sign up SIGN UP

Anak di Bawah 12 Tahun Sudah Diizinkan Naik Pesawat! Jangan Lupa Siapkan Syarat Ini Dulu

Fina Prichilia | Beautynesia
Sabtu, 23 Oct 2021 06:45 WIB
Anak di Bawah 12 Tahun Sudah Diizinkan Naik Pesawat! Jangan Lupa Siapkan Syarat Ini Dulu
caption
Jakarta -

Anak di bawah usia 12 tahun, kini sudah diizinkan mobilitas pakai transportasi umum, Beauties. Meski begitu ada syarat yang mesti dipenuhi pada tiap moda transportasi.

Mengutip laman detikTravel, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito menyampaikan terkait aturan perjalanan dalam negeri terbaru, lewat siaran YouTube BNPB Indonesia, Kami (21/10). Dirinya menjelaskan perubahan sejumlah aturan, termasuk mobilitas naik pesawat.

Prof. Wiku mengungkap, berdasarkan Surat Edaran (SE) Satgas Nomor 21 tahun 2021 setiap pelaku perjalanan dalam negeri yang menggunakan moda transportasi udara wajib untuk menyertakan bukti negatif COVID-19 melalui tes PCR yang berlaku 2x24 jam, Beauties.

Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito (YouTube Sekretariat Kabinet)Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito (YouTube Sekretariat Kabinet)/ Foto: Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito (YouTube Sekretariat Kabinet)

Nggak cuma itu, tapi juga mereka harus sudah vaksin minimal dosis pertama. Adapun kebijakan ini berlaku untuk penerbangan tujuan Jawa dan Bali serta non Jawa dan Bali untuk wilayah Level 3 dan 4.

Lebih Ketat Dibanding Aturan Sebelumnya

Aturan baru ini terbilang lebih ketat dibanding sebelumnya. Ini karena walau sudah vaksin, kamu juga tetap harus tes covid-19. Sedangkan sebelumnya, bagi mereka yang sudah vaksin lengkap cuma perlu tunjukkan hasil tes rapid antigen 1x24 jam.

Meski begitu, ada kelonggaran aturan untuk perjalanan anak-anak berusia di bawah 12 tahun. Anak-anak diperbolehkan naik pesawat juga moda transportasi lainnya, namun sebelumnya melakukan tes covid-19.

"Diizinkan mobilitas anak-anak kurang dari 12 tahun di mana aturan sebelumnya dibatasi wajib menunjukkan satu dokumen yaitu hasil negatif tes COVID-19 sesuai moda transportasi daerah tujuannya," katanya.

Berikut rincian syarat testing untuk anak di bawah usia 12 tahun sesuai moda transportasinya:

1. Moda transportasi udara: PCR 2x24 jam

2. Moda transportasi laut, kereta api, darat (kendaraan pribadi/umum dan penyeberangan): PCR 2x24 jam atau Antigen 1x24 jam.

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id