STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

7 Perkiraan Total Kekayaan Presiden Indonesia, Siapa ya yang Punya Paling Banyak?

Tim Redaksi CNBC | Beautynesia
Senin, 31 Oct 2022 17:15 WIB
7 Perkiraan Total Kekayaan Presiden Indonesia, Siapa ya yang Punya Paling Banyak?

Permasalahan harta pejabat tinggi memang punya daya tarik tersendiri. Indonesia sampai saat ini telah dipimpin oleh tujuh orang presiden, Beauties. Penasaran kira-kira berapa ya perkiraan total harta orang nomor satu negeri ini? Cek dulu di bawah ini, yuk!

1. Soekarno

Total harta kekayaan Bapak Proklamator itu belum diketahui secara pasti. Hanya saja, sebuah koran Austria Kronen Zeitung edisi 17 dan 19 Desember 2012 pernah menyebut kalau kekayaan Soekarno sebesar 180 miliar USD, dan itu tersimpan di sebuah bunker di Union Bank of Switzerland (UBS).

2. Soeharto

Ketika presiden kedua itu lengser, The United States Treasury mendeteksi adanya perpindahan uang dalam jumlah besar, mencapai 9 miliar USD ke bank Austria pada tahun 1998. Angka ini juga dinilai cuma sebagian saja dari harta yang dimiliki Soeharto.

Selain itu, Time Warner Inc, sebuah lembaga keuangan internasional pernah menyebut kalau harta presiden kedua itu mencapai sekitar 15 miliar USD, termasuk yang 9 miliar USD tadi.

7 Patung Presiden Indonesia Hiasi Hutan Kota GBK7 Patung Presiden Indonesia Hiasi Hutan Kota GBK/ Foto: Tia Agnes

3. B.J. Habiebie

Harta presiden ketiga ini juga belum diketahui secara pasti, meski begitu sebuah media cetak Asia yang bermarkas di Hong Kong, Far Eastern Economic Review, pernah mengabarkan bahwa harta BJ Habibie mencapai 60 juta USD. Hartanya ini didapat dari hak kekayaan intelektual atas sejumlah penemuan di bidang teknologi serta sejumlah bisnis di bidang yang sama pula, Beauties.

B.J. Habibie memiliki dua orang anak, yaitu Ilham Habibie dan Thareq Habibie. Dilansir Globe Asia, mereka tercatat punya kekayaan yang bersumber dari sejumlah perusahaan teknologi milik keluarga Habibie sebesar 250 juta USD.

4. Abdurrahman Wahid (Gus Dur)

Menurut Laporan Harta Kekayaan Penyelenggaraan Negara (LHKPN) tahun 2001, presiden ke-4 ini punya harta sebesar Rp3,49 miliar yang berasal dari tanah dan bangunan miliknya, transportasi, logam mulia, surat berharga, serta giro dan kas.

Lanjutkan membaca di sini untuk mengetahui harta kekayaan presiden Indonesia berikutnya ya, Beauties.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE