Saat ini, baik hard skill maupun soft skill keduanya sangatlah penting. Kalau hard skill mungkin bisa membawa kita mendapatkan pekerjaan, sementara soft skill bisa membantu kita mempercepat jalur karier kita.
Masih bingung soft skills apa saja yang perlu kita kuasai? Let's find out!
Resolusi Konflik
Resolusi konflik dalam dunia kerja/Foto: Freepik/yanalya |
Sudah bukan rahasia lagi kalau komunikasi adalah salah satu soft skills yang perlu kita kuasai. Tidak hanya itu, ada beberapa hal lain yang juga sangat perlu kita kuasai, salah satunya adalah resolusi konflik.
Kita mengetahui kalau timbulnya konflik dalam pekerjaan tidak bisa kita hindari, dengan menguasai hal ini menjadi poin positif, lho, Beauties! Melansir dari GCF Global berikut tahapan resolusi konflik; mengidentifikasi konflik, menghadapi konflik, mengonfrontasi konflik, dan menyelesaikan konflik.
Negosiasi
Skill negosiasi dibutuhkan dalam dunia kerja/Foto: Freepik/tirachardz |
Mengutip dari Leaderonomics, memiliki kemampuan negosiasi bisa mendapatkan banyak manfaat, di antaranya menumbuhkan rasa percaya diri, memungkinkan kita memaksimalkan "nilai" diri, mencegah masalah, membangun rasa hormat, dan meningkatkan reputasi.
Persuasif
Melatih diri untuk menjadi seseorang yang bisa mempersuasi orang lain/Foto: Freepik/kroshka__nastya |
Pernah nggak, sih, Beauties bertanya-tanya saat melihat orang yang pandai mengajak orang lain melakukan sesuatu? Misalnya ajakan untuk ikut terlibat dalam donasi? Nah, sikap persuasif ini juga penting, lho, dalam dunia pekerjaan. Menurut Indeed, memiliki kemampuan persuasif bisa membantu membangun hubungan baik dengan orang lain, meningkatkan keberhasilan dalam negosiasi.
Bahkan dalam Workingna.com disebutkan bahwa kemampuan persuasi ini menjadi jaminan dalam kemajuan karier kita.