sign up SIGN UP

5 Karakter Perempuan di Film Disney yang Bisa Menginspirasi Kamu Berani Mengejar Impian

Nur Amalina Izzati | Beautynesia
Sabtu, 30 Jul 2022 17:00 WIB
5 Karakter Perempuan di Film Disney yang Bisa Menginspirasi Kamu Berani Mengejar Impian
caption

Beauties, jika kamu mendengar kata princess, pasti yang terlintas di pikiran yaitu hidup bahagia dan menikah dengan pangeran tampan, kan? Eits, nggak semua kisah princess berakhir seperti itu, lho.

Pasalnya, hal itu sama seperti kisah princess di film Disney yang nggak melulu berakhir bahagia dengan pangeran. Disney juga merepresentasikan tokoh princess yang berkarakter tangguh dan berjuang demi meraih impian dan hidup sesuai keinginan mereka.

Nah, siapa saja, sih, princess di film Disney yang bisa menginspirasi kamu dalam berjuang meraih impian? Yuk simak, Beauties!

Ariel (The Little Mermaid, 1989)

Ariel/Foto: youtube.com/Disney Princess
Ariel/Foto: youtube.com/Disney Princess

Ariel adalah putri duyung, sekaligus anak dari raja Triton, sang penguasa lautan. Kisah Ariel yang ingin hidup menjadi seorang manusia dan menikah bersama pujaan hatinya sejatinya penuh perjuangan. Ariel harus rela kehilangan suara merdunya untuk mengubah siripnya menjadi kaki setelah melakukan perjanjian dengan Ursula si penyihir.

Pesan dari kisah Ariel yang dapat dipetik yaitu semua pengorbanan jika dilandasi dengan sebuah keyakinan yang kuat, maka hasil yang didapat tidak akan sia-sia.

Mulan (Mulan, 1998)

Mulan/Foto: youtube.com/Disney
Mulan/Foto: youtube.com/Disney

Mulan adalah tokoh princess Disney pertama yang berasal dari Asia Timur dan bukan dari kalangan bangsawan. Kisah Mulan ini melambangkan bentuk emansipasi perempuan. Hal itu terlihat dari keputusan dan keberanian Mulan menggantikan ayahnya untuk mengikuti latihan militer dan ikut berperang.

Meski secara fisik jauh berbeda dengan prajurit pria lainnya, Mulan sangat gesit serta memiliki semangat juang tinggi. Tak heran, ia menjadi satu-satunya prajurit perempuan yang menjadi pahlawan untuk melindungi negerinya.

Tiana (The Princess dan The Frog, 2009)

Tiana/Foto: youtube.com/Disney Princess
Tiana/Foto: youtube.com/Disney Princess

Tiana merupakan tokoh dalam princess Disney keturunan Afrika-Amerika yang terlahir dari keluarga sederhana. Meski kondisi yang terbatas, Tiana selalu bersemangat dan bekerja keras. Tak heran, ia sukses mendirikan sebuah restoran impiannya dan menikah dengan pangeran yang awalnya dikutuk menjadi katak.

Semangat juang Tiana sangat patut untuk dicontoh. Karena setinggi apapun impian akan mudah untuk dicapai, jika terus belajar dan berusaha keras menjalani semuanya dengan tulus.

Merida (Brave, 2012)

Merida/Foto: youtube.com/Disney Princess
Merida/Foto: youtube.com/Disney Princess

Merida adalah karakter di film Disney yang memiliki penampilan jauh dari kata anggun. Ia digambarkan dengan rambut ikal berwarna oranye, ahli berkuda, dan memanah. Kepribadiannya yang menonjol adalah berjiwa bebas.

Merida sangat berani mengungkapkan pendapat dan memilih untuk menentukan nasibnya sendiri. Hal itu terbukti bahwa Merida tidak mau dikekang oleh aturan dan menolak untuk dijodohkan, karena ia ingin menjalani hidup menjadi dirinya sendiri.

Moana (Moana, 2016)

Moana/Foto: youtube.com/Disney Princess
Moana/Foto: youtube.com/Disney Princess

Moana adalah gadis yang berjiwa petualang, berpendirian kuat, dan mempunyai ketertarikan dengan lautan. Sebagai calon pemimpin suku di pulau Motonui, ia memutuskan untuk pergi mengarungi lautan demi mengatasi permasalahan yang menimpa sukunya.

Berkat kegigihannya menghadapi berbagai rintangan, Moana berhasil membuka kembali jalan bagi sukunya untuk kembali menjadi penjelajah. Moana membuktikan bahwa dirinya mampu menjalankan perannya dengan baik sebagai pemimpin suku dan membuat bangga keluarganya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id