diri dan dapat mengembangkan talenta hingga potensi yang dimilikinya. Meski kita harus membiarkan anak-anak menemukan minatnya sendiri, tetapi ada beberapa cara yang dapat membantu mereka, seperti berikut ini!

Memperhatikan Minat Si Anak

Ilustrasi ibu dan anak yang sedang bermain caturIlustrasi ibu dan anak yang sedang bermain catur/ Foto: freepik.com

Saat berinteraksi dengan si kecil, coba perhatikan tindakan dan ucapan mereka. Hal tersebut dapat menjadi petunjuk hobi yang cocok buatnya. Misalnya, jika anak kamu suka melompat dan berlarian, kamu bisa mengenalkan beberapa jenis mainan yang dapat melatih fisiknya, seperti basket, bulutangkis, dan sebagainya.

Lain halnya bila si kecil suka mendengarkan musik, maka kamu bisa mengenalkan dengan berbagai instrumen musik. Jadi, pastikan hobi si kecil sesuai dengan minatnya supaya mereka bisa berkembang, ya.

Biarkan Anak Memilih Hobi Mereka Sendiri

Ilustrasi ibu dan anak bermainIlustrasi ibu dan anak bermain/ Foto: istockphoto.com/ake1150sb

Saat memberikan aktivitas buat si kecil, kita perlu memastikan kalau ia juga menyukainya. Jadi, mereka bisa menjalankan aktivitas dengan lebih menyenangkan. Nah, kamu juga dapat memberikan mainan anak edukatif supaya mereka lebih mudah mengetahui aktivitas yang disukainya.

Berikan Aktivitas yang Bisa Membuat Anak Tumbuh dan Berkembang

Ilustrasi ibu dan anak bermainIlustrasi ibu dan anak bermain/ Foto: Getty Images/Erdark

Mungkin ada banyak sekali hobi yang dapat dilakukan oleh si kecil. Namun, tidak semua hobi tersebut bisa mendukung dan berdampak baik bagi tumbuh kembangnya, Beauties. Untuk itu, kamu harus memastikan aktivitas yang dilakukannya bisa membantu mereka berkembang.

Kamu dapat mengenalkan olahraga, bermain musik, mengajaknya ikutan masak, dan sebagainya. Hal tersebut dapat meningkatkan rasa percaya diri dan kebanggaan mereka saat tumbuh besar nanti.

Tetap Memberi Dukungan

holidays, presents, christmas, x-mas, birthday concept - happy mother and child girl with gift boxIlustrasi ibu dan anak/ Foto: Getty Images/iStockphoto/thanakornsra

Beberapa cara di atas mungkin menyarankan kamu untuk selalu mengikuti minat anak dan tidak memaksakan kehendak. Namun, bukan berarti kamu hanya perlu melepasnya begitu saja. Kamu tetap perlu mendukung si kecil dalam menjalankan hobi mereka.

Apalagi, bisa saja mereka merasa malu, gugup, serta takut saat mencobanya. Dengan adanya dukungan dari orang tua, mereka lebih bersemangat dan percaya diri dalam menjalankan hobinya.

Belajar dari Kegagalan

Ilustrasi ibu dan anakIlustrasi ibu dan anak/ Foto: Freepik/pvproductions

Dalam kehidupan ini, kita pasti bisa mengalami kegagalan. Untuk itulah, kita perlu memberikan dukungan buat si kecil dan mengajarkan mereka buat belajar dari kegagalan.

Cari tahu hal apa yang kurang dari hobi tersebut dan pertimbangkan opsi lainnya. Satu kegagalan bisa menjadi titik awal yang bagus bagi si kecil untuk menemukan hobi lainnya.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk membantu anak menemukan hobi mereka. Kamu bisa memberikan mainan anak perempuan dan laki-laki yang edukatif hanya di Toys Kingdom Indonesia.

Ada banyak jenis mainan anak dari segala usia dengan merek ternama yang bisa kamu temukan, seperti Barbie, Sylvanian Families, Marvel, Lego, Cocomelon, dan lain-lain di website Toys Kingdom Online. Yuk, berikan mainan anak berkualitas untuk anak-anak kesayangan!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id