5 Soft Skills yang Perlu Beauties Kuasai, Biar Bisa Mendukung Kariermu!
Saat ini, baik hard skill maupun soft skill keduanya sangatlah penting. Kalau hard skill mungkin bisa membawa kita mendapatkan pekerjaan, sementara soft skill bisa membantu kita mempercepat jalur karier kita.
Masih bingung soft skills apa saja yang perlu kita kuasai? Let's find out!
Resolusi Konflik
![]() Resolusi konflik dalam dunia kerja/Foto: Freepik/yanalya |
Sudah bukan rahasia lagi kalau komunikasi adalah salah satu soft skills yang perlu kita kuasai. Tidak hanya itu, ada beberapa hal lain yang juga sangat perlu kita kuasai, salah satunya adalah resolusi konflik.
Kita mengetahui kalau timbulnya konflik dalam pekerjaan tidak bisa kita hindari, dengan menguasai hal ini menjadi poin positif, lho, Beauties! Melansir dari GCF Global berikut tahapan resolusi konflik; mengidentifikasi konflik, menghadapi konflik, mengonfrontasi konflik, dan menyelesaikan konflik.
Negosiasi
![]() Skill negosiasi dibutuhkan dalam dunia kerja/Foto: Freepik/tirachardz |
Mengutip dari Leaderonomics, memiliki kemampuan negosiasi bisa mendapatkan banyak manfaat, di antaranya menumbuhkan rasa percaya diri, memungkinkan kita memaksimalkan "nilai" diri, mencegah masalah, membangun rasa hormat, dan meningkatkan reputasi.
Persuasif
![]() Melatih diri untuk menjadi seseorang yang bisa mempersuasi orang lain/Foto: Freepik/kroshka__nastya |
Pernah nggak, sih, Beauties bertanya-tanya saat melihat orang yang pandai mengajak orang lain melakukan sesuatu? Misalnya ajakan untuk ikut terlibat dalam donasi? Nah, sikap persuasif ini juga penting, lho, dalam dunia pekerjaan. Menurut Indeed, memiliki kemampuan persuasif bisa membantu membangun hubungan baik dengan orang lain, meningkatkan keberhasilan dalam negosiasi.
Bahkan dalam Workingna.com disebutkan bahwa kemampuan persuasi ini menjadi jaminan dalam kemajuan karier kita.
Soft Skills yang Perlu Beauties Kuasai Berikutnya:
5 skills yang harus kamu miliki dalam dunia kerja/Foto: Freepik/tirachardz
Kecerdasan Emosional
![]() Memiliki kecerdasan emosional yang baik/Foto: Freepik/atlascompany |
Disebutkan dalam PsychCentral, memiliki kecerdasan emosional di lingkungan pekerjaan memiliki berbagai manfaat. Misalnya, mengetahui cara terbaik untuk berinteraksi dengan rekan kerja, tahu bagaimana cara menyesuaikan diri untuk memenuhi berbagai deadline, menerima kritik dengan baik, terbuka untuk membuat penyesuaian.
Tentunya saat memiliki kecerdasan emosional, ketika dihadapkan pada suatu masalah bisa bersikap lebih tenang dan berusaha menghadapi masalah tersebut dengan kepala dingin.Â
Memiliki Manajemen Waktu yang Baik
Memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik/Foto: Freepik/rawpixel.com |
Memiliki manajemen waktu juga sangat penting, lho. Karena bisa menunjukkan bahwa kita adalah seseorang yang teratur, rapi, dan bisa mengerjakan tugas dengan baik. Dilansir dari Indeed, memiliki manajemen waktu yang baik bisa membuat stres berkurang, meningkatkan produktivitas, memiliki lebih banyak waktu luang, meningkatkan fokus, mencapai tujuan lebih cepat, lebih percaya diri, dan bisa memiliki hubungan kerja yang lebih baik.
Mesti terdengar sederhana, kemampuan-kemampuan ini tentunya perlu terus dibiasakan. Karena dengan begitu, jalan kita untuk mencapai target dalam karier bisa lebih mudah, kan, Beauties?
---
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!



