5 Kiat Sukses di Dunia Kerja untuk Si Introvert, Salah Satunya Berani Unjuk Diri dalam Rapat!

Dwi Lindah Permatasari | Beautynesia
Jumat, 12 May 2023 12:00 WIB
5 Kiat Sukses di Dunia Kerja untuk Si Introvert, Salah Satunya Berani Unjuk Diri dalam Rapat!/Foto: Freepik/benzoix

Seorang introvert terkadang menyalahkan diri sendiri karena tidak cukup mampu bersosialisasi di lingkungan kerja. Tak bisa dipungkiri, sebagian orang juga cenderung lebih fokus berbicara dengan orang-orang ekstrovert sehingga nyali si introvert semakin mengecil.

Tanpa kamu sadari, hal ini bisa menjadi masalah apabila kamu tidak mencoba untuk keluar dari zona nyaman. Simak 5 kiat sukses di dunia kerja untuk si introvert agar lebih bersinar, dirangkum dari Inc.

1. Berikan Satu Kontribusi dalam Pertemuan

Kamu mungkin diam-diam sering merasa iri pada kepercayaan diri rekan kerjamu yang selalu mempunyai nyali untuk mengungkapkan apapun yang ada di pikirannya, bahkan ketika hal tersebut tidak relevan dengan pekerjaanmu. Padahal, kamu juga ingin menyampaikan beberapa hal namun tidak mampu mengungkapkannya.

Mulai sekarang, kamu harus percaya pada ide-ide kamu dan berkomitmen untuk memberikan setidaknya satu kontribusi di setiap pertemuan. Tidak semua hal harus kamu tanggapi namun hal ini bisa mempermudah kamu menawarkan ide di pertemuan selanjutnya.

2. Mulailah Obrolan Ringan di Kantor


Memulai obrolan dengan rekan kerja/Foto: Unsplash/Mimi Thian

Seorang introvert sering merasa canggung dalam momen obrolan singkat dengan rekan kerja yang sudah dikenal selama berbulan-bulan. Kamu bisa memulai untuk mengenal rekan kerja dengan menanyakan kabar hingga berbicara seputar minat mereka. Kamu tidak harus menjadi teman dekat dengan rekan kerjamu, namun setidaknya kamu sudah mengenal kepribadian mereka agar lebih mudah berkomunikasi selanjutnya.

(naq/naq)