7 Ciri Orang Toksik di Lingkungan Kerja, Waspada Bisa Pengaruhi Kinerjamu!

Michelle Florenzia | Beautynesia
Rabu, 31 May 2023 18:15 WIB
7 Ciri Orang Toksik di Lingkungan Kerja, Waspada Bisa Pengaruhi Kinerjamu!
7 Ciri Orang Toksik di Lingkungan Kerja, Waspada Bisa Pengaruhi Kinerjamu!/Foto: Freepik.com/Freepik.

Beauties, tempat di mana kamu bekerja memiliki banyak karyawan dengan masing-masing kepribadian dan tingkah laku yang berbeda-beda. Namun ketika kamu menemukan salah satu karyawan yang toksik, maka hal tersebut dapat berdampak pada seluruh aspek pekerjaan perusahaanmu, termasuk mengganggu performa kamu dalam menyelesaikan pekerjaan.

Saat kamu mendengar istilah "karyawan toksik" kamu mungkin membayangkan gambaran tentang pekerja yang bersikap terlalu percaya diri, egois, melanggar aturan, hingga berbuat licik. Meskipun ini adalah ciri-ciri umum dari perilaku karyawan yang toksik, namun ada beberapa hal yang perlu kamu waspadai terkait berbagai karakteristik karyawan toksik lainnya.

Melansir dari Business, kamu bisa mencari tanda-tanda yang menunjukkan bahwa rekan kerjamu mungkin memiliki sifat toksik di tempat kerja. Apa saja? Mari disimak!

1. Berkepribadian Sangat Kuat

Seseorang dengan berkepribadian sangat kuat dapat membantah setiap pendapat dan pemikiran orang lain untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Orang ini mungkin akan menyela rekan kerja mereka atau terus-menerus membantah apa yang orang lain katakan.

Terkadang, mereka akan terdengar sangat keras dan mereka juga suka mengoreksi orang lain dengan humor. Sifat agresif, selalu benar, dan mengganggu rekan kerja adalah ciri-ciri yang bisa menggambarkan bahwa orang tersebut adalah toxic.

2. Rekan Kerja Pasif-Agresif

Ilustrasi Menunda-nunda Pekerjaan
Ilustrasi Menunda-nunda Pekerjaan/foto:freepik/Drazen Zigic

Individu pasif-agresif adalah seseorang yang tidak mengungkapkan pemikirannya saat sedang kesal. Sebaliknya, mereka secara tidak langsung menunjukkan bahwa mereka tidak senang dengan sesuatu. Hal ini bisa menjadi hal toxic di tempat kerja.

Jika ada orang lain yang meminta mereka untuk menyelesaikan sesuatu, mereka akan merasa tidak senang dengan tugas tersebut. Namun alih-alih memberi tahu secara langsung, mereka akan membuat komentar yang kurang sopan hingga menunda-nunda pekerjaan.

Seseorang yang pasif mungkin lebih cenderung memendam perasaannya dan menghindari tindakan yang berarti. Saat ada konflik, mereka mungkin merasa frustasi dan menampilkan perilaku pasif-agresif. 

3. Sering Mengeluh

Ilustrasi Mendengarkan Keluhan
Ilustrasi Mendengarkan Keluhan/foto:pexels/Liza Summer

Pernahkah kamu mendapatkan keluhan yang terus menerus dari rekan kerjamu? Jika berlangsung dalam jangka waktu yang lama, mungkin mereka sedang merasa lelah namun bisa jadi kamu hanyalah sebagai tempat untuk menuangkan hal negatif semata.

Narasi mengeluh mereka bernadakan hal negatif, seakan tidak pernah bahagia, dan merasa semuanya tidak bisa benar. Untuk itu, cobalah tanyakan apa yang sebenarnya mereka rasakan, dan buatlah batasan ya, Beauties!

4. Menimbun Pengetahuan

Karyawan yang ingin mengamankan pekerjaan mereka dapat memutuskan untuk menyimpan proses dan pengetahuan terkait apa yang mereka kerjakan selama ini untuk mereka sendiri. Namun, sebuah perusahaan yang berkembang akan memiliki arus komunikasi terbuka, berbagi pengetahuan, dan dapat bekerja sama dalam tim. 

Ciri-ciri orang yang menimbun pengetahuan yang ia miliki adalah tidak ingin bekerja sama dalam tim, mencari perhatian, dan memiliki rasa tidak aman tentang pekerjaan. 

Bersikap Sombong Hingga Suka Bergosip!

Ilustrasi Mendengarkan Rekan Kerja Berbicara

7 Ciri Orang Toksik di Lingkungan Kerja, Waspada Bisa Pengaruhi Kinerjamu!/Foto: freepik/pch.vector

5. Sombong

Orang yang memiliki sifat sombong di tempat kerja akan mudah dikenali. Mereka akan selalu merasa benar, jika mereka salah, mereka akan lambat mengakuinya, cepat membual, dan tidak responsif terhadap kritik. 

Memiliki kesombongan dalam diri akan menjadi hal yang berbahaya dan bisa mempengaruhi pekerjaan di setiap tingkatan, termasuk manajemen perusahaan. 

6. Suka Bergosip

Ilustrasi Bergosip
Ilustrasi Bergosip/foto:freepik/drobotdean

Gosip sering kali merupakan bagian yang tidak menguntungkan tetapi tak terhindarkan di tempat kerja. Satu sama lain akan menjalin komunikasi dan bahan pembicaraannya sering kali dapat mengubah cerita kehidupan pribadi menjadi sebuah rumor.

Gosip dapat menimbulkan kekesalan, membeberkan urusan pribadi, dan menimbulkan frustasi. Selain itu ciri-ciri orang yang gemar bergosip adalah selalu berisik, tampak tidak nyaman di sekitar orang-orang tertentu, membicarakan orang lain kepadamu, dan bermuka dua. Hati-hati, ya, Beauties!

7. Berkinerja Buruk

Ilustrasi Kelelahan Bekerja
Ilustrasi Kelelahan Bekerja/foto:freepik/diana.grytsku

Kinerja karyawan mungkin berfluktuasi tergantung pada kekuatan, kelemahan, suasana hati, dan apa yang terjadi di tempat kerja. Namun, jika terdapat karyawan yang memiliki kinerja yang buruk terus menerus, maka perlu diwaspadai bahwa orang tersebut adalah karyawan toksik.

Selain itu, ciri-ciri mereka berkinerja buruk adalah mereka gampang lelah dengan pekerjaan mereka, cenderung bermalas-malasan, gagal memenuhi tujuan, selalu membutuhkan orang lain untuk mengisi kekosongan, dan membuat alasan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE