Aksi Nyata UNIQLO Dukung Perlindungan Anak Lewat Kampanye "PEACE FOR ALL" Bersama Save The Children Indonesia
Perusahaan ritel pakaian global asal Jepang, UNIQLO, menunjukkan komitmen dan aksi nyatanya dalam menyuarakan pesan perdamaian melalui medium yang universal dan mudah diakses, yaitu pakaian. Melalui kampanye "PEACE FOR ALL", UNIQLO meluncurkan t-shirt atau kaos yang seluruh keuntungan dari penjualan didonasikan kepada Save The Children Indonesia, untuk mendukung perlindungan anak dan program pembangunan untuk perdamaian.
T-shirt PEACE FOR ALL di Indonesia pertama kali diluncurkan pada Juni 2022. Total donasi sebesar 4,9 miliar telah didapatkan hingga Juni 2024, Beauties. Jumlah donasi tersebut telah mendukung program lokal dalam kolaborasi bersama Save The Children, yang menciptakan dampak nyata bagi masyarakat di seluruh Indonesia.
Yuk, kenalan lebih jauh soal kampanye "PEACE FOR ALL" UNIQLO yang bekerjasama dengan Save The Children berikut ini!
Apa Itu Kampanye PEACE FOR ALL?
Apa Itu Kampanye PEACE FOR ALL?/Foto: Dok. UNIQLO
Proyek PEACE FOR ALL yang diluncurkan pada Juni 2022 menghadirkan koleksi t-shirt dengan desain yang menyuarakan harapan akan perdamaian. Ini merupakan hasil kontribusi sukarela dari para kolaborator yang memiliki kedekatan dengan UNIQLO dan berbagi visi untuk “bergerak bersama demi perdamaian dunia.”
Menerima antusiasme yang luar biasa, hingga saat ini, sebanyak 45 individu dan organisasi telah berpartisipasi dalam proyek PEACE FOR ALL, dengan total penjualan lebih dari 7,19 juta T-shirt dan donasi terkumpul sebesar 15 juta USD (per akhir April 2025) secara global.
Dana yang terkumpul disalurkan kepada tiga organisasi mitra untuk mendukung bantuan kemanusiaan darurat, melindungi kehidupan para pengungsi di berbagai belahan dunia, serta membantu anak-anak yang menghadapi kondisi sulit akibat konflik dan permasalahan lainnya.
Di Indonesia, seluruh keuntungan dari penjualan t-shirt PEACE FOR ALL (setara dengan 20% dari harga jual) disalurkan kepada Save the Children Indonesia, yaitu organisasi non-pemerintah (NGO) internasional, didirikan lebih dari 100 tahun yang lau, berfokus pada hak dan perlindungan anak.
Implementasi dari program "PEACE FOR ALL" bersama Save The Children Indonesia bertujuan untuk memperkuat perlindungan anak dan mendorong pembangunan komunitas yang lebih inklusif, khususnya melalui edukasi anti-kekerasan dan peningkatan akses sanitasi di sekolah dan sekitarnya.
“Sejak pertama kali diluncurkan pada Juni 2022, melalui penjualan T-shirt PEACE FOR ALL di Indonesia sejak Juni 2022 hingga Juni 2024, total donasi sebesar Rp4,9 miliar telah didapatkan. Jumlah donasi tersebut telah mendukung program lokal dalam kolaborasi bersama Save The Children, yang menciptakan dampak nyata bagi masyarakat di seluruh Indonesia," ungkap Irma Yunita, Corporate Affairs Director PT Fast Retailing Indonesia (UNIQLO), dalam acara media conference "PEACE FOR ALL" di Dia.Lo.Gue, Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (23/7).
Melalui kolaborasi bersama Save The Children, UNIQLO terus berkomitmen untuk membangun dunia yang lebih damai dengan memenuhi hak-hak anak, khususnya di Indonesia, Beauties.
Implementasi PEACE FOR ALL di Indonesia
Implementasi PEACE FOR ALL di Indonesia/Foto: Dok. UNIQLO
Melalui media conference, UNIQLO menghadirkan dokumentasi perjalanan inspiratif global ini dari pertama kali diluncurkan. Mulai dari pencapaian global, implementasi program di Indonesia bersama dengan Save The Children, hingga koleksi t-shirt PEACE FOR ALL melalui instalasi.
Salah satu koleksi t-shirt PEACE FOR ALL ini berkolaborasi dengan legenda Major League Baseball Ichiro dan aktor ternama Koji Yakusho yang diluncurkan pada akhir Juni 2025 lalu. Pameran ini merupakan sebuah refleksi global atas pentingnya nilai perdamaian, sekaligus menyoroti dampak nyata dari proyek berkelanjutan UNIQLO PEACE FOR ALL dari UNIQLO.
Dalam fase pertama program yang telah dijalankan sejak 2024, inisiatif yang diimplementasikan adalah kampanye anti perundungan serta peningkatan akses sanitasi (WASH) di 6 sekolah di wilayah Sleman, Yogyakarta dan berhasil menjangkau lebih dari 2.300 anak dan 3.400 orang dewasa. Melihat keberhasilan pada fase pertama maka di fase kedua rencananya akan diperluas lagi ke 10 sekolah di Bandung, Jawa Barat, pada tahun 2025-2026 mendatang.
Selain itu, PEACE FOR ALL bukan hanya soal memberikan bantuan, Beauties. Tujuan implementasi program PEACE FOR ALL adalah untuk memberdayakan anak dan remaja usia 10-19 tahun dalam mempromosikan perdamaian, mengakhiri kekerasan, serta meningkatkan akses layanan air bersih, sanitasi, dan kebersihan yang layak yang mendukung martabat mereka dan meminimalkan risiko kekerasan dan eksploitasi.
Menurut Fadli Usman, Director of Humanitarian and Impact Innovation Save the Children, turut menyatakan, program PEACE FOR ALL telah memberikan dampak yang signifikan di berbagai sekolah, mulai dari tingkat dasar hingga menengah. Misalnya, ada peningkatan kesadaran dan pengetahuan tentang anti-kekerasan serta pentingnya dibangun suasana damai di kalangan siswa, guru, dan orang tua.
"Dampak positif lainnya adalah penguatan kapasitas dalam inisiatif dan advokasi yang dipimpin oleh anak, peningkatan akses terhadap air bersih dan sanitasi bagi sekolah dan komunitas, serta pembentukan gugus tugas dan komite lokal untuk menjaga keberlanjutan hasil program," ungkap Fadli.
Fadli juga menyorot soal program PEACE FOR ALL yang mendorong partisipasi anak.
"PEACE FOR ALL memfasilitasi anak-anak untuk menjadi pelopor, membantu meningkatkan kesadaran anak-anak untuk menjadi pemimpin," tutur Fadli.
Keberlanjutan Program PEACE FOR ALL di Indonesia
Keberlanjutan Program PEACE FOR ALL di Indonesia/Foto: Dok. UNIQLO
UNIQLO dan Save The Children Indonesia akan terus melanjutkan program dengan tetap fokus pada keberlanjutan program di Sleman, Yogyakarta termasuk pemantauan, pelatihan hingga pendistribusian air bersih ke komunitas, terutama di wilayah Bokoharjo.
Berikutnya, UNIQLO dan Save The Children memilih Bandung, Jawa Barat, sebagai wilayah untuk menjalankan program PEACE FOR ALL. Alasan memilih Bandung adalah karena tingginya angka kekerasan terhadap anak serta terbatasnya akses terhadap air bersih dan fasilitas sanitasi yang layak di sekolah.
"Menurut data SIMFONI 2025, Jawa Barat menempati posisi pertama terkait kasus kekerasan terhadap anak. Berdasarkan data Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bandung, pada tahun 2023 telah terdapat lebih dari 300 laporan kasus kekerasan terhadap anak," ungkap Fadli.
Harapannya dari ekspansi ke Bandung serta kelanjutan dari program di Sleman dapat menjawab kebutuhan yang paling mendesak sekaligus memperkuat upaya jangka panjang dalam perlindungan anak dan pengembangan komunitas. Lebih lanjut, UNIQLO berharap inisiatif global PEACE FOR ALL dapat terus memberikan kontribusi nyata dan dapat menyebarkan pesan perdamaian secara lebih luas.
"Sesuai filosofi LifeWear, UNIQLO percaya bahwa pakaian bukan hanya soal fungsi, tetapi juga bisa menjadi medium untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik lagi untuk diri sendiri maupun orang lain," tutup Irma.
***
Ingin jadi salah satu pembaca yang dapat ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!