STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

5 Kiat Menikmati Kesendirian Tanpa Merasa Kesepian

Budi Rahmah Panjaitan | Beautynesia
Rabu, 25 Jan 2023 04:30 WIB
5 Kiat Menikmati Kesendirian Tanpa Merasa Kesepian

Secara kasat mata, kesendirian identik dengan kesepian. Ya, tiadanya kehadiran orang lain secara fisik di samping kita seringkali dipandang sebagai momen yang bisa mendatangkan rasa kesepian.

Namun, dalam lika-liku kehidupan, mau tidak mau, sengaja atau tidak, kita bisa saja menghadapi momen kesendirian. Yaitu hanya ada diri sendiri di suatu tempat yang kemudian membawamu bergelut dengan pemikiran sendiri.

Ini adalah momentum yang seharusnya bisa dipandang positif. Mengapa? Karena menjadi saat yang pas untuk berdialog dengan diri, memahami diri dan lebih merasakan kedamaian. Meski demikian, sebagai manusia bisa, terkadang rasa kesepian itu datang mendera di kala sendirian. Nah, agar ini bisa diminimalisir, dikutip dari laman Mellowed, beberapa kiat berikut bisa diterapkan.

1. Menemukan Persahabatan dalam Hobi

Ilustrasi menyalurkan hobi/ Foto: Freepik.com/jcomp
Ilustrasi menyalurkan hobi/ Foto: Freepik.com/jcomp

Apakah kamu seseorang yang hobi menulis, melukis, merajut, memasak, ataupun yang lainnya? Masing-masing dari Beauties tentu memiliki minat tersendiri di bidang tertentu. Sendirian adalah kesempatan besar untuk berkecimpung dan menikmati lebih dalam hobi ini.

Cobalah menginvestasikan waktu dengan penuh perhatian untuk melakukan hobi ini. Yakinlah bahwa ini dapat mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan mental kamu, Beauties. Melakukan hobi dengan penuh fokus dapat mengurangi rasa kecemasan dan membuat otak tetap berenergi. Kamu pun bisa merasa lebih bahagia.

2. Bermeditasi

Ilustrasi bermeditasi/ Foto: Freepik.com/jcomp
Ilustrasi bermeditasi/ Foto: Freepik.com/jcomp

Kegiatan yang satu ini tampaknya cukup populer belakangan ini. Meditasi banyak direkomendasikan dan dianggap sebagai kegiatan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mental.

Dengan meditasi, kamu menjadi lebih fokus pada pernapasan dan ini dapat membantu mengurangi perasaan putus asa dan khawatir. Ingatlah Beauties bahwa kesepian itu adalah perasaan yang bisa dikendalikan. Salah satu cara terbaik mengendalikannya adalah dengan bermeditasi.

3. Membuat Rencana

Ilustrasi menulis rencana/ Foto: Freepik.com/pressfoto
Ilustrasi menulis rencana/ Foto: Freepik.com/pressfoto

Ketika sendirian, cobalah duduk dengan pena dan kertas. Kemudian, rancanglah rencana yang ingin dilakukan. Konteks rencana dalam hal ini tidak melulu tentang hal besar untuk mencapai kesuksesan, melainkan bisa berbentuk rencana kecil sederhana seperti memulai penghematan uang, mencari keahlian baru dengan mengikuti kelas, dan lainnya.

Semua rencana yang dituangkan di atas kertas akan membuat perasaan menjadi lebih lega. Kamu pun merasa waktu sendiri menjadi lebih berarti karena setidaknya ada sesuatu yang dihasilkan di atas kertas.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE