6 Cara Mudah Tingkatkan Daya Fokus Saat Bekerja dan Selesaikan Banyak Tugas Sehari-hari
Menjaga fokus dan konsentrasi saat mempelajari sesuatu, membaca, atau mengerjakan hal penting merupakan hal yang gampang-gampang susah untuk dilakukan. Hal ini karena membutuhkan latihan, suasana, dan lingkungan yang mendukung.
Karena itu, Beautynesia telah mengumpulkan enam cara meningkatkan daya fokus yang bisa kamu terapkan saat belajar atau bekerja. Simak, Beauties!Â
1. Hilangkan Gangguan
Hilangkan gangguan/Foto: Pexels/Tima Miroshnichenko
Dilansir dari BetterUp, tentunya kamu perlu menghindari gangguan. Misalnya, menjauh dari area yang berisik, tidak ikut mengobrol saat teman kerja atau kuliahmu sedang mengobrol hal di luar mata kuliah atau pekerjaan.
2. Hindari Multitasking
Hindari multitasking/Foto: Pexels/Ivan Samkov
Mengerjakan banyak tugas dalam satu waktu dapat membuatmu merasa produktif. Namun, hal ini dapat mengurangi fokus dan konsentrasimu. Kamu jadi tidak tahu mau memprioritaskan yang mana dulu. Jadi, lebih baik bila kamu membuat skala prioritas terlebih dahulu lalu selesaikan satu per satu.
3. Mendengarkan Musik
Mendengarkan musik/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio
Cobalah mendengarkan musik yang dapat meningkatkan fokusmu, yaitu musik instrumental yang tidak ada liriknya, atau yang liriknya berbahasa asing agar kamu tidak terpengaruh untuk menyimak liriknya atau ikut menyanyikannya.
Kamu bisa memilih musik klasik atau suara alam seperti suara air terjun, hujan, dan kicauan burung untuk membantumu lebih berkonsentrasi dalam mengerjakan sesuatu.Â
4. Ciptakan Ruang Kerja yang Nyaman
Ciptakan ruang kerja yang nyaman/Foto: Pexels/Flo Dahm
Carilah ruang khusus yang jauh dari kebisingan dan sudah pasti suasananya tenang dan pas untuk dijadikan tempat bekerja. Rancang ruangan itu senyaman mungkin. Bersihkan dan rapikan meja serta perabot yang ada di dalamnya, dan usahakan ruangan itu selalu sejuk dan membuatmu betah untuk bekerja seharian di sana.
5. Gunakan Pengatur Waktu
Gunakan pengatur waktu/Foto: Pexels/Castorly Stock
Latihlah otakmu untuk bekerja dengan tenggat waktu, yaitu dengan mengatur berapa menit waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. Lalu, berkonsentrasilah untuk hanya mengerjakan tugas tersebut. Teknik ini dipercaya efektif untuk meningkatkan konsentrasi dan kecepatanmu dalam bekerja.
6. Hindari Notifikasi HP
Hindari notifikasi HP/Foto: Pexels/Brett Jordan
Mengutip Medical News Today, notifikasi di HP yang berasal dari aplikasi chat atau media sosial dapat mengalihkan perhatianmu sehingga memecah konsentrasimu. Maka dari itu, ada baiknya bila kamu mematikan HP-mu sejenak hingga tugasmu selesai mengaturnya dengan mode "silent", atau menyimpannya di tempat yang jauh dari jangkauanmu untuk sementara waktu.
____
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!
Â