sign up SIGN UP

8 Aplikasi Ini Bisa Curi Data Pribadi dan Uang Kamu, Buru-buru Hapus Deh!

Fina Prichilia | Beautynesia
Selasa, 07 Sep 2021 19:46 WIB
8 Aplikasi Ini Bisa Curi Data Pribadi dan Uang Kamu, Buru-buru Hapus Deh!
caption
Jakarta -

Kamu memang perlu jeli dalam mengunduh dan menggunakan aplikasi tertentu pada smartphonemu, Beauties.

Jangan sampai hal-hal yang nggak diinginkan terjadi, seperti 'perampok' yang bisa secara leluasa mencuri data pribadi dan uangmu.

Mengutip dari CNBC Indonesia, terdapat delapan aplikasi yang terdeteksi mengandung malware atau isitlah kode istilah yang dipakai untuk tujuan jahat. Contohnya merusak perangkat elektronik dan merampok data pribadi juga uang.

Head shot close up young shocked woman looking at mobile phone screen, received bank debt notification. Stunned frustrated lady reading sms with unbelievable news on smartphone, making big eyes.Ilustrasi aplikasi mengandung malware, curi data pribadi dan uang. / Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes

Adapun malware ini bernama Joker, dan bisa masuk ke dalam ponsel Android. Virus Joker ini memang diketahui cukup gigih mengincar smartphone Android. Duh! Pertama kali ditemukan pada 2017 yang menyusup di ribuan aplikasi di Play Store.

Menurut informasi dari Quick Heal Security Labs, ke-delapan aplikasi ini berpotensi bisa mencuri data pribadi kamu! Namun pada Play Store, aplikasi ini diketahui sudah dihapus dan kabarnya telah dilaporkan ke Google.

Untuk itu, nggak ada opsi lain selain buru-buru menghapus aplikasi tersebut kalau kamu sudah terlanjur memilikinya di ponsel ya, Beauties!

Lantas Apa Saja Sih 8 Aplikasi Itu?

Terbiasa mengecek smartphone ketika berinteraksi dengan orang lain bisa membuat rasa kurang dihargai muncul pada lawan bicara.Ilustrasi mengecek ponsel/ Foto: Freepik.com

Delapan aplikasi yang membawa malware Joker antara lain:

1. Auxiliary Message
2. Element Scanner
3. Fast Magic SMS
4. Free CamScanner
5. Go Messages
6. Super Message
7. Super SMS
8. Travel Wallpapers

Bagaimana Virus Ini Bekerja?

Virus ini akan membuat ponsel kamu berlangganan pada layanan premium tapi tanpa sepengetahuan kamu, sehingga otomatis akan merampok uang kamu. Hati-hati ya Beauties. Pastikan juga kamu nggak sembarang unduh aplikasi.

Peneliti Quick Heal menambahkan virus Joker tak hanya mencuri uang, lho.Tapi juga dapat mencuri data pengguna termasuk SMS, daftar kontak, informasi perangkat, one time password (OTP) dan lainnya.


Our Sister Site

mommyasia.id