sign up SIGN UP

5 Trik Psikologi yang dapat Membantumu Lebih Maju dalam Hal Karir

Budi Rahmah Panjaitan | Beautynesia
Kamis, 30 Dec 2021 17:00 WIB
5 Trik Psikologi yang dapat Membantumu Lebih Maju dalam Hal Karir
caption

Siapa sih yang tidak ingin maju dalam karir? Tentu kebanyakan orang menginginkannya, Beauties. Biasanya, karir erat kaitanya dengan dunia kerja yang sedang dijalani.

Untuk bisa lebih maju dalam dunia kerja ataupun karir, dibutuhkan keterampilan-keterampilan baik itu kecil maupun besar yang bisa mendukung seseorang untuk lebih maju.

Dikutip dari Yahoo Finance, ada beberapa trik psikologis yang dapat membantu seseorang lebih maju dalam karir. Simak selengkapnya di bawah ini.

Ajukan Pertanyaan

Ilustrasi bertanya/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi bertanya/ Foto: Freepik.com

Tahukah kamu Beauties bahwa penelitian baru dari Harvard University mengungkapkan bahwa apabila seseorang mengajukan pertanyaan selama percakapan, terlebih lagi pertanyaan yang cerdas, maka seseorang tersebut akan dianggap menyenangkan.

Hal tersebut berlaku begitu cara online maupun offline. Adanya pertanyaan yang diajukan menjadi pertanda bahwa seseorang tidak hanya mendengarkan tetapi juga tertarik dan terlibat.

Tetapkan Ekspektasi yang Tinggi

Ilustrasi memasang ekspekstasi tinggi/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi memasang ekspekstasi tinggi/ Foto: Freepik.com

Penulis buku ' How Rich People Think' Steve Siebold mengungkapkan bahwa orang-orang yang sukses menetapkan ekspektasi yang sangat tinggi dan siap menghadapi tantangan apapun.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa tidak ada yang akan menjadi kaya dan mewujudkan impian tanpa harapan besar. Banyak orang memutuskan untuk membatasi hidup mereka pada kelas menengah biasa-biasa saja sebagai upaya untuk melindungi diri dari kegagalan.

Mencoba Bersabar saat Negosiasi

Ilustrasi negosiasi/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi negosiasi/ Foto: Freepik.com

Negosiasi tentunya menjadi bagian tak terpisahkan dalam dunia kerja. Ketika berada pada situasi mengajukan pertanyaan kepada seseorang dan seseorang tersebut lambat merespon, cobalah untuk tidak merasa tertekan.

Tetap diam maka bisa memberikan keuntungan bagi kamu. Pendiri Talent Smart, Travis Bradberry mengungkap bahwa keheningan yang terjadi dalam negosiasi seringkali membuat seseorang merasa seolah-olah mereka harus berbicara.

Terlebih lagi dalam negosiasi ataupun percakapan yang sulit. Namun sebaiknya, tahanlah keinginan untuk melanjutkan percakapan tersebut sampai kamu benar-benar mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang kamu ajukan.

Buat Asosiasi Visual untuk Mengingat Nama Orang

Ilustrasi mengingat nama teman/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi mengingat nama teman/ Foto: Freepik.com

Menggunakan nama seseorang dalam percakapan dapat menunjukkan rasa hormat, penerimaan dan keramahan. Namun terkadang, mengingat nama ini tidak semudah yang diucapkan.

Untuk bisa menguatkan ingatan akan nama seseorang, cobalah untuk membuat asosiasi visual. Sebagai contoh, misalnya kamu sudah berkenalan dengan seseorang bernama Jonathan yang memakai kacamata besar. Hal ini akan membuat kamu lebih mudah untuk mengingat namanya.

Menganggukkan Kepala untuk Membuat Seseorang Setuju

Ilustrasi presentasi/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi presentasi/ Foto: Freepik.com

Trik psikologis yang satu ini juga bisa diterapkan. Cobalah untuk membuat orang lain mengikuti cara berpikir kamu sambil menganggukkan kepala ketika berbicara.

Ternyata alasan di balik hal ini yakni bahwa orang-orang secara tidak sadar mencerminkan bahasa tubuh orang lain yang ada di sekitar mereka untuk lebih memahami apa yang orang lain rasakan.

Karena ketika kamu menganggukkan kepala ketika lagi berbicara, dengan begitu orang lain akan cenderung lebih setuju dengan apa yang kamu katakan.

[Gambas:Youtube]

----------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id