sign up SIGN UP

Meski Tak Masuk Jajaran Orang Terkaya Dunia, Berapa Perkiraan Jumlah Warisan yang Ditinggalkan Ratu Elizabeth II? Ini Jawabannya!

Devita Tri Hapsari | Beautynesia
Jumat, 23 Sep 2022 12:30 WIB
Meski Tak Masuk Jajaran Orang Terkaya Dunia, Berapa Perkiraan Jumlah Warisan yang Ditinggalkan Ratu Elizabeth II? Ini Jawabannya!
Ratu Elizabeth II/ foto: Instagram/ The royal family

Kepergian Ratu Elizabeth II meninggalkan banyak kekayaan yang ia miliki semasa hidupnya dan akan diwariskan kepada keluarganya. Walaupun Ratu Elizabeth II bukan termasuk dalam jajaran orang terkaya di dunia, tapi bukan berarti kekayaan yang dimiliki oleh sang ratu itu sedikit.

Apalagi bagi orang-orang biasa, warisan sang Ratu amat sangat banyak! Berapa sih kira-kira? Berikut penjelasan lengkapnya.

Jumlah Kekayaan Pribadi Ratu Elizabeth II

Istana Buckingham
Istana Buckingham/ foto: Instagram/ lovegreatbritain

Kekayaan yang dimiliki oleh Ratu Elizabeth II ada yang berasal dari aset pribadinya dan ada yang dari penghasil bagi hasil crown estate yang tidak langsung dikelola oleh ratu.

Menurut The Sunday Times Rich List pada tahun 2017 yang dikutip dari laman India.com, Ratu Elizabeth II memiliki total kekayaan sebanyak 360 juta poundsterling atau setara dengan 472 juta U.S dollar berdasarkan analisis dari kepemilikan harta pribadinya, portofolio sahamnya, uang yang diwarisi dari mendiang ibunya, dan pendapatan dari crown estate. Pendapatan tersebut belu termasuk dengan kenaikan harga crown estate yang sulit dihitung karena ratu tidak mengelolanya secara pribadi.

Selain itu Business Insider mengatakan bahwa ratu mewarisi lebih dari 500 juta dollar dalam aset pribadi, sebagian besar diperoleh dari hasil investasi, koleksi seni, perhiasan, dan kepemilikan real estate, yang mencakup Rumah Sandringham dan Kastil Balmoral, serta penghasilan dari tiket masuk ke istana Buckingham.

Penghasilan untuk Kerajaan yang Berasal dari Sovereign Grant (Pajak Hibah dari Publik)

the crown estate
The Crown Estate/ foto: Instagram/ superprimesurrey

Sumber penghasilan yang diterima oleh Ratu Elizabeth II juga berasal dari pajak hibah yang dibayarkan oleh warga Inggris atau disebut Sovereign Grant. Mengutip dari The Guardian, pajak itu digunakan untuk mendanai perjalanan resmi ratu, pemeliharaan properti yang dimiliki oleh kerajaan Inggris, dan biaya operasional rumah kerajaan tapi tidak termasuk bayaran untuk petugas keamanan. 

Sovereign grant dikumpulkan dari pajak tanah di the crown estate, the Duchy of Lancaster, dan the Duchy of Cornwall. Selain itu, juga berasal dari kepemilikan tanah dan properti selama berabad-abad di seluruh negeri, termasuk di pusat kota London, dan bahkan dasar laut di sekitar petak-petak Kepulauan Inggris, yang merupakan aset dengan nilai gabungan lebih dari 17 miliar poundsterling.

Setelah kepergian sang ratu, warisan tersebut sebagian akan diturunkan kepada Raja Charles selaku pengganti Ratu Elizabeth II. Selain itu, anggota keluarga lainnya seperti, Putri Anne, Pangeran Andrew, Pangeran William, Kate Middleton pun juga dikatakan juga mendapatkan sebagian dari warisan sang ratu.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id