5 Tokoh Disabilitas yang Menginspirasi Banyak Orang, Ada Musisi Legendaris Terbaik!

Novianty Aulia Anjani | Beautynesia
Minggu, 05 Dec 2021 10:30 WIB

Sebagai rangka mendukung kesetaraan penyandang disabilitas, ditetapkanlah Hari Disabilitas Internasional atau yang kerap disebut International Day of People with Disability (IDPWD) yang jatuh dan diperingati pada setiap tanggal 3 Desember. 

Di balik keterbatasannya, banyak dari penyandang disabilitas yang berhasil menunjukkan bakat serta inovasi bagi orang-orang di sekitarnya. Kerap masih sering dianggap sebelah mata, mereka tidak berhenti begitu saja dan tetap teguh pada cita-cita yang dimiliknya. 

Berikut Beautynesia merangkum 5 tokoh dunia penyandang disabilitas yang memberikan inspirasi untuk banyak orang di berbagai bidang. 

Nick Vujicic 


Nick tetap memberikan motivasi di tengah keterbatasannya/Foto:Twitter.com/Ignacionovo

Dihadapkan dengan banyak keterbatasan tidak membuat seorang Nick Vujicic menyerah dari potensinya. Nick lahir pada tahun 1982 dengan anggota tubuh yang tidak sempurna. Berbagai diskriminasi buruk akan kondisinya membuat Nick hampir menyerah. Bahkan dilansir dari laman Fatherly, ayah Nick sempat meragukan kemampuan anaknya untuk menjalani hidup dengan kondisinya tersebut.

Seiring berjalannya waktu, dirinya berhasil mengembangkan potensi hingga berhasil menjadi tokoh terkenal. Nick juga sering membagikan motivasi dan menulis beberapa buku untuk memberikan dukungan kepada orang-orang yang bernasib sama dengan dirinya.

Keteguhan hati seorang Nick menjadi contoh tersendiri untuk tidak mudah menyerah apapun kekurangan yang kamu miliki.

Stephen Hawking 


Beragam penemuan hebat dihasilkan oleh Stephen Hawking/Foto:Twitter.com/Vowcurrency


Di usianya yang baru 21 tahun, Stephen Hawking didiagnosis menderita Amyotrophic Lateral Sclerosis (ASL) yang membuat fungsi gerak tubuhnya terganggu. Melihat tidak adanya kesempatan untuk berjalan, membuat Stephen Hawking juga diprediksi hanya dapat bertahan selama lima tahun saja.

Seakan menepis pandangan terhadap penyandang disabilitas, Stephen Hawking justru berhasil membuka banyak rahasia alam semesta meskipun geraknya yang terbantu dengan kursi roda.

Melalui bukunya yang berjudul "A Brief History of Time" Stephen membagikan beragam wawasan baru yang membantu banyak orang untuk lebih memahami sains. Hingga pada usia 76 tahun, Stephen Hawking tutup usia dengan meninggalkan banyak ilmu serta pelajaran terbaik atas kisah hidupnya. 

Stevie Wonder


Stevie Wonder berhasil menghasilkan musik berkualitas/Foto:Twitter.com/Crockpics


Musisi asal Amerika Serikat, Stevie Wonder agaknya pantas masuk ke jajaran musisi paling berpengaruh di dunia. Bagaimana tidak, di tengah kondisinya yang tidak sempurna, Stevie mampu melahirkan banyak lagu terbaik yang selalu hitz dari generasi ke generasi. 

Dilansir dari laman Independent, Pria bernama asli Stevland Hardaway Morris itu terlahir secara prematur yang membuat pembuluh darah di bagian belakang matanya terganggu. Kondisi tersebut mengakibatkan Stevie harus mengalami kebutaan di usianya yang masih sangat kecil. 

Berkat usaha serta sikapnya yang pantang menyerah, Stevie sukses menghasilkan karya lagu dengan menyabet banyak penghargaan atas musiknya. Keberhasilan Stevie juga membuktikan bahwa kekurangan fisik tidak menjadi batasan seseorang dalam mengekpresikan potensi yang ada dalam dirinya.

Aaron Fotheringham


Aaron membuktikan bahwa penyandang disabilitas juga mampu unjuk diri di bidang olahraga/Foto:Twitter.com/EtssHansfield


Tidak cuma berputar pada pengetahuan serta karya seni, penyandang disabilitas juga berhasil unjuk diri pada kegiatan olahraga, salah satunya ialah Aaron Fotheringham. 

Sebagai seorang skater terkenal sekaligus penyandang disabilitas, Aaron Fotheringham berhasil menginspirasi banyak orang. Harus bergantung dengan kursi roda dikarenakan tindakan operasi yang dilakukannya ketika kecil, tidak membuat Aaron berkecil hati. Dengan serangkaian latihan, Aaron mampu bermain skater dengan kursi rodanya. 

Atas usahanya tersebut, Aaron berhasil menjadi atlet terkenal sekaligus role model untuk banyak orang untuk tetap teguh dalam mencapai cita-cita sekalipun terhalang banyak kekurangan. 

Anthony Robles 


Anthony berhasil mengalahkan banyak lawan meski dengan keterbatasannya/Foto:Twitter.com/NCAAwrestling


Meski hanya memiliki satu kaki saja, Anthony Robles tetap mampu mengalahkan banyak lawannya sebagai pegulat. Kekurangan yang dideritanya menjadi sebuah motivasi untuk Anthony untuk terus bekerja keras serta melatih kekuatan tubuhnya hingga memenangkan kejuaraan gulat ketika masih bersekolah. 

Puncak keberhasilan Anthony semakin dikukuhkannya tika berhasil mengalahkan Matt McDonough pada kompetensi gulat nasional yang dikenal National Collegiate Athletic Association (NCAA). Kemenangan tersebut menjadi mengubah banyak pandangan yang semula meragukan Anthony, terlebih saat itu Matt McDonough ialah seorang juara bertahan.

-----------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Photos

Most Popular

detikNetwork