sign up SIGN UP

6 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Datangkan Kebahagiaan Setiap Harinya

Novianty Aulia Anjani | Beautynesia
Rabu, 16 Feb 2022 19:45 WIB
6 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Datangkan Kebahagiaan Setiap Harinya
caption

Kebahagiaan menjadi salah satu pencarian dalam hidup setiap individu. Pada hakikatnya, bahagia adalah keselerasan antara makna serta tujuan hidup dengan apa yang berjalan di kenyataannya. Perasaan bahagia juga menjadi refleksi dari kesejahteraan tubuh serta ketenangan batin secara penuh.

Perbedaan pengalaman serta latar belakang tentunya membuat setiap orang punya cara tersendiri dalam mencapai serta memaknai apa itu kebahagiaan. Berbagai harapan seperti kondisi finansial, kesehatan jasmani hingga sesederhana perasaan tenang menjadi bahagia yang berhak dirasakan oleh setiap orang.

Selain melalukan usaha-usaha tertentu, terdapat beberapa kebiasaan sederhana yang membantu mewujudkan kebahagiaan di setiap harinya. Seperti apa caranya? Simak artikelnya di bawah ini!

Menghargai Apapun yang Kamu Miliki

Rasa syukur dan menghargai diri sendiri adalah kunci utama dari kebahagiaan itu sendiri.
Bersyukur atas apapun yang kamu dapatkan/Foto:Freepik.com/Benzoic


Menjadikan keberhasilan orang lain menjadi acuan untuk diri sendiri memang terasa wajar. Tetapi akan menjadi buruk ketika hal tersebut malah membuatmu membandingkan segala yang kamu miliki dengan orang lain.

Sebuah penelitian pada Psychology of Popular Media Culture menemukan hasil bahwa harga diri serta kualitas hidup cenderung terasa rendah ketika kamu terus membandingkannya dengan orang di sekitar. Kebiasaan tidak sehat ini juga dapat memunculkan perasaan tidak bahagia karena sulit merasa puas terhadap apa yang dimiliki. 

Oleh karenanya, mulailah untuk mengkondisikan pikiran dan fokuslah pada keberhasilan yang telah kamu raih. Berkomitmen pada diri sendiri untuk selalu bersyukur menciptakan hidup positif dan terasa lebih bahagia.

Istirahat yang Cukup

Tidur menjadi perawatan terbaik untuk merawat fisik serta kesejahteraan emosional.
Tidur nyenyak sepanjang malam/Foto:Freepik.com/Senivpetro


Di antara hal-hal yang membuatmu bahagia, tidur yang cukup menjadi salah satu kebutuhan paling alami yang wajib terpenuhi di setiap harinya.

Ya, tidur malam yang nyenyak membawa banyak manfaat baik tidak hanya untuk tubuh tetapi juga kesejahteraan mental. Mengutip sebuah studi pada American Psychological Association, tidur menjadi perawatan terbaik untuk meningkatkan memori, memperkuat sistem tubuh serta menghindari risiko kecemasan pada setiap individu.

Setelah terpenuhinya istirahat yang cukup, segala sesuatunya dapat kamu jalankan dengan lebih tenang. Suasana hati juga terasa semakin baik sehingga tidak terbebani oleh mood buruk akibat kelelahan yang berlebihan.

Konsumsi Makanan yang Sehat

Makanan dapat mempengaruhi mood serta perasaan seseorang. Oleh karenya, selalu konsumsi makanan yang sehat serta bergizi.
Penuhi diri dengan makanan yang sehat/Foto:Freepik.com/Cookie_studio


Seperti kata ungkapan, kamu adalah apa yang kamu konsumsi. Makanan sehat dan bergizi tidak hanya membuat tubuh merasa lebih baik tetapi juga meningkatkan kesejahteraan mental.

Beauties, pada setiap hidangan yang kamu konsumsi, terdapat nutrisi serta vitamin yang memainkan peran penting dalam menjaga kondisi emosional serta mental dari diri kamu sendiri.

Dengan pola makan yang lebih baik, kamu akan merasa lebih bersemangat dan hari-hari dipenuhi oleh perasaan yang menyenangkan. Kamu juga akan terhindar dari sejumlah masalah kesehatan sehingga diri benar-benar merasa lebih sehat baik dari dalam maupun ke luar.

Mengendalikan Pikiran Negatif

Kendalikan pikiran-pikiran tidak baik dengan rutin meditasi agar tergantikan dengan hal yang lebih positif.
Melatih pikiran dengan meditasi/Foto:Freepik.com/Karlyukav


Kecemasan yang lahir dari pikiran-pikiran buruk menjadi jawaban dari ketidakbahagiaan yang kerap kamu rasakan. Dipenuhinya pikiran  negatif menjadi refleksi dari emosi tidak baik yang mengarah pada perasaan merugikan, seperti cemas, takut hingga stres.

Agar hidup terasa lebih mudah, kamu perlu bisa mengendalikan pikiran tersebut dengan mempraktikan mindfullness atau memahami sepenuhnya tentang apa yang kamu rasakan saat ini. Lengkapi kebiasaan tersebut dengan rutin berolahraga seperti halnya meditasi sekurang-kurangnya 5 menit di setiap harinya.

Tergantikannya pikiran negatif dengan hal-hal positif tentunya memperbaiki kondisi hati. Pikiran yang tersusun baik juga membuat kamu lebih tenang sehingga merangsang produksi endorfin dan kadar stres berkurang.

Berbagi Kebahagiaan dengan Orang Lain

Berbuat baik dan berbagi kebahagiaan mendatangkan kelimpahan hati untuk dirimu sendiri.
Berbuat baik terhadap sesama/Foto:Freepik.com/Freepik


Tidak hanya dari diri sendiri, perasaan bahagia juga bisa kamu dapatkan ketika kamu melakukan sesuatu yang baik kepada orang lain. Melansir dari laman Power of Positivity, tindakan murah hati dapat membawa banyak kepuasan hidup dan perasaan sejahtera. Didukung oleh artikel dari Journal American Academy of Physicians Assistants, perlakuan baik kepada orang lain dapat memberikan hati dengan rasa bahagia.

Mulailah membiasakan diri untuk melakukan hal-hal baik seperti menolong, memberikan dukungan hingga berbagi canda tawa kepada orang di sekitar. Kamu juga bisa mencoba kegiatan sukarelawan untuk membantu melayani orang yang membutuhkan.

Ketika kamu berhasil membawa kebahagiaan untuk orang lain, maka kamu akan mendapatkan hal yang sama sebagai balasannya.

Bergaul dengan Orang-orang yang Positif

Bergaul dengan orang-orang yang positif dapat memberikan pandangan yang baik serta menularkan kebahagiaan untuk dirimu sendiri.
Menghabiskan waktu dengan orang-orang yang positif/Foto:Freepik.com/Tirachradz


Menghabiskan waktu berkualitas dengan orang-orang positif menjadi bagian penting dari kebahagiaan dalam hidup setiap individu. Pasalnya, apa yang kamu dapatkan dari pertemanan adalah apa yang akan membentuk bagaimana dirimu di setiap harinya.

Bangunlah hubungan sosial bersama mereka yang dapat membawa nilai-nilai kebahagiaan ke dalam hidupmu. Tidak hanya terasa menyenangkan, dikelilingi dengan orang positif dapat membantu mengembangkan diri serta menularkan pandangan-pandangan bermanfaat yang dapat mengubah dirimu menjadi lebih baik dari sebelumnya.

[Gambas:Video Beautynesia]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id