sign up SIGN UP

5 Film Seru Bertema 'First Love' dari Berbagai Negara di Asia, Ada Film Fenomenal dari Indonesia

Verticallya Yuri S.E Pratiwi | Beautynesia
Rabu, 25 Aug 2021 16:30 WIB
5 Film Seru Bertema 'First Love' dari Berbagai Negara di Asia, Ada Film Fenomenal dari Indonesia
caption

Cinta pertama atau first love selalu memiliki tempat tersendiri yang khusus bagi banyak orang. Beragam cerita yang ditulis dalam sebuah buku, tayang dalam sebuah film, atau mungkin hanya menjadi cerita dari mulut ke mulut, selalu membekas dengan sajian cinta pertama yang terkesan murni dan polos.

Berbagai karya fenomenal cinta pertama dalam film serta buku, kerap jadi lahapan penikmatnya dan berhasil meraup popularitas sekaligus mencuri hati banyak orang dengan kisahnya yang membekas.

Karya-karya fenomenal dari kisah cinta pertama juga dimiliki oleh banyak negara Asia loh. Seperti berikut ini, beragam film bertema cinta pertama dari berbagai negara di Asia. Simak yuk, Beauties!

1. Love Letter – Japan

Movie Poster
Love Letter Movie Poster/Pinterest by avirtualvoyage.net

Film ini diawali dengan tunangan Hiroko Watanabe Itsuki yang meninggal dua tahun sebelumnya dalam kecelakaan pendakian gunung. Sambil melihat-lihat buku tahunan sekolah menengahnya, Hiroko dalam kesedihan memutuskan untuk menulis surat kepadanya menggunakan alamat sekolah lamanya.

Anehnya dia menerima balasan, bukan dari Itsuki yang sudah meninggal, tetapi dari seorang perempuan dengan nama yang sama yang telah mengenal tunangan Hiroko di sekolah. Sebuah hubungan berkembang antara dua wanita saat mereka terus bertukar surat dan berbagi kenangan tentang Itsuki yang sudah meninggal.

Surat-surat yang saling menghubungkan antara kedua perempuan tersebut dengan satu lelaki yang sama, dan bagaimana kisah sebuah cinta pertama mulai terkuak dan membuat penonton berlinang air mata.

Meski film lama yang dirilis tahun 1995 silam, tapi esensi film ini tak pernah terasa kuno dan tetap bisa kamu nikmati. Kamu akan merasakan sebuah kehangatan yang sulit dirasakan di film-film dewasa ini.

2. You Are The Apple Of My Eyes – Taiwan

Movie Poster
You Are The Apple of My Eyes Movie Poster/Pinterest by impawards

Dirilis pada 2011, film ini mengambil latar pada akhir tahun 1990-an di Taiwan. Mengisahkan masa remaja yang penuh liku bersama sahabat dan sang pujaan hati, dalam film ini ada remaja lelaki bernama Ko-Teng yang beberapa teman dekatnya naksir Shen Chia-Yi. Teman-teman Ko itu pindah serempak dari SMP Ching Cheng langsung ke divisi SMA untuk mengejarnya.

Kerap berbuat nakal di sekolah, Ko diperintahkan oleh guru wali kelas mereka untuk duduk di depan siswa teladan Shen agar dia terus mengawasinya. Keduanya tidak cocok pada awalnya tetapi Ko secara bertahap jatuh cinta pada Shen, yang selalu menekannya untuk belajar keras. Di sisi lain, Shen menjadi terkesan dengan nilai-nilai kontras yang diwakili Ko. Ko mulai mengejar Shen tetapi Shen tetap ragu.

Akhir dari kisah ini, akan membuatmu merindukan masa-masa remaja bersama teman-teman dan berlinang air mata karena nyatanya hidup memang tak selalu sesuai keinginan. Kisah Ko Teng dan Shen Chia Yi yang membuat cinta pertama menjadi lebih indah namun juga menyakitkan di saat yang bersamaan.

3. The Classic – Korea Selatan

Movie Poster
The Classic/Movie Poster

Dibintangi Cho Seung Woo bersama Son Yejin serta Jo In Sung, kisah film ini tentang cinta pertama yang murni dari dua orang remaja di tahun 1960-an serta cerita cinta lain di masa awal abad 21.

Seorang mahasiswa bernama Ji-hae yang telah tinggal sendirian dengan ibunya sejak kecil dan ayahnya sendiri telah lama meninggal. Ibunya sekarang ada di luar negeri. Ingin menghilangkan kesendiriannya, Ji-hae mulai membersihkan loteng. Di sana Ji-hae menemukan sebuah kotak rahasia, di mana ibunya menyimpan memorabilia kisah cinta pertamanya beberapa dekade yang lalu.

Film ini akan memiliki latar flashback di tahun 1968 serta di tahun 2003 saat film dirilis. Cerita cinta pertama dari Ibu Ji-hae yang dibaca Ji-hae melalui surat-surat yang ia temukan, akan terhubung dengan bagaimana kisah cinta Ji-hae sendiri.

Kisah cinta pertama di masa lampau yang menyentuh ini dieksekusi sangat apik dan akan membuatmu tersentuh. The Classic merupakan salah satu perwakilan kisah cinta pertama di Korea Selatan, serta melodrama film yang masih menjadi legenda sampai sekarang.

4. A Little Thing Called Love/First Love – Thailand

Movie Poster
A Little Thing Called Love/Movie Poster

Kali ini dari Thailand, sebuah kisah romansa para remaja antara Nam gadis 14 tahun biasa yang tidak menarik atau dalam istilah sederhana sering disebut jelek. Tapi dia diam-diam jatuh cinta dengan pria yang lebih tua di kelas 10 bernama Chon, siswa paling populer di sekolah menengah.

Dia seksi, sempurna, dan murah hati, dan itulah yang membuat para gadis tergila-gila padanya, termasuk Nam juga. Tidak mudah menyerah, Nam mencoba melakukan segalanya untuk membuatnya diperhatikan oleh lelaki yang dicintainya, dengan harapan dia berbalik untuk melihatnya sekali lagi.

Film ini rilis di tahun 2010 dan telah banyak membuat para remaja jatuh cinta dengan sosok Chon. Saking suksesnya, film ini pun telah dibuat dalam bentuk series loh!

5. Ada Apa dengan Cinta – Indonesia

Movie Poster
Ada Apa dengan Cinta? Movie Poster/Pinterest by filmindonesia.or.id

Indonesia juga punya kisah tentang cinta pertama di masa muda yang tak kalah melegenda di dalam negeri. Ada Apa dengan Cinta, merupakan film yang dirilis pada tahun 2002 silam dan bahkan telah memiliki musim ke dua dari ceritanya di tahun 2014.

Cinta yang merupakan langganan juara lomba puisi di sekolahnya tiba-tiba harus mewawancarai Rangga,yang tak disangka menjadi pemenang lomba puisi tahun itu. Karena Cinta dan teman-temannya adalah pengurus mading sekolah, ia pun harus mewawancarai Rangga.

Tetapi karena Rangga pendiam, dingin, dan penyindiri, Cinta mengalami kesulitan tersendiri. Kisah pun dimulai dengan beragam pelik yang mewarnai kisah Cinta dan Rangga.

Sebagai salah satu film tersukses di masanya bahkan sampai sekarang, Ada Apa dengan Cinta menjadi film yang selalu jadi kenangan dari sebuah kisah masa muda yang dirindukan.

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id