sign up SIGN UP

5 Hak Seorang Ibu yang Harus Dipenuhi oleh Keluarga di Rumah, Kamu Sudah Tahu?

Cynthia Claudia | Beautynesia
Rabu, 15 Dec 2021 06:15 WIB
5 Hak Seorang Ibu yang Harus Dipenuhi oleh Keluarga di Rumah, Kamu Sudah Tahu?
caption

Seluruh anggota keluarga, termasuk seorang ibu juga memiliki hak dan kewajiban yang harus dipenuhi. Hak yang diberikan kepada seorang ibu pada umumnya merupakan hasil kesepakatan dengan suaminya. 

Apa saja ya hak-hak yang harus diberikan kepada seorang ibu pada umumnya? Kenali 5 hak seorang ibu yang wajib dipenuhi keluarganya, berikut ini.

1. Hak Mendapatkan atau Mencari Nafkah Sendiri 

Ibu
Ibu/ Foto: pexels.com/ burst

Sebagai seorang istri yang sudah berkeluarga sekaligus seorang ibu, kalian berhak mendapatkan nafkah dari suaminya sebagai pasangannya. Selain menerima nafkah, jika kalian memiliki keinginan untuk mencari nafkah sendiri, maka kalian juga wajib diberi kebebasan untuk melakukannya. 

Ingat bahwa aktivitas mencari nafkahnya tidak boleh mengganggu kewajiban kalian sebagai seorang istri sekaligus seorang ibu. Beauties bisa mulai membuka bisnis kecil-kecilan yang bisa dilakukan dari rumah, contohnya menjual makanan ringan atau minuman. 

2. Hak Dihormati Suami dan Anak-anaknya 

Ibu
Ibu/ Foto: pexels.com

Hak seorang ibu yang kedua adalah diperlakukan dengan baik oleh suaminya dan anak-anaknya. Sebagai seorang ibu harus diperlakukan dengan sopan, didengarkan pendapatnya, dan diperbolehkan menyuarakan kritik dan saran untuk meningkatkan keharmonisan keluarga. 

3. Hak untuk Mendapatkan Perlindungan dan Pertolongan 

Ibu
Ibu/ Foto: pexels.com

Seorang ibu jika menerima ancaman berhak mendapatkan perlindungan dari keluarga. Perlindungan ini diberikan dalam bentuk mental ataupun fisik dari keluarga, sehingga ibu merasa aman di dalam lindungan keluarganya. 

Selain itu, seorang ibu juga berhak mendapatkan pertolongan ketika membutuhkan. Misalnya, ketika mereka menjalankan tugas ibu rumah tangganya sehari-hari ataupun ketika sedang sakit.

4. Hak Mendapatkan Kasih Sayang dari Suami dan Anak-anaknya 

Ibu
Ibu/ Foto: pexels.com

Selanjutnya, hak seorang ibu dalam keluarga adalah mendapatkan kasih sayang dari suami dan anak-anaknya. Kasih sayang ini diberikan dalam bentuk ucapan lisan atau perbuatan. 

5. Hak Mendampingi Suaminya Sebagai Seorang Ayah

Ibu
Ibu/ Foto: pexels.com/ agung pandit

Hak seorang ibu yang terakhir adalah kalian berhak berperan sebagai pendamping atau mewakili suami dalam berbagai urusan keluarga. Contohnya, kalian berhak diberikan hak untuk mengambil keputusan terkait keuangan keluarga. Keputusan yang dilakukan harus dihargai sang suami. 

[Gambas:Youtube]

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id