sign up SIGN UP

5 Cara Sehat Ekspresikan Kecemburuan pada Pasangan, Biar Terhindar dari Pertengkaran yang Tak Perlu

Novianty Aulia Anjani | Beautynesia
Rabu, 11 May 2022 19:15 WIB
5 Cara Sehat Ekspresikan Kecemburuan pada Pasangan, Biar Terhindar dari Pertengkaran yang Tak Perlu
5 Cara Sehat Ekspresikan Kecemburuan dalam Hubungan/Foto:Freepik.com/Drobotdean

Sangat wajar untuk merasa cemburu tatkala mendapati pasangan berperilaku tidak baik dalam hubungan. Beberapa di antaranya bisa cepat berlalu namun tidak jarang malah berakhir menjadi pertengkaran yang berdampak pada kelancaran hubungan.

Meskipun kerap dikonotasikan sebagai emosi tidak baik, kecemburuan sebenarnya juga untuk memperkuat komunikasi serta kepercayaan dalam hubungan terlebih ketika perasaan tersebut dapat dieskpresikan dengan tepat.

Seperti yang dilansir dari laman Very Well Mind, berikut 5 cara sehat sampaikan rasa cemburu kepada pasangan.

Pahami Dahulu Perasaanmu 

Sebelum mengutarakan, pastikan kamu memahami apa yang sebenarnya kamu rasakan serta kesalahan apa yang pasanganmu perbuat
Pastikan dahulu apa yang kamu rasakan/Foto:Freepik.com/Jcomp


Tidak selalu datang dari kesalahan pasangan, kecemburuan juga dapat muncul karena rasa kepercayaan diri yang rendah akan diri kamu sendiri. Akibatnya kamu selalu merasa tidak aman dan melampiaskan hal tersebut dengan rasa cemburu. 

Sebelum berubah menjadi konflik yang lebih besar, ada baiknya kamu bertanya kepada diri sendiri mengenai apa yang sedang kamu rasakan serta bagaimana perasaan tersebut dapat muncul sehingga didapatkan penyelesaian yang tepat atas masalah tersebut.

Memulai Percakapan Tanpa Emosi 

Memulai percakapan dengan pikiran yang jernih tanpa emosi
Jangan berbicara dengan emosi/Foto:Freepik.com/Tirachardz


Dibuat cemburu oleh kelakuan buruk pasangan tentu memicu kemarahan yang besar dalam diri kamu. Namun, rasa kesal yang disampaikan dengan marah hanya akan memperburuk situasi yang ada. 

Sekesal apapun kamu, cobalah untuk tetap tenang dan berpikir jernih agar perasaan yang kamu katakan dapat jelas dipahami oleh pasangan. Jika perlu, persiapkan apa yang ingin kamu katakan dengan menuliskannya agar pembicaraan berjalan lebih efektif.

Hindari Kata-kata yang Menuduh 

Pusatkan pembicaraan hanya pada perasaanmu dan jangan menuduh pasangan.
Jangan memojokkan pasangan dengan kata-kata yang tidak baiik/Foto:Freepik.com/Our-team


Alih-alih menuduh pasangan, pusatkan percakapan dengan rasa kekhawatiran serta kesedihan kamu atas apa yang dilakukannya. Tunjukkan bahwa kamu merasa tidak nyaman serta cemas akan kelanjutan hubungan.

Terbiasa memojokkan pasangan hanya akan membuat pembicaraan menjadi tidak sehat karena rasa emosi yang dipicu oleh perkataanmu. Kekesalan yang kamu pendam pun berisiko tidak terselesaikan yang akhirnya berdampak pada hubunganmu ke depan. 

Hargai Sudut Pandang dari Pasangan 

Jangan berfokus pada diri sendiri, tetap hargai sudut pandang milik pasangan
Hargai ruang berekpresi milik pasangan dan dengarkan perasaannya/Foto:Freepik.com/Dragen_zigiz


Membicarakan kesalahan yang memicu perasaan cemburu tentu bisa sangat sensitif untuk dikemukakan. Dapat dimengerti bahwa pasangan mungkin akan merasa sedikit bingung bahkan kesal atas hal tersebut. 

Saat kamu mengkritik pasangan, tetap berikan ruang bicara pada pasangan. Ingat, pasangan juga memiliki perasaan yang mungkin saja ditutupi sehingga kamu dapat salah ketika mengartikannya. Dengan begitu, konflik dapat cepat terselesaikan karena keberhasilan memahami satu sama lainnya.

Berikan Waktu untuk Pasangan 

Setelah mengungkapkan kecemburuan, berikan waktu pada pasangan untuk mencerna hal tersebut
Jangan memaksa respon pasangan dan berikan waktu setelahnya/Foto:Freepiik.com/Gpointstudio


Percakapan dengan pasangan tentang kecemburuan terkadang menciptakan ketidaknyaman setelahnya. Wajar, meluapkan emosi yang sangat kuat menciptakan kesan yang berbeda bagi kamu dan pasangan. 

Menghilangkan perasaan cemburu terlebih bila sampai berlebihan tentunya membutuhkan waktu, begitu juga dengan pasanganmu untuk memahami serta memperbaiki perilaku yang membuat kamu terganggu.

Berilah waktu untuk kamu dan pasangan saling memahami diri masing-masing agar kemudian didapatkan jalan keluar yang paling tepat. 

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id