sign up SIGN UP

Buat yang Baru Mau Coba, Begini Cara Meditasi yang Disarankan

Deviena Nur Fadillah | Beautynesia
Senin, 19 Sep 2022 20:30 WIB
Buat yang Baru Mau Coba, Begini Cara Meditasi yang Disarankan
Meditasi/Freepik/lifeforstock

Meditasi dipercaya punya banyak manfaat. Kamu juga sebaiknya mencoba agar bisa merasakan sederet kebaikan tersebut. Memang apa saja sih manfaatnya?

Merangkum dari Healthline, di antaranya dapat mengurangi stres, mengurangi kecemasan (anxiety), menjaga kesehatan mental karena akan membantumu mengurangi pikiran negatif, meningkatkan kesadaran diri, meningkatkan kualitas tidur, hingga dapat menurunkan tekanan darah. Wah, banyak juga ya, Beauties?

Cara Meditasi Buat Pemula

Ilustrasi meditasi bersama anak./Foto: Freepik/jcomp
Ilustrasi meditasi bersama anak./Foto: Freepik/jcomp

Perlu kamu tahu, meditasi bisa dilakukan siapa dan kapan saja. Masih dikutip dari Healthline, kamu bahkan nggak perlu harus ikut keanggotaan tertentu dulu untuk bisa bermeditasi. Pasalnya bisa dilakukan sendiri di rumah. Oh ya, juga nggak diperlukan alat penunjang tertentu pula. Yang kamu butuhkan hanya beberapa waktu ke depan.

Tiga langkah mudah buat kamu yang ingin mulai meditasi yang perlu diperhatikan sebagai berikut:

1. Temukanlah tempat yang tenang. Kemudian atur posisi, boleh duduk maupun rebahan di kasur. Pilih yang paling nyaman bagimu.
2. Pejamkan mata, bernapaslah perlahan. Lalu lanjutkan dengan ambil, tahan, dan buang napas, kali ini lebih dalam. Kamu bisa juga menghitung masing-masing 5 detik misalnya.
3. Arahkan fokusmu pada napas. Bila ada pikiran yang tiba-tiba muncul, bisa kamu abaikan sejenak dan kembali fokus pada pernapasan.

meditasi adalah cara healing pikiran terbaikmeditasi/foto: pexels.com/prasanth-inturi

Saat kamu mencoba meditasi sebelum tidur, mulailah selama 3-5 menit, Beauties. Seiring berjalannya waktu, tambah jadi 15-20 menit.

Beauties, meski kelihatannya mudah, tapi bisa juga sulit saat dipraktikkan pertama kali. Memang membutuhkan waktu untuk bisa benar-benar fokus pada napas, karena mungkin banyak pikiranmu yang bisa muncul.

Karenanya mengutip Insider, kamu perlu bersabar, konsisten, dan berbaik hati dengan diri sendiri. Sebagai tips tambahan, kamu bisa menetapkan jadwal setiap harinya and stick with that.

Meski tidak mudah awalnya, nanti kamu juga lama-lama biasa dan bisa lebih mudah untuk bermeditasi. Siap mencoba praktikkan malam ini, Beauties?

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id