sign up SIGN UP

6 Aplikasi Keuangan, Bisa Jadi Solusi dalam Mengelola Finansial yang Sehat

Novianty Aulia Anjani | Beautynesia
Kamis, 23 Sep 2021 06:45 WIB
6 Aplikasi Keuangan, Bisa Jadi Solusi dalam Mengelola Finansial yang Sehat
caption

Tidak melulu tentang komunikasi hingga belanja online, perkembangan teknologi juga membawa banyak kemudahan di segala aspek kehidupan sehari-hari, tak terkecuali pada pengelolaan keuangan.

Ya, tidak repot seperti dahulu, kini kamu bisa mengatur seluruh keuangan dengan bermodalkan gadget. Sederet aplikasi keuangan dengan berbagai fitur menarik dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dari pengelolaan keuanganmu.

Bagi kamu yang belum tahu, berikut ini ada 6 aplikasi pencatat keuangan untuk mempermudah kegiatan pengelolaan uang. Lantas apa saja aplikasinya? Yuk, simak artikel di bawah ini.

Money Lover 

Banyaknya masyarakat yang menggunakan Money Lover menjadi bukti dari kualitas yang ditawarkannya
Tampilan logo Money Lover yang sudah diunduh oleh banyak orang/Foto:Pinterest.com/Moneylover


Telah diunduh oleh hampir 5 juta penduduk di seluruh dunia, tampaknya dapat menjadi sebuah bukti dari kualitas aplikasi pengatur uang yang satu ini. Berbagai kemudahan ditawarkan oleh Money Lover mulai dari mencatat pemasukan hingga menganalisis segala pengeluaran dalam kurun waktu tertentu. 

Tak sekadar menganalisis, pengeluaran yang tertera pada Money Lover akan dikelompokkan berdasarkan kategori tertentu sehingga dapat terlihat jelas arah alokasi dari pengeluaran tersebut. Kamu juga tidak akan terlewat untuk membayar tagihan karena dilengkapi pula dengan fitur pengingat akan hal tersebut.

Catatan Keuangan Harian 

Tampilan serta warnanya yang menarik membuat aplikasi yang satu ini digemari banyak orang
Beragam fitur menarik ditawarkan oleh Catatan Keuangan Harian/Foto:Twitter.com/Nisrionay


Seperti pada kebanyakan aplikasi keuangan, Catatan Keuangan Harian hadir dengan berbagai fitur canggih untuk membantu kamu dalam mengelola dana di setiap bulannya.

Beberapa kemudahan yang ditawarkan antara lain pencatatan aliran dana masuk dan keluar, pembuatan laporan keuangan yang menyajikan data penggunaan dana secara keseluruhan. Hasil laporan tersebut pun disajikan langsung tanpa perlu kamu hitung terlebih dahulu.

Teman Bisnis

Aplikasi Teman Bisnis menjadi pilihan untuk mengatur keuangan pada bisnis.
Teman Bisnis cocok menemani perjalanan bisnis baru milikmu/Foto:Instagram.com/Temanbisnisapp


Sesuai dengan namanya, Teman Bisnis dapat kamu jadikan sebagai aplikasi pembantu untuk mengatur keuangan pada bisnis milikmu. Aliran keuangan mulai dari pemasukan dan pengeluaran juga langsung terkelompokan sesuai dengan kategori dan sumber asalnya. 

Aplikasi keuangan ini juga menyajikan laporan digital seperti laba, piutang hingga perkembangan dana bisnis milikmu. Dilengkapi dengan tampilan yang simple semakin memudahkan kamu khususnya bagi yang baru terjun ke dalam dunia bisnis. 

UangKu 

UangKu menawarkan fitur menarik untuk membantu kamu dalam mengumpulkan pundi-pundi tabungan
Fokus menabung dengan aplikasi keuangan UangKu/Foto:Instagram.com/Uangkuid


Tidak seperti aplikasi keuangan pada umumnya, Uangku justru lebih memfokuskan kamu dalam mengumpulkan pundi-pundi tabungan lho, Beauties. 

Seperti pada saat pertama kali digunakan, aplikasi ini akan langsung meminta kamu menentukan target tabungan serta pengeluaran yang diharapkan dalam sebulan. Guna memenuhi target tersebut, aplikasi ini secara otomatis akan menganjurkan batasan penggunaan dana di setiap harinya yang disesuaikan dengan terget yang ditentukan. 

Dengan fitur tersebut, akan membantu para pengguna dalam menyisihkan pendapatan sehingga gaji tidak terbuang secara sia-sia.

Dompet Manager 

Walaupun tampilannya sederhana, beragam fitur menarik tetap ditawarkan oleh aplikasi Dompet Manager
Tampilan sederhana membuat Dompet Manager mudah untuk kamu gunakan/Foto:Instagram.com/Dompetmanagerpro


Dibalik desainnya yang sangat minimalis, aplikasi Dompet Manager menyimpan banyak fitur-fitur yang mumpuni dalam mengatur keuangan sehari-hari. Mulai dari mencatat biaya masuk dan keluar, daftar kebutuhan hingga rencana pembelanjaan sesuai dengan kategorinya. 

Bagi kamu yang sering terlupa setelah melakukan pembayaran, aplikasi ini memiliki fitur untuk menambahkan foto serta screenshoot atas transaksi yang kamu lakukan. Pembuatan laporan pengeluaran pun semakin mudah sehingga tidak perlu lagi mencari-cari bukti transaksi yang kerap hilang setelahnya. 

Buku Warung 

Salah satu fitur menarik dari aplikasi Buku Warung ialah membantu kamu dalam menagih hutang
Bantu menagih hutang dengan aplikasi Buku Warung/Foto:Twitter.com/BukuWarung


Mendapati kerabat terdekat berhutang tetapi berat hati ketika menagih? Jangan khawatir, aplikasi berikut ini mungkin pilihan yang tepat untuk kamu gunakan.

Bertajuk Buku Warung, aplikasi keuangan ini dinilai cukup unik ditinjau dari fitur-fitur yang ditawarkannya. Sebut saja catat utang, di mana kamu bisa mencatat segala hutang baik milikmu ataupun orang lain bersama dengan jumlah tunggakannya. 

Nggak cuma sampai di situ, aplikasi ini juga dapat memberikan reminder berupa SMS terhadap setiap orang yang hutangnya dicatatkan dalam daftar peminjam. Setiap hutang yang terbayar pun ikut tercatat sehingga alur keuangan menjadi jelas.

Bagaimana Beauties, sudah tahu ingin mencoba aplikasi yang seperti apa?

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id