STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Alasan Mengapa Gaji Wajib Bersifat Privasi, Salah Satunya Bisa Lindungi Diri dari yang Suka Pinjam Uang

Devita Tri Hapsari | Beautynesia
Selasa, 22 Nov 2022 10:00 WIB
Alasan Mengapa Gaji Wajib Bersifat Privasi, Salah Satunya Bisa Lindungi Diri dari yang Suka Pinjam Uang
Gaji sebaiknya privasi/ foto: Freepik/ Master1305

Apa sih tujuan Beauties bekerja? Pastinya untuk mendapatkan gaji, ya kan. Beberapa orang bahkan ada yang memamerkan screenshoot rekening yang berisi hasil gajinya sebulan di sosial media dan itu membuat banyak orang terpancing untuk memamerkan miliknya juga. Beauties ada yang begitu nggak, nih?

Ya, memang tidak ada salahnya sih memamerkan gaji di status media sosial ataupun di base secara anonim. Secara gaji merupakan hasil kerja keras sendiri dan bisa dibilang itu adalah sebuah reward atau penghargaan.

Namun, sebaiknya Beauties tidak memberitahukan gaji yang dimiliki dan tetap harus waspada, lho! Sering mengungkapkan gaji yang Beauties terima ke mana-mana bisa menjadi hal buruk dan menimbulkan kejadian tidak menyenangkan, seperti di bawah ini:

1. Memancing Perdebatan antara Pegawai vs Pegawai dan Pegawai vs Manajemen

Perdebatan di Kantor
Mengundang konflik/ foto: Freepik/ yanalya

Membicarakan mengenai gaji dengan rekan sekantor terutama yang berada di posisi sama dengan Beauties, bisa menimbulkan efek negatif yaitu perdebatan di antara pegawai dengan pegawai ataupun pegawai dengan manajemen. 

Dikutip dari CHRON, membicarakan gaji dengan sesama pegawai, apalagi posisinya sama dengan Beauties bisa menimbulkan perasaan kesal jika ternyata gajinya tidak sama. Apabila ternyata gaji Beauties lebih tinggi, bisa menimbulkan kecemburuan dan tidak menutup kemungkinan rekan kerja akan membencimu.

Selain itu juga, apabila ternyata ada imbauan atau bahkan larangan untuk membicarakan gaji dengan sesama rekan kerja di perusahaan, Beauties bisa kena teguran oleh pihak Manajemen. Skenario paling parah jika mereka bisa membenci Beauties dan mulai mencari kesalahan-kesalahan kecil yang dilakukan oleh Beauties untuk 'menendangmu' dari perusahaan. Duh, jangan sampe ya!

2. Bisa Memunculkan Salah Paham dan Performa Turun

Perempuan berekspresi murung
Kesalahpahaman/ foto: Freepik/ stefamerpik

Bagi orang yang tidak mengerti pembagian gaji yang telah dipertimbangkan oleh pihak manajemen dan HR, mungkin bisa salah paham ketika tahu bahwa gajinya tidak sama dengan staff yang lain.  

Hal baiknya perbedaan gaji tersebut bisa membuat seseorang terpicu untuk bekerja keras atau buruknya bisa membuat performa seseorang yang gajinya lebih kecil itu turun dan merasa berkecil hati.

Ia merasa bahwa kerja kerasnya tidak terlalu dihargai dan akhirnya memilih untuk lebih santai dikarenakan gajinya lebih kecil. Padahal bisa jadi hal tersebut terjadi karena perbedaan jenjang pendidikan, pengalaman, sertifikasi dan hal-hal penunjang lainnya yang tidak diketahui oleh satu sama lain. Alias bukan semata-mata karena ketidakadilan perusahaan.

Mengutip dari perkataan human resource specialist di SpringField Diane Cook dalam U.S Money, karena menentukan gaji pegawai itu rumit, ia selalu menyarankan untuk rekan-rekan non-HR untuk menanyakan hal-hal mengenai gaji langsung dengan pihak manajemen. 

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE