sign up SIGN UP

8 Destinasi Wisata di Jogja Ini Cocok Dikunjungi Buat Liburan Bareng Anak

Tyas Arini | Beautynesia
Minggu, 03 Jul 2022 13:30 WIB
8 Destinasi Wisata di Jogja Ini Cocok Dikunjungi Buat Liburan Bareng Anak
caption

Tidak kalah dengan kota lain, Jogja punya segudang wisata yang menarik, Beauties. Bahkan kota istimewa ini selalu ramai dengan wisatawan di saat liburan. Destinasi wisata yang disuguhkan Jogja juga cukup beragam, dari wisata alam hingga religi. Baik orang dewasa hingga anak-anak, semuanya bisa menikmati wisata Jogja yang apik.

Memasuki liburan anak sekolah, yuk simak 7 destinasi wisata Jogja yang cocok untuk anak-anak!

1. Taman Pintar

Taman Pintar
Taman Pintar / foto: tamanpintar.co.id

Taman Pintar memadukan tempat wisata rekreasi dan edukasi untuk anak-anak. Area di Taman Pintar dibagi menjadi beberapa zona, yaitu playground, gedung PAUD barat dan timur, gedung oval dan kotak, gedung memorabilia dan planetarium. Beberapa zona di Taman Pintar dilengkapi dengan alat peraga berbasis edukasi dengan teknologi interaktif digital yang menarik untuk anak-anak. 

Taman Pintar menempati lokasi Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Yogyakarta. Saat ini Taman Pintar buka dari pukul 08.30 hingga 16.00 WIB dengan harga tiket berkisar Rp20 ribuan. 

2. Gembira Loka Zoo

Gembira Loka Zoo
Gembira Loka Zoo / foto: instagram.com/glzoojogja

Daripada hanya melihat binatang dari buku saja, coba ajak ke kebun binatang, yuk! Jogja juga punya kebun binatang yang bagus, lho. Gembira Loka Zoo ini menjadi favorit banyak orang yang ingin berkunjung ke kebun binatang. Gembira Loka Zoo memiliki berbagai macam spesies dari belahan dunia, seperti gajah asia, orang utan, simpanse, harimau hingga penguin. 

Gembira Loka Zoo terletak di Jalan Veteran No.47, Muja Muju, Yogyakarta. Kebun binatang ini buka dari pukul 07.30 hingga 16.30 WIB. Buka setiap hari, harga tiket masuk Gembira Loka Zoo berkisar Rp75 ribuan. 

3. Suraloka Zoo 

Suraloka Zoo
Suraloka Zoo / foto: youtube.com

Walau termasuk wisata baru, Suraloka Zoo sudah penuh dengan pengunjung di kala akhir pekan. Suraloka Zoo merupakan wahana edukasi yang berisikan mini zoo, greenhouse serta wahana bermain anak-anak. Mini Zoo Suraloka berisikan beberapa macam spesies seperti rusa trotol India, kambing Ceko, ayam kapas, burung kakatua raja, burung hantu hingga burung merpati kipas. 

Terletak di daerah Kaliurang, Suraloka Zoo berlokasi di Jalan Boyong No. 97, Hargobinangun, Pakem. Suraloka Zoo buka dari pukul 09.00 hingga 16.00 WIB dengan HTM sekitar Rp30 ribuan.

4. Sindu Kusuma Edupark (SKE)

Sindu Kusuma Edupark
Sindu Kusuma Edupark / foto: kusuma-edupark.com

Siapa bilang Jogja tidak punya taman bermain? Coba ke Sindu Kusuma Edupark, Beauties! Taman hiburan ini bahkan punya bianglala raksasa yang menjadi daya tariknya. Tak hanya bianglala, adapun wahana di SKE ini yang menarik, seperti waterpark, kora- kora hingga sepeda mabur. 

Sindu Kusuma Edupark terletak di Jalan Jambon, Kragilan, Sinduadi, Sleman. Taman bermain ini buka dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB, dan hari Senin tutup. Harga tiket masuknya mulai dari Rp25 ribuan. 

5. Jogja Bay Waterpark 

Jogja Bay Waterpark
Jogja Bay Waterpark / foto: instagram.com/waterboomjogja

Jogja Bay Waterpark adalah taman wisata air terbesar yang ada di Yogyakarta. Waterpark ini menempati lokasi yang cukup luas yang memuat banyak wahana air dan berbagai atraksi menarik lainnya. Bertemakan bajak laut, Jogja Bay Waterpark memiliki lintasan perosotan yang seru dan memicu adrenalin. 

Jogja Bay Waterpark menempati lokasi di Jalan Utara, Maguwoharjo, Sleman. Jogja Bay Waterpark ini buka dari pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. Untuk harga tiket masuknya sekitar Rp125 ribuan per orang. 

6. Agrowisata Bhumi Merapi

Agrowisata Bhumi Merapi
Agrowisata Bhumi Merapi / foto: instagram.com/agrowisatabhumimerapi

Agrowisata Bhumi Merapi tidak sekadar menawarkan tempat rekreasi namun sekaligus menyajikan wisata edukasi bagi pengunjungnya. Agrowisata Bhumi Merapi menggabungkan konsep pertanian, perkebunan dan peternakan. Pengunjung dapat berinteraksi dan memberi makan hewan seperti kelinci. Tidak hanya itu, spot foto yang disajikan di sini cukup banyak. 

Berlokasi di utara Yogyakarta, Agrowisata Bhumi Merapa terletak Jalan Kaliurang No.Km.20,  Pakem, Sleman. Destinasi wisata ini buka dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Harga tiket masuknya berkisar Rp25 ribuan per orang. 

7. Ledok Sambi 

Ledok Sambi
Ledok Sambi / foto: instagram.com/ledoksambiecopark

Beauties ingin mencari tempat bersantai di pinggir sungai yang sejuk sambil piknik bersama anak-anak? Maka, Ledok Sambi pilihan yang tepat. Ledok Sambi menjadi tempat wisata alam dengan pemandangan sungai dan sawah yang indah. Anak-anak bisa berenang dan bermain air di sungai kecil. Jika lapar, Beauties bisa memesan makanan di Warung Ledok Sambi. 

Ledok Sambi dapat dijumpai di Jalan Kaliurang Km.19, Pakem. Ledok Sambi buka dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Untuk tiket masuknya hanya bayar seikhlasnya, lho!

8. Bendhung Lepen

Bendhung Lepen
Bendhung Lepen / foto: instagram.com/bendhung_lepen

Destinasi wisata Jogja yang satu ini juga termasuk baru. Bendhung Lepen menyuguhkan wisata yang unik tapi menarik. Spot yang menarik perhatian dari Bendhung Lepen adalah adanya aliran air kecil yang dipenuhi dengan ikan-ikan. Pengunjung dapat memberi makan ikan dengan membeli pakan ikan di warung sekitar. Selain itu, ada taman bermain kecil, area memancing hingga bendungan yang dapat dikelilingi dengan perahu. 

Bendhung Lepen terletak di daerah Giwangan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Bendhung Lepen sendiri buka dari pukul 06.00 hingga 22.00 WIB. Tiket masuknya hanya dengan membayar seikhlasnya. 

Nah, itu dia 8 destinasi wisata Jogja yang cocok untuk liburan anak-anak! Sudah siap liburan ke Jogja, Beauties?

----------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation! Caranya DAFTAR DI SINI! 

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id