sign up SIGN UP

6 Penyebab Kamu Tidak Bisa Menangis Meski Sedang Sedih Menurut Pakar Kesehatan Mental

Retno Anggraini | Beautynesia
Jumat, 23 Sep 2022 07:30 WIB
6 Penyebab Kamu Tidak Bisa Menangis Meski Sedang Sedih Menurut Pakar Kesehatan Mental
caption

Menangis adalah respons alami tubuh terhadap emosi dan rasa sakit. Selain membantu melawan infeksi dan bakteri, kandungan antibodi dalam air mata juga berfungsi untuk melindungi mata dari alergen, menghilangkan racun dan iritasi, memberikan pelumasan dan nutrisi penting untuk mata, serta membantu pelepasan endorfin ke otak untuk mengurangi rasa sakit dan tekanan emosional.

Namun, sebuah studi tahun 2017 terhadap dua ribu rumah tangga menemukan bahwa 8,6 persen pria dan 6,5 persen perempuan tidak dapat menangis sama sekali. Beberapa ahli percaya bahwa tidak menangis dapat menekan pikiran dan tubuh. Melansir Insider, berikut adalah 6 penyebab mengapa kamu tidak bisa menangis meski merasa sedih menurut Connie Habash, pakar kesehatan mental berlisensi.

Bertambahnya Usia

Penyebab tidak bisa menangis meski sedang sedih
Fsktor bertambahnya usia/Foto: Freepik.com/wavebreakmedia_micro

Fungsi kelenjar air mata manusia mulai kurang efektif seiring bertambahnya usia. Banyak orang berusia di atas 65 tahun kesulitan memproduksi air mata, terutama perempuan. Tanda-tanda masalah kelenjar air mata yang berkaitan dengan bertambahnya usia adalah sensasi berpasir di mata, sensitivitas cahaya, penglihatan kabur, dan rasa pedas di mata.

Reaksi dari Obat-obatan

Penyebab tidak bisa menangis meski sedang sedih
Reaksi dari jenis obat tertentu/Foto: Freepik.com

Beauties, ketika kamu membeli atau mengonsumsi suatu jenis obat, pernahkah kamu memperhatikan label obat yang akan kamu gunakan? Menyebabkan mata kering merupakan salah satu efek dari obat-obatan yang kamu konsumsi.

Faktanya, beberapa jenis obat dapat menyebabkan masalah dengan produksi air mata. Jenis obat-obatan yang biasanya memiliki efek menyebabkan mata kering adalah obat alergi, obat untuk depresi atau kecemasan, obat tekanan darah tinggi, dan obat jerawat.

Masalah Lingkungan

Penyebab tidak bisa menangis meski sedang sedih
Terlalu lama menatap laptop/Foto: Freepik.com/timeimage

Kamu mungkin akan lebih sulit menangis jika tinggal di daerah yang kering karena bisa menyebabkan mata kering dan memperlambat produksi air mata. Selain itu, menatap layar ponsel atau laptop terlalu lama dan lupa berkedip juga bisa menyebabkan mata kering dan membatasi kemampuan kamu untuk meneteskan air mata.

Faktor Budaya

Penyebab tidak bisa menangis meski sedang sedih
Ilustrasi tidak bisa menangis/Foto: Freepik.com/benzoix

Satu studi tahun 2017 menemukan bahwa orang yang menangis dianggap lebih hangat dan lebih menyenangkan, tapi juga kurang kompeten. Dalam beberapa kasus, mungkin kamu akan menahan keluarnya air mata agar tidak dianggap tidak berdaya oleh orang lain.

Habash mengatakan kamu tidak akan bisa menangis jika tidak memiliki ruang yang aman untuk mengekspresikan perasaan, terutama jika kamu tinggal dalam budaya atau rumah tangga yang cenderung tidak suka menangis.

Misalnya, beberapa budaya percaya bahwa menangis pada dasarnya feminin. Tetapi, stereotip gender seperti ini sering mengakibatkan orang dewasa menyuruh anak laki-laki untuk tidak menangis yang membuat mereka lebih sulit untuk merasa nyaman meneteskan air mata sebagai orang dewasa.

Mengidap Gangguan Anhedonia

Penyebab tidak bisa menangis meski sedang sedih
Ilustrasi tidak bisa menangis/Foto: Freepik.com/jcomp

Anhedonia adalah kondisi depresi dengan ditandai dengan kehilangan minat untuk hidup dalam kesenangan atau menikmati sesuatu yang disukai, seperti melakukan hobi atau menghabiskan waktu bersama teman. Gejala dasar dari gangguan depresi mayor ini dapat membuat pengidapnya sulit untuk merasakan kesenangan sama sekali.

Anhedonia juga dapat mempengaruhi kemampuan kamu untuk menangis. Hal ini berdasarkan hasil survei tahun 2011 terhadap 1.050 orang dengan depresi anhedonia, di mana satu dari lima orang tidak dapat menangis.

Mengidap Sindrom Sjögren

Penyebab tidak bisa menangis meski sedang sedih
Ilustrasi tidak bisa menangis/Foto: Freepik.com/rawpixel.com

Sindrom Sjögren adalah gangguan sistem kekebalan tubuh yang ditandai dengan mata kering dan mulut kering. Gangguan ini menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel sehat sendiri yang memproduksi air liur dan air mata. Selain mata dan mulut kering, beberapa tanda gangguan ini meliputi kesulitan mengunyah atau menelan, nyeri sendi, dan kelelahan.

Menangis memainkan peran kunci dalam kesehatan fisik dan emosional. Jadi, menahan keluarnya air mata dapat menyebabkan gejala fisik, pola mati rasa, dan juga tekanan. "Salah satu alasan mengapa orang tidak membiarkan diri mereka menangis adalah keyakinan bahwa jika mereka mulai menangis, mereka tidak akan pernah berhenti," kata Habash.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id