sign up SIGN UP

Ringworm atau Jamur Kulit dari Hewan Peliharaan Bisa Menular ke Manusia, Cek Cara Mencegahnya di Sini!

Fina Prichilia | Beautynesia
Selasa, 19 Jul 2022 15:15 WIB
Ringworm atau Jamur Kulit dari Hewan Peliharaan Bisa Menular ke Manusia, Cek Cara Mencegahnya di Sini!
caption
Jakarta -

Saat memutuskan mengadopsi hewan peliharaan, Beauties perlu memastikan kebutuhannya tercukupi, serta menjaga kesehatannya. Pasalnya, selain kesehatan 'anabul' (anak bulu)-mu terjaga, kamu pun bisa terhindari dari berbagai infeksi yang dapat ditularkan.

Salah satunya adalah ringworm atau jamur kulit. Mengutip Mayo Clinic, selain bisa ditularkan lewat kontak kulit dengan sesama penderita (manusia), dapat juga ditularkan oleh hewan peliharaan yang terinfeksi ringworm, saat kamu lagi membelainya. Misalnya pada anjing, kucing, juga sapi.

Kids Health melansir, saat terinfeksi jamur ini pada kulit, di antaranya muncul ruam, merah bersisik. Lalu akan terlihat pola seperti cincin. Area kulit yang terinfeksi itu pun dapat mengeras, kemudian mengelupas, serta terasa gatal. Selain kulit, juga bisa menginfeksi area kulit kepala. Risiko kebotakan pun, berisiko tak terhindarkan.

Infeksi kulitIlustrasi infeksi kulit/Foto: Freepik.com/Karlyukav

Untuk mengatasi ini, biasanya dokter akan meresepkan krim antijamur. Untuk kasus yang lebih serius, orang yang terinfeksi juga akan diresepkan obat oles tambahan untuk kulit juga ada yang diminum. Biasanya anak kecil dan lansia yang lebih rentan mengalaminya, Beauties. Tapi selain itu ada juga beberapa faktor pendukung seseorang lebih rentan terinfeksi, di antaranya:

Faktor Risiko Terpapar Ringworm

Mereka yang berisiko tinggi terpapar ringworm:

- Tinggal di tempat dengan iklim yang hangat/tropikal.

- Berkontak dengan orang maupun hewan yang terinfeksi.

- Saling bertukar baju maupun handuk dengan orang yang terinfeksi.

- Terlibat dalam olahraga yang mengharuskan kontak kulit, seperti gulat.

- Punya daya tahan tubuh yang lemah.

Ilustrasi Dokter Hewan/FreepikIlustrasi memberikan vaksinasi pada hewan/Freepik

Cara Agar Tidak Tertular

Perlu kamu tahu, kondisi ini sebenarnya bisa dicegah. Selain menjaga kebersihan diri sendiri dan hewan peliharaan, kamu juga perlu memberikan vaksin pada hewan serta makanan yang bernutrisi.

Beauties juga perlu menjaga kebersihan rumah dan memastikan sirkulasi udara berlangsung lancar, untuk meminimalisir pertumbuhan jamur. Selain itu, penting juga untuk tidak saling berbagi peralatan pribadi seperti handuk, kuas makeup, sisir dan baju, dengan orang lain.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation! Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id