BILLBOARD
970x250

5 Negara dengan Tingkat KDRT Paling Tinggi di Dunia, Mirisnya Sampai Dianggap Wajar!

Riswinanti Pawestri Permatasari | Beautynesia
Selasa, 18 Oct 2022 20:00 WIB
5 Negara dengan Tingkat KDRT Paling Tinggi di Dunia, Mirisnya Sampai Dianggap Wajar!

Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) hingga saat ini masih menjadi masalah besar di berbagai negara dunia. Walaupun perjuangan hak asasi manusia terus digaungkan, namun laporan kasus masih terus muncul, terutama menimpa perempuan dan anak-anak. Mirisnya, banyak di antaranya yang berakhir dengan kematian.

Sejumlah negara dilaporkan memiliki tingkat kekerasan paling tinggi dari tahun ke tahun, dengan berbagai bentuk pelanggaran hak asasi manusia, mulai dari perbudakan rumah tangga hingga kekerasan seksual. Dilansir dari Mail&Guardian, berikut ini adalah negara dengan tingkat KDRT paling tinggi menurut data terakhir pada tahun 2021.

1. Afghanistan

Afghanistan/Foto: Pixabay.com/Amber Clay
Afghanistan/Foto: Pixabay.com/Amber Clay

Pada tahun 2019, Komisi Hak Asasi Manusia Independen Afghanistan mengungkapkan adanya .4700 kasus kekerasan pada perempuan, dengan 238 kasus berakhir dengan pembunuhan. Menurut data WHO, 90 persen perempuan di Afghanistan pernah mengalami setidaknya satu bentuk KDRT, di mana 17 persen di antaranya mengalami kekerasan seksual dan 52 persen mengalami penyiksaan fisik.

Sementara menurut data UN Women, 51 persen perempuan yang pernah menjalani hubungan, dengan rentang usia 15-49 tahun, juga dilaporkan pernah mengalami kekerasan dari pasangannya sendiri. Sementara perempuan Afghanistan dengan rentang usia 20-24 tahun yang pernah berpasangan juga diketahui pernah mengalami kekerasan.

2. Argentina

Menurut data PBB, hampir 27 persen perempuan berusia 18-69 tahun pernah mengalami kekerasan, setidaknya satu kali, dari pasangannya sendiri. Bahkan berdasarkan data Statista Figures tahun 2020, 298 perempuan terbunuh, dengan hampir separuhnya mati di tangan pasangannya sendiri. Jika dirata-rata, di negara ini satu perempuan terbunuh setiap 32 jam.

3. Brazil

jenis-Jenis KDRT yang Pelru Diketahui Sebelum Menikah/Foto: Pexels/Karolina GrabowskaIlustrasi KDRT/Foto: Pexels/Karolina Grabowska

Menurut data Brazilian Public Security Forum (BPSF) tahun 2019, ada 1.326 pembunuhan terhadap perempuan pada tahun tersebut, dan sebagian besar dilakukan oleh pasangannya atau mantan pasangan. Tragisnya, 66 persen korban adalah perempuan berkulit hitam. Sementara itu, menurut data PBB, 16 persen perempuan berusia minimal 16 tahun yang pernah menjalani hubungan juga mengaku pernah mengalami kekerasan seksual dari pasangan.

4. Perancis

Kasus kekerasan seksual yang kian marak, perlu menjadi perhatian semua pihakIlustrasi/Foto: Freepik

Data PBB menyebutkan bahwa 26 persen perempuan berusia 18-74 tahun pernah mengalami kekerasan seksual atau fisik oleh pasangan, setidaknya satu kali dalam hidup mereka. Perancis sendiri juga dikenal sebagai negara tertinggi di Eropa Barat yang memiliki kasus pembunuhan terkait KDRT. Pada tahun 2019, 149 perempuan terbunuh oleh KDRT. Ditambah lagi, kasus kekerasan seksual juga cenderung tinggi.

5. Italia

Menurut data PBB, 19 persen perempuan berusia 18-74 tahun dilaporkan pernah menjadi korban KDRT setidaknya sekali di Italia. Pada tahun 2019, sebanyak 111 perempuan dibunuh oleh pasangannya sendiri, mantan pasangan, atau anggota keluarga.

Itulah beberapa negara yang dilaporkan memiliki tingkat KDRT cukup tinggi di seluruh dunia. Selain negara di atas, sejumlah wilayah seperti Jepang, Kenya, Lebanon, dan beberapa lainnya juga cukup mengkhawatirkan. Parahnya, sebagian besar perempuan justru tidak mampu melawan karena kekerasan telah dianggap lumrah.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE