7 Kalimat Beracun yang Harus Dihindari Diucapkan di Tempat Kerja dan Alternatifnya
Banyak dari kita mungkin tidak menyadari bahwa kata-kata yang kita ucapkan saat bekerja sehari-hari memiliki dampak yang besar pada kesehatan mental dan lingkungan kerja kita, terutama ketika itu tentang ras, jenis kelamin, usia, kemampuan, dan orientasi yang melemahkan identitas pribadi.
Dilansir dari CNBC, ahli karier, Adaira Landry dan Resa E. Lewiss, mengatakan setidaknya ada 7 kalimat beracun yang sebaiknya kita hindari agar tidak mengganggu rasa aman dan harga diri seseorang di tempat kerja.
Penasaran apa saja 7 kalimat toksik tersebut serta alternatif yang lebih baik untuk digunakan dalam situasi yang tepat? Yuk, simak lebih lanjut di bawah ini!
1. "Kami Selalu Melakukannya Seperti Ini"
![]() Tidak kaku dalam mendengarkan kritik dan saran/foto: Pexels/Kampus Production |
Menggunakan kalimat ini di tempat kerja menunjukkan bahwa seseorang memiliki pikiran yang kaku dan enggan menerima perubahan atau saran. Karena menyiratkan bahwa tidak ada yang salah dengan standar saat ini, hal ini berisiko membatasi motivasi dan inovasi yang akan datang.
Sebagai gantinya kamu bisa ucapkan: "Kami selalu melakukannya seperti ini, tetapi mari kita lihat bisa jadi sudah waktunya untuk mengubah kebiasaan ini.”
2. "Pada Zaman Saya Dulu, Kami Lebih Menderita"
![]() Membuat alasan untuk mengabaikan masalah yang dialami orang lain/foto: Pexels/Andrea Piacquadio |
Ini menyiratkan bahwa penderitaan memang sudah semestinya terjadi, dan rasa sakit dari masa lalu membenarkan rasa sakit hari ini. Hal ini akan membuat orang yang menyuarakan masalah jadi tidak dihiraukan.
Sebagai gantinya, sebaiknya ucapkan: "Pada zaman saya dulu, kami lebih menderita, dan saya senang bahwa sekarang sudah jadi lebih baik. Apa ada yang dapat kita ubah untuk membuatnya menjadi lebih baik?"
3. "Lebih Baik Jika Informasi Gaji Tetap Dirahasiakan"
![]() Merahasiakan gaji/foto: Pexels/Gustavo Fring |
Merahasiakan gaji artinya seseorang melindungi kesepakatan khusus dan tidak menghargai transparansi. Akibatnya, kelompok-kelompok tertentu (misalnya, perempuan dan minoritas rasial) menjadi rentan terhadap disparitas gaji.
Menjaga gaji tetap rahasia juga menurunkan kinerja karyawan, menurut penelitian dari University of California, partisipan yang diberi informasi tentang gaji partisipan lain cenderung lebih termotivasi untuk bekerja lebih keras dan menghasilkan kinerja yang lebih tinggi.
Untuk mengurangi kecurigaan, kesenjangan, dan adanya transparansi, sebaiknya ucapkan: "Penting untuk memiliki percakapan terbuka tentang gaji."
Ini Kalimat Toksik yang Perlu Dihindari di Tempat Kerja, Simak Alternatifnya!
7 Kalimat Beracun yang Harus Dihindari Diucapkan di Tempat Kerja dan Alternatifnya/Foto: Freepik/Tirachardz
4. “Rekan Kerja X Tidak Tidak Bersungguh-Sungguh dengan Apa yang Ia Katakan”
![]() Tidak menghiraukan masalah/Freepik/Peoplecreations |
Pernyataan ini pada dasarnya mengatakan, “Saya mendengar keluhanmu, tetapi saya sedang melindungi orang lain dan meragukanmu.” Alih-alih memberikan dukungan dan memvalidasi kerentanan seseorang, kamu menggunakan metode pertahanan 'dia orang baik'.
Ini yang bisa dikatakan sebagai alternatifnya: “Terima kasih telah berbagi. Mari kita cari cara untuk mendukungmu dan menyelesaikan masalah perilaku orang tersebut.”
5. “Saya Tidak Merasa Terlalu Baik. Tapi Saya Akan Mencoba Menyelesaikan Pekerjaan Hari Ini”
Pernyataan ini menunjukkan bahwa kamu mengabaikan kesehatanmu sendiri. Memperlihatkan bahwa bekerja dengan menderita rasa sakit, infeksi, atau krisis kesehatan mental bukanlah sebuah kebanggaan.
Hal ini juga membuat orang lain merasa tidak berdaya saat merawat dirinya sendiri. Kita harus merawat diri kita sendiri secara fisik, mental, dan emosional.
Apa yang sebaiknya dikatakan: “Hari ini saya butuh istirahat, jadi saya akan ambil cuti sakit.”
6. "Jangan Bilang ke Siapa-Siapa, ya, Ini Bukan Rahasia Saya"
![]() Menyebarkan rahasia/foto: Unsplash/Kristina Flour |
Mengatakan hal itu setelah kamu mengungkapkannya pada seseorang bisa membahayakan privasi dan kepercayaan orang lain, lho. Meskipun gosip memang sulit dihindari, namun sebaiknya jangan membagikan informasi yang dianggap rahasia karena hal tersebut dapat merugikan dirimu sendiri dan orang lain.
Abaikan ucapan tersebut dan katakan sebaliknya, "Saya rasa lebih baik jika informasi tersebut dijaga kerahasiaannya. Saran saya, langsung tanyakan saja kepada orang yang bersangkutan."
7. "Bisakah Kamu Mengirimkannya Malam Ini?"
Hal ini menunjukkan bahwa kamu tidak menghargai batas waktu dan kebutuhan istirahat orang lain. Terkadang memang ada tugas yang harus segera diselesaikan, namun terus menuntut orang lain di luar jam kerja bisa menyebabkan kelelahan dan rasa tidak nyaman.
Coba katakan, "Karena hari sudah berakhir, kita bisa melanjutkannya besok." Hal ini menunjukkan bahwa kamu menghargai waktu pribadi dan batas waktu kerja orang lain.
Itu dia Beauties, 7 kalimat toksik yang sebaiknya kamu hindari di tempat kerja beserta alternatifnya. Selamat mencoba!
***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!




