sign up SIGN UP

5 Jenis Tanaman yang Mampu Mengusir Udara Berbahaya di Dalam Ruangan

ira syafira | Beautynesia
Minggu, 09 May 2021 11:30 WIB
5 Jenis Tanaman yang Mampu Mengusir Udara Berbahaya di Dalam Ruangan
caption
Jakarta -

Kamu pasti pernah berpikir bahwa kondisi udara di dalam rumah akan jauh lebih bersih dibanding udara di luar rumah yang dipenuhi dengan campuran debu serta asap knalpot kendaraan.

Akan tetapi, ternyata hal tersebut tidak sepenuhnya benar, lho. Sebab, udara di dalam rumah bisa jauh lebih kotor dan berbahaya dari yang kamu kira. Kamu perlu mengetahui bahwa, udara di dalam rumah bisa saja mengandung racun, debu, dan polusi dari alat-alat rumah tangga, asap rokok, alat elektronik, serta lain sebagainya. Oleh karena itu, kamu perlu meletakkan tanaman khusus dalam rumahmu yang berguna untuk membersihkan udara dalam ruangan, serta menyingkirkan berbagai unsur berbahaya dalam rumah.

Berikut ada beberapa daftar tanaman yang bisa kamu letakkan di rumah untuk membantu mengusir udara berbahaya dalam ruangan. Yuk, kita simak bersama!

Lidah Mertua

foto: Lidah Mertua/freepik.com
foto: Lidah Mertua/freepik.com

Lidah mertua atau sansiviera mempunyai kemampuan untuk menyerap zat racun berbahaya yang ada di dalam rumah atau ruangan, seperti formaldehida ataupun formalin. Dimana biasanya racun tersebut tersembunyi pada pernis perabot kayu maupun plastik.

Selain itu, lidah mertua juga dapat menambah kadar oksigen dalam ruangan dengan cara mengubah karbondioksida menjadi oksigen. Oleh sebab itu, lidah mertua tentu cocok sekali ditanam atau diletakkan di ruang tamu atau tempat tidur agar tidur malammu terasa lebih nyenyak dengan udara yang menyegarkan.

Peace Lily

foto: Peace Lily/thespruce.com
foto: Peace Lily/thespruce.com

Peace Lily dipilih sebagai tanaman hias terbaik yang mampu membuat udara menjadi bersih, oleh NASA. Peace Lily menghasilkan banyak air dari akar ke daun, yang kemudian dilepaskan kelembapannya Kembali ke udara dalam ruangan.

Peace Lily akan menyerap polutan berbahaya seperti amoniak, formaldehida, benzene, tricholoroethylene, hingga xylene yang berbahaya bagi Kesehatan jika terhirup terlalu sering. Meskipun manfaatnya besar, Peace Lily ini beracun bagi hewan seperti kucing dan anjing, serta berbahaya juga untuk anak-anak. Sehingga sebisa mungkin letakkan pada tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan anda.

Bunga Krisan

foto: Bunga Krisan/id.pinterest.com
foto: Bunga Krisan/id.pinterest.com

Selain memiliki penampilan yang cantik dan warna beragam, ternyata bunga krisan mampu membersihkan semua jenis polutan udara berbahaya di dalam ruangan.

Bunga krisan termasuk salah satu tanaman yang memerlukan asupan sinar matahari yang cukup atau sedang, sehingga harus diletakkan seperti di dekat jendela. Bunga krisan yang mekar hanya akan bertahan selama enam minggu. Setelahnya, kamu harus menyuburkan tanahnya lagi hingga bunga tersebut mekar Kembali.

Karena tanpa mekarnya bunga, proses pembersihan udara tidaklah berarti. Proses pembersihan udara polutan yang dilakukan oleh bunga krisan sangat bergantung pada bunganya.

Palem Bambu

foto: Palem Bambu/id.pinterest.com/Garden Lovers Club
foto: Palem Bambu/id.pinterest.com/Garden Lovers Club

Tanaman satu ini pasti sering sekali kamu temui di pekarangan rumah, ia masuk dalam keluarga tanaman hias arecaceae atau pinang-pinangan. Palem bambu adalah tanaman yang menyukai matahari cerah namun tidak secara langsung dan akan tumbuh subur pada area yang lembap.

Memelihara palem bambu menjadi pilihan paling aman jika kamu memiliki binatang, sehingga tempat peletakkannya pun bisa di mana saja baik di luar maupun di dalam rumah. Tanaman ini mampu menghilangkan zat polutan semacam benzene, karbon monoksida, formaldehida, xylene, dan lainnya.

Namun, palem bambu ini memerlukan perhatian yang agak lebih, karena pemupukan tanaman ini dilakukan setiap bulan dan penyiramannya harus dilakukan dengan intensitas kecil yang teratur.

Aglaonema

foto: Aglaonema/plants.com
foto: Aglaonema/plants.com

Aglaonema atau yang dikenal dengan bahasa Indonesia sebagai sri rejeki ini cukup populer di kalangan pecinta tanaman hias. Varietas tanaman ini cukup beragam, masing-masing varietas memiliki ciri khas berbeda-beda.

Tanaman ini menjadi primadona karena perawatannya yang cukup mudah dan daya tahannya tergolong baik. Aglaonema dapat tumbuh dalam ruangan dengan kondisi cahaya rendah dan udara yang lembap sekalipun. Fungsi tanaman ini adalah untuk menghilangkan polutan seperti karbon monoksida, formalin, benzene, formaldehida, dan trikloroetin.

Untuk perawatannya kamu cukup menyiram tanaman ini satu minggu sekali, mudah sekali bukan?

Itulah beberapa tanaman yang bisa kamu pelihara di dalam ruangan untuk membuat ruanganmu terasa lebih nyaman dan mendapatkan udara yang berkualitas.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id